Solusi Android Lemot, Perbaiki Kinerja Android Mu Yang Lambat - Gubuk Pintar
Solusi Android Lemot, Perbaiki Kinerja Android Mu Yang Lambat
Solusi Android Lemot, Perbaiki Kinerja Android Mu Yang Lambat

Solusi Android Lemot, Perbaiki Kinerja Android Mu Yang Lambat

Butuh solusi Android lemot? Berikut ini cara ampuh perbaiki kinerja Android mu secara lengkap dan mudah 100% berhasil.

Solusi Android Lemot
Para pengguna gadget android tentu sangat mendambakan gadget yang dimilikinya selalu memiliki performa yang hebat. Apa ada yang mau gadget yang lambat dan menyebalkan? Tentu tidak.

Penting bagi para pengguna android untuk mengetahui bagaimana cara merawat androidnya agar selalu dalam performa yang tinggi karena kelalaian yang sering menjadi penyebab menurunya performa android.

Nah bagi yang sudah terlanjur lemot bagaimana? Tenang karena untuk itulah artikel ini dibuat. Saya ingin bahas sedikit solusi android lemot yang diharapkan dapat membantu kembali android anda ke performanya seperti sedia kala.

Penyebab Android Lemot

1. Penggunaan RAM yang tinggi, Semakin tinggi RAM maka android mampu membuka lebih banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan ataupun membuka aplikasi yang butuh RAM yang besar. Nah, apa yang terjadi bila ada aplikasi besar dibuka pada android yang memiliki RAM yang kecil? Ya tentu saja android kita lemot dong dibuatnya.

2. Aplikasi yang terinstall terlalu banyak, Banyaknya aplikasi yang terinstall menyebabkan ruang penyimpanan semakin penuh dan penggunaan RAM punya semakin tinggi. Pastikanlah android kalian memiliki spesifikasi yang mumpuni apabila tidak ingin merasakan pahitnya android lemot.

3. Umur Android yang sudah tua, Umur android yang semakin menua menyebabkan komponennya pun semakin melambat dalam bekerja, inilah juga salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab lemotnya android. Kalau memang sudah sampai penyebabnya yang satu ini, sebaiknya disarankan untuk dipensiun kan saja androidnya.

Solusi Android Lemot

1. Hapus Cache
Cache adalah penyimpanan memori sementara pada gadget kita. Cache digadget pasti akan terus bertambah. Terbayang dong kalo ditumpuk terus ya pantas saja gadget kita lemot. Saran dari saya adalah gunakan aplikasi pembersih cache dan sejenisnya seperti Clean Master.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan
Banyak install aplikasi tentu membuat ruang memori penyimpanan android kita menjadi penuh. Hal ini menyebabkan android kita semakin banyak membaca file ditambah juga beberapa aplikasi banyak yang langsung berjalan yang menggunakan RAM, tentu ini juga menyebabkan android kita lemot.

3. Gunakan Satu Antivirus Saja, Maksimalkanlah satu antivirus saja karena terlalu banyak menggunakan aplikasi serupa akan menyebabkan penggunaan RAM semakin tinggi. Solusinya bila takut terkena virus adalah dengan selektiflah dalam menginstall aplikasi dan menjelajah diinternet.

4. Gunakan MicroSD Berkualitas Tinggi, Penggunaan MicroSD yang berkualitas rendah juga menyebabkan android kita lemot karena dalam membaca file, android membutuhkan waktu. Semakin cepat membaca maka semakin baik. Yang dimaksud disini adalah pilihlah MicroSD yang tidak hanya bermerk bagus tetapi juga memiliki kecepatan baca yang tinggi.

5. Minimalkan Penggunaan Widget, Penggunaan widget juga memakan RAM maka dari itu hindarilah penggunaan widget yang berlebih.

6. Jangan Tumpuk Pesan Yang Sudah Tidak Dibutuhkan, Pesan di android juga membutuhkan ruang penyimpanan loh maka dari itu apabila pesan itu sudah lama dan tidak lagi dibutuhkan lebih baik dihapus saja.

7. Nonaktifkan Auto Brigthness & Auto Rotate, Fitur ini juga memakan penggunaan RAM, sebaiknya pengaturan kecerahan dilakukan secara manual saja dan rotasi otomatisnya digunakan apabila diperlukan saja ya.

8. Install Aplikasi Di Memori Eksternal, Memori penyimpanan internal biasanya disediakan cukup kecil maka ada baiknya dalam menginstall aplikasi dilakukan di memori eksternal saja.
Hindari Multitasking, Janganlah membuka banyak aplikasi dalam sekejap karna penggunaan RAMnya akan semakin tinggi loh.

9. Jangan Gunakan Live Wallpaper, Live Wallpaper juga memakan RAM android kita loh karena fungsinya juga tidak mendesak karna hanya mempercantik saja maka ada baiknya gunakanlah wallpaper yang biasa saja.

***

Masih banyak sebenarnya penyebab dan solusi android lemot, namun normalnya yang saya sebutkan diatas adalah masalahnya. Jika kita lihat lebih singkat lagi, RAM dan Cache adalah yang merupakan hal yang menyebabkannya. Jadi ketika membeli gadget cobalah perhatikan besarnya RAM.

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Solusi Android Lemot, Perbaiki Kinerja Android Mu Yang Lambat silahkan tulis dikolom komentar ya.

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar