Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi
Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi

Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi

Berikut ini merupakan cara membuat presentasi yang menarik dengan Prezi serta penjelasan lengkap tentang Prezi.

Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi
Dilansir dari Wikipedia, Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berupa sebuah kegiatan berbicara dihadapan banyak orang tentang suatu topik yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi. 

Bila kamu seorang pelajar ataupun karyawan disebuah perusahaan, tentu kamu sering atau minimal pernah melakukan presentasi. Biasanya orang akan dapat mengerti dan menilai presentasi mu baik atau buruk berdasarkan metode mu dalam melakukan presentasi. Metode presentasi yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, dimana kamu akan menampilkan slide yang berisi materi presentasi mu. Hal ini memang dinilai efektif karena memberikan bentuk visual dari apa yang ingin kamu presentasikan. Agar orang mudah mengerti tentang presentasi mu dan kamu mendapatkan nilai yang baik, slide demi slide yang kamu tampilkan dalam presentasi mu haruslah menarik. Bagi seorang pemula, ‘menghias’ Powerpoint bukanlah hal yang mudah karena kamu perlu banyak tambahan jika ingin mengkostumasinya. Ada satu solusi lain yang sebenarnya dapat kamu gunakan menjadi cara membuat presentasi yang menarik, yaitu Prezi. Kamu dapat menggunakannya secara online dan mudah tentunya, tanpa perlu install aplikasi. 

Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi


Apa itu Prezi?

Prezi merupakan sebuah perusahaan software presentasi yang pertama kali didirikan di Hungaria pada tahun 2009 oleh Adam Somlai-Fischer, Peter Halacsy dan Peter Arvai. Prezi merupakan software multi-platform yang dapat digunakan di desktop dalam bentuk aplikasi desktop dan aplikasi web ataupun smartphone mu.

Dilansir dari Prezi.com, Prezi telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna dan menciptakan lebih dari 325 juta presentasi yang telah disaksikan lebih dari 3,5 miliar orang diseluruh penjuru dunia.

Kelebihan Prezi

Web-Based
Ini menjadi kelebihan untuk sebuah aplikasi pembuat presentasi karena membuat penggunanya tidak perlu repot melakukan instalasi software terlebih dahulu untuk membuat sebuah presentasi. 

Terdapat banyak template menarik
Prezi telah memberikan pilihan template menarik yang siap kamu gunakan untuk membuat sebuah presentasi yang menarik. Kamu hanya perlu memilih mana yang menjadi template yang cocok untuk presentasi mu.

Cocok untuk segala usia
Prezi cocok untuk segala jenis usia sehingga baik kamu dari kalangan pelajar tingkat dasar hingga seorang pekerja pun dapat menggunakan Prezi. Kamu pun dapat menyesuaikan jenis presentasi yang ingin kamu buat berdasarkan jenis pekerjaan mu, contohnya bila kamu seorang pelajar maka kamu dapat memiliki kategori pelajar dan kamu akan disuguhkan template yang cocok untuk presentasi bagi pelajar. 

Tampilan presentasi yang berbeda
Jika Powerpoint biasanya menyuguhkan banyak slide yang akan ditampilkan, Prezi hanya memiliki satu slide besar untuk menampilkan semua presentasi mu. Ini tentu merupakan sebuah pengalaman berbeda yang menjadi nilai tambah di presentasi mu. 

Kekurangan Prezi

Menyebabkan motion sickness
Menggunakan Prezi dapat menyebabkan ketidaknyamanan akibat perpindahan topik yang dilakukan. Hal ini mungkin terjadi pada orang yang jarang melihat presentasi dengan ‘gaya’ Prezi. 

Butuh Koneksi Internet
Meskipun praktis karena dapat menggunakannya tanpa aplikasi, konsekuensinya kita harus tersambung dengan internet untuk dapat membuat presentasi dengan Prezi bila menggunakan tipe Web-Basednya.

Unsur Presentasi Yang Menarik

Alur Yang Jelas
Bila kamu ingin tahu cara membuat presentasi yang menarik, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah alur presentasi mu. Alur presentasi yang jelas akan membuat audiensmu menangkap dengan jelas seluruh informasi yang kamu sampaikan karena ini mempermudah mereka mencerna segala sesuatu yang kamu presentasikan. Mulailah dengan sesi pembukaan sebelum masuk ke isi dari presentasi mu dan tutuplah dengan penutup. 

Minim Teks
Coba posisikan dirimu sebagai audiens bila melihat sebuah presentasi yang penuh dengan teks? Tentu akan membosankan. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan teks yang Panjang dipresentasimu. Jangan menuliskan sebuah cerita, cukup tuliskan sebuah statement yang menyampaikan pesan/informasi mu. 

Menjelaskan Dengan Menggunakan Gambar
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, hindari penggunaan teks yang penjang. Gantilah penggunaan teks dengan sebuah gambar yang dapat menjadi ilustrasi untuk membantu mu menjelaskan informasi yang ingin kamu sampaikan kepada audiens. Pilihlah hanya gambar yang sesuai dan jangan pula menggunakan terlalu banyak gambar. Letakkan juga gambarmu pada posisi yang tepat dengan ukuran yang proporsional. Menjelaskan dengan gambar merupakan cara membuat presentasi yang menarik paling penting yang harus kamu perhatikan.

Tambahan Video Untuk Memperjelas Informasi
Bila gambar masih kurang cukup mendeksripsikan pesan mu, gunakanlah juga video untuk menyampaikannya. Kamu dapat mencari video yang cocok dari sumber seperti Youtube yang dapat kamu masukkan ke bagian presentasi mu.

Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi

  • Buka situs Prezi 
  • Login menggunakan akun Prezi atau kamu pun dapat login menggunakan akun Facebook dan Google mu
  • Pilih New Presentation
Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi
Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi
  • Pilih Template presentasi sesuai keinginan mu
Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi
Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi
  • Buatlah materi presentasi yang semenarik mungkin
  • Kamu sudah siap mempresentasikannya!
 
***
 
Bila kamu memiliki pertanyaan seputar Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Prezi, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"