Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube
Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube

Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube

Simak cara menghindari konten negatif dengan fitur mode terbatas Youtube selengkapnya berikut ini.

Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube
Youtube merupakan sebuah media sosial berbasis video yang sangat populer pada era sekarang ini. Ada cukup banyak konten menarik yang 'menanti' untuk kita saksikan disana. Hal ini yang membuat Youtube merupakan salah satu tempat terbaik untuk menghilangkan penat akibat rutinitas harian.

Penikmat Youtube pun sangat beragam dari berbagai latarbelakang. Meski terlihat positif, sejatinya ini memiliki sisi negatif pula karena bila terkadang konten yang terdapat di Youtube tidaklah cocok untuk semua latarbelakang penikmatnya. Sebagai contoh, konten yang mengandung unsur seperti darah tentu sangat tidak 'pas' untuk orang yang memiliki ketakutan akan itu. Hal ini pun dapat menimbulkan dampak negatif bagi orang yang menyaksikannya. Menanggapi masalah ini, Youtube pun hadir memberikan solusi berbentuk fitur Mode Terbatas Youtube.

Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube

Sekilas Mode Terbatas Youtube

Tujuan awal dari diluncurkannya fitur mode terbatas Youtube adalah untuk menghindari anak-anak dari konten dewasa yang dianggap belum layak untuk mereka saksikan. Namun diawal peluncuran fitur ini, banyak pengguna Youtube yang menganggap bahwa mode terbatas masih kurang transparan. Hal ini ditinjau dari banyaknya konten yang juga ikut di blokir dengan alasan yang tak jelas. 

Mendengar keluhan para penggunanya, Youtube pun memperbaiki fitur mode terbatas dan memberikan kesempatan terbuka bagi para pengguna untuk mengungkapkan kritik dan sarannya, seperti yang dilansir pada halaman Youtube Creators.

Fungsi Mode Terbatas Youtube

Mode Terbatas Youtube merupakan fitur opsional yang berfungsi untuk menyaring konten yang berisi materi yang tidak sesuai pada semua usia. Penyaringan dilakukan berdasarkan judul video, deskripsi, metadata, komentar, dan fitur pembatasan usia. 

Jenis konten yang diblokir ketika menggunakan mode terbatas seperti yang dilansir dari Kompas, yaitu:
  • Konten yang membicarakan tentang alkohol dan narkoba atau memperlihatkan seseorang cara mengonsumsinya
  • Konten yang memperlihatkan aktivitas seksual dan pembicaraan terlalu mendalam yang berada di luar konteks pengetahuan
  • Konten yang memperlihatkan penyiksaan atau kekerasan
  • Konten yang memperlihatkan terorisme, perang, kejahatan, dan konflik politik yang menyebabkan kematian atau cedera serius
  • Konten yang menyebutkan bahasa-bahasa tak pantas yang kerap dilontarkan orang dewasa ketika sedang emosi 

Cara Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube



Sebelumnya pastikan dahulu browser yang kamu gunakan sudah up to date karena ini mempengaruhi tampilan terbaru dari Youtube. Cara mengaktifkan mode terbatas pada kesempatan kali ini pun, telah menggunakan browser versi terbaru.
  • Buka ikon akun di pojok kanan atas
  • Klik Mode Terbatas
Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube
  • Aktifkan dengan menggeser tombol hingga berwarna biru
Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube



Cara Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube

Bila kamu menggunakan komputer disebuah lembaga umum seperti kantor, perpustakaan, sekolah dan sebagainya, terkadang kamu tidak akan menemukan fitur mode terbatas. Namun, pada tempat-tempat seperti yang disebutkan diatas biasanya fitur ini sudah secara otomatis dinyalakan oleh administrator sistem. Maka bila kamu ini menonaktifkannya, pada kasus ini kamu perlu menghubungi pihak administrator pada lokasi tersebut.

Fitur mode terbatas Youtube juga akan tetap aktif meskipun kamu telah log out dari akun mu sehingga ini dapat membantu menghalangi akun lain untuk menonaktifkannya. Bila kamu ingin menonaktifkannya, dalam kasus ini kamu perlu menghubungi pemilik akun yang mengaktifkannya dan meminta dia untuk menonaktifkannya.

***

Semoga artikel ini bermanfaat. Bila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel Hindari Konten Negatif Dengan Mengaktifkan Mode Terbatas Youtube, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"