Bahaya! Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop
Bahaya! Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop

Bahaya! Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop

Berikut ini penjelasan pentingnya menutup webcam laptop serta kasus yang pernah terjadi karena tidak menutup webcam laptop.

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop
Webcam merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi sebagai kamera yang biasa terpasang pada laptop ataupun komputer. Perangkat keras ini biasanya langsung tertanam di laptop dan menjadi tambahan bila di komputer. Ini berfungsi untuk mengambil gambar, membuat video ataupun livestreaming dengan menggunakan laptop atau komputer mu.

Seiring kemajuan teknologi, manusia pun kian bertambah 'keahlian' nya. Fungsi webcam pun kini dapat dimanipulasi menjadi sebuah 'cctv' untuk memonitor seseorang. Hal ini tentu tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh para pengguna yang memiliki webcam terpasang pada laptop ataupun komputernya. Oleh karena potensi bahayanya, beberapa orang menyarankan untuk menutup webcam laptop bila sedang tidak digunakan.

Alasan Mengapa Harus Menutup Webcam Laptop


Fungsi Dasar Webcam Laptop

Seperti yang pernah ditulis pada artikel Mengenal Komponen Laptop Dan Fungsinya, fungsi dari webcam sejatinya adalah untuk mengambil gambar atau video dari suatu objek. Hal ini yang ternyata dapat disalah gunakan oleh beberapa kalangan, dimana mereka menggunakan webcam untuk melakukan sesuatu yang berpotensi merugikan orang lain. 

Beberapa orang tersebut dapat 'menyusup' ke webcam mu dengan menggunakan program buatannya yang disebarkan dalam bentuk malware yang mereka buat. Maka sebaiknya kamu menutup webcam laptop mu ketika sedang tidak digunakan dan hindari mengakses situs yang tak terpercaya.

Kisah Pendiri Facebook Yang Menutup Webcam Laptop

Setelah pernah menjadi korban peretasan oleh orang yang tak bertanggung jawab pada akun Twitter miliknya, Mark Zuckerberg kini benar-benar serius memperhatikan keamanan privasinya ketika menggunakan segala perangkat teknologi yang terhubung ke jaringan internet. Salah satunya adalah dengan menutup webcam laptop miliknya, dimana hal ini sempat menjadi perbincangan publik hingga para pakar sekuriti ikut terlibat berkomentar. Hal ini diketahui setelah pendiri Facebook tersebut berfoto dengan laptop yang tertutup bagian webcamnya.
Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop
Mark Zuckerberg (sumber: jalantikus.com)
"Ada begitu banyak malware bisa mengakses bagian fisik komputer untuk mengobservasi dan mendengarkan user. Jadi sangat masuk akal memasang selotip di webcam. Bahkan aku tak tahu mengapa tidak ada manufaktur yang menjual laptop di mana webcam bisa ditutup," jelas seorang profesor bernama Alan Woodward, ahli sekuriti di University of Surrey, Inggris yang dilansir dari laman Detik menanggapi hal yang dilakukan Mark Zuckerberg.

Petinggi FBI Menyarankan Menutup Webcam Laptop

Mantan Direktur FBI, James Comey pun menjadi menjadi salah satu orang yang melakukan metode yang sama dengan Mark Zuckerberg. Comey menutup webcam laptop miliknya dengan selotip guna menghindari pencurian privasi nya.
Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop
James Comey (sumber: nbcnews.com)
Sebagai petinggi di lembaga seperti FBI, tentu Comey sangat paham tentang dunia cyber crime serta perkembangan dari metode-metode yang digunakan para pelaku. Dirinya pun menyarankan kepada para pemilik laptop untuk menutup webcam laptop nya demi terhindari dari peretasan privasi melalui webcam dilansir dari Kompas.

Bahaya Tidak Menutup Webcam Laptop

Ada beberapa bahaya yang 'mengancam' mu bila tidak menutup webcam laptop terutama adalah ketika seseorang berhasil 'menanamkan' program bernama Remote Administration Tool (RAT) pada laptop atau komputer milik mu. Program ini dapat bekerja bahkan ketika komputer mu mati sekali pun serta dapat menggunakan perangkat seperti webcam dan microphone pada laptop atau komputer mu untuk mengambil gambar atau mereka video dan suara tanpa sepengetahuan mu.

Bila hal ini terjadi, tentu saja orang tersebut dapat dengan mudah memperluas perbuatan bertanggung jawabnya dengan membawa mu kedalam masalah besar. Hasil rekamannya bisa saja dijual kepada orang lain ataupun digunakan untuk 'memeras' mu secara perlahan.

Miss Teen Amerika, Cassidy Wolf pernah menjadi korban pelaku peretasan data pribadi melalui webcam. Cassidy yang sedang menggunakan laptopnya, tak menyangka bahwa dirinya sedang direkam oleh seseorang melalui perangkat webcam laptopnya.
Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop
Cassidy Wolf (sumber: today.com)
"Saya tidak tahu bahwa seseorang memperhatikan saya (melalui webcam ), Lampu (di kamera webcam) bahkan tidak menyala, jadi saya tidak tahu." jelas Cassidy kepada The Today Show.

Pelaku dari kasus ini merekam Cassidy ketika Cassidy sedang mengganti pakaiannya dan mengancam akan menyebarkan rekaman tersebut bila Cassidy enggan memberikan imbalan berupa uang kepada sang pelaku. Beruntungnya kasus ini berhasil terselesaikan setelah FBI turun tangan mengurusnya, dimana diketahui remaja berusia 19 tahun asal California, Amerika yang menjadi dalangnya. Pelaku yang diketahui bernama Jared James Abraham pun mendapat hukuman 18 bulan penjara atas aksi cyber crime nya seperti yang dilansir dari situs Bussinesinsider.

Selain kasus Cassidy, sebenarnya masih banyak kasus serupa yang terjadi. Terutama, hal seperti ini sangat lazim ditemukan di dalam situs-situs Deep Web.

Cara Menutup Webcam Laptop

Hingga saat ini, mungkin belum ada produsen laptop atau komputer yang membuat sebuah penutup khusus untuk webcam pada laptop atau komputer buatannya. Karena hal tersebut, tidak ada salahnya untuk meniru apa yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg dan James Comey yaitu dengan menggunakan selotip berukuran kecil yang digunakan untuk menutupi lensa webcam mu. Bila kamu cukup kreatif, tentu kamu pun dapat membuat hal lain yang jauh lebih baik sesuai selera mu.

Hal Lain Yang Perlu Dilakukan Setelah Menutup Webcam Laptop

Setelah menutup webcam laptop mu, cobalah untuk juga melakukan tips dari Josh Norem dari situs PCWorld hal berikut:
  • Menutup laptop ketika sedang tidak menggunakan
  • Pastikan seluruh software mu up to date, terutama web browser dan pluginnya serta Adobe Flash.
  • Selalu aktifkan Firewall 
  • Gunakan anti virus untuk pengecekan rutin terhadap malware.
  • Sebisa mungkin hindari klik pada link yang dikirim ke email mu bahkan ketika kamu mengenal pengirimnya
Jangan hanya menutup webcam laptop mu ya. Semoga artikel ini bisa membantu untuk menjaga privasi mu terhindar dari para hacker.

***

Bila memiliki pertanyaan seputar artikel Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Webcam Laptop, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"