6 Hal Ini Membuat Gadget Kita Bervirus
6 Hal Ini Membuat Gadget Kita Bervirus

6 Hal Ini Membuat Gadget Kita Bervirus

penyebab komputer bervirus; virus komputer; malware; mengapa komputer bervirus; cara virus masuk ke komputer; penyebab android bervirus; penyebab gadget bervirus;

Sumber: pro.co.id

ShareKu - Virus merupakan salah satu penyebab terganggunya kenyamanan kita ketika menggunakan gadget kesayangan. Banyak dampak dari 'tinggal' nya virus di dalam gadget kita bahkan memungkinkan hingga terjadinya kerusakan fatal pada sistem operasi gadget.

Ada begitu banyak penyebab gadget kita menjadi terinfeksi virus dan kali ini ShareKu akan berbagi tentang 6 hal yang bisa menjadi penyebab gadget menjadi terinfeksi virus.

1. Menggunakan Software Bajakan
Sumber: merdeka.com
Salah satu solusi untuk mendapatkan software canggih dengan budget Rp 0,- tentu saja dengan mengunduh versi bajakannya. Namun sebelum kita mengunduh software bajakan, pernahkah kita berpikir bahwa software ini benar-benar bersih dari virus atau benarkah orang yang membagikan software ini 'setulus itu' sehingga dirinya mau membagikannya secara gratis? Bukan bermaksud untuk mencurigai orang tetapi pada kenyataannya salah satu cara persebaran virus tercepat adalah melalui software bajakan karena software bajakan biasanya merupakan software yang out of date.

Solusi: Membeli software asli yang berlisensi resmi

2. Masuk Ke Situs Bervirus
Sumber: jalantikus.com
Tak bisa dipungkiri, berselancar di internet merupakan salah satu kebutuhan baru masa kini. Internet merupakan 'rumah' bagi banyak sekali informasi sehingga membuat kita begitu gesit pindah ke satu situs ke situs yang lain untuk melepas 'kehausan' kita akan informasi yang dibutuhkan. Sadarkah kita bahwa upaya yang kita lakukan itu ternyata dapat membawa virus datang menginfeksi gadget kita? Sayangnya banyak sekali pengguna internet tidak memperhatikan keamanan ketika mereka berselancar di internet sehingga virus dengan mudah menginfeksi gadget mereka ketika mereka masuk ke salah satu situs bervirus.

Solusi: Menggunakan Antivirus yang memiliki fitur Web Protection

3. Iklan website
Sumber: indojasaweb.com
Sudah cukup seringkan melihat iklan bertebaran di website-website? Sebaiknya bila melihat iklan yang mencurigakan lebih baik jangan sekali-kali meng-klik iklan tersebut karena itu bisa menjadi salah satu modus persebaran virus. Melihat iklan diblog ini? Tenang saja, iklan disini aman kok hehe.

Solusi: Jangan klik iklan yang mencurigakan atau baca Adblock Plus: Hilangkan iklan yang mengganggu

4. Membuka Email Mencurigakan
Sumber: marketingland.com
Bukan lagi menjadi satu cerita baru bahwa email menjadi salah satu cara persebaran virus yang ampuh. Biasanya sang penyebar akan mengirim email secara random sehingga ketika sang penerima membuka email tersebut, virus akan secara otomatis masuk ke sistem operasi gadget yang digunakan oleh sang penerima. Biasanya email tersebut mencantumkan sebuah link yang berisikan virus.

Solusi: Jangan klik link yang dicantumkan pada sebuah email masuk bila sang pengirim tidak kita kenali

5. Mengunduh file bervirus
Sumber: schroeder-valves.com
 Setiap hari tentunya cukup banyak orang-orang yang melakukan kegiatan mengunduh file dari internet. Hal ini ternyata juga menjadi salah satu senjata yang digunakan untuk menyebar virus. Biasa file yang di sisipi virus merupakan jenis file yang banyak orang cari sehingga persebarannya semakin cepat.

Solusi: Undahlah file yang berasal dari situs yang terpercaya dan scan setiap file yang baru diunduh dengan antivirus

6. Flashdisk
Sumber: jalantikus.com
Sering bertukar file menggunakan flashdisk atau sejenisnya? Kita juga dituntut berhati-hati bila ingin bertukar file dari flashdisk bila tidak ingin gadget kita terjangkit virus. Sebaiknya jangan langsung buka flashdisk dari jendela yang muncul ketika flashdisk dicolokkan tetapi pastikan flashdisk itu aman dari virus sebelum membukanya. 

Solusi: Scan flashdisk terlebih dahulu sebelum digunakan



Jadi cukup banyak variasi cara virus untuk dapat menginfeksi gadget kita. Tetap waspada merupakan kunci sukses untuk menghalau virus untuk masuk ke gadget kita yaitu dengan menggunakan software antivirus yang kita percaya dan berhati-hati ketika menggunakan internet.

Baca juga : Inilah Profil Sang Penemu Virus Komputer

Bila ada pertanyaan seputar artikel 6 Hal Ini Membuat Gadget Kita Bervirus, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"