Mudah! Seperti Ini Cara Cek Keaslian Windows Mu
Mudah! Seperti Ini Cara Cek Keaslian Windows Mu

Mudah! Seperti Ini Cara Cek Keaslian Windows Mu

Berikut ini panduan cara cek keaslian Windows serta dampak menggunakan Windows bajakan.


Cek Keaslian Windows
Windows merupakan sistem operasi yang paling populer di dunia. Meski kini macOS milik Apple mencoba untuk menyaingi, nampaknya Windows masih akan berada dipuncak untuk beberapa waktu kedepan.

Sebagai sebuah produk yang memilik hak paten, setiap sistem operasi Windows baru akan dikatakan legal ketika menggunakan lisensi resmi yang dikeluarkan Windows sebagai perusahaan penciptanya. Namun, untuk dapat mendapatkan lisensi resmi tersebut, pengguna sistem operasi Windows diharuskan membayar sejumlah uang. Hal ini menimbulkan munculnya beberapa "oknum" yang coba memberikan solusi kepada orang-orang yang ingin menggunakan Windows secara gratis dengan melakukan pembajakan.

Produk Windows asli dan bajakan secara sekilas bahkan tidak menunjukkan perbedaan yang mencolok. Oleh karena itu, hal ini memunculkan pula oknum baru yaitu para distributor penjualan komputer. Mereka terkadang menyisipkan Windows palsu pada komputer jualannya dan menipu konsumennya dengan menyatakan bahwa Windows tersebut asli sehingga mereka dapat meraup sedikit keuntungan lebih dari hasil penjualan komputer tersebut. 

Demi terhindar dari penipuan yang akan membawa mu mengalami kerugian yang lebih dalam karena Windows bajakan. Kamu harus paham cara cek keaslian Windows yang kamu gunakan. Bila kamu belum memahaminya, kamu dapat menemukannya dengan membaca artikel ini.

Seperti Ini Cara Cek Keaslian Windows Mu


Windows Bajakan?

Windows bajakan merupakan Windows yang di modifikasi pada bagian lisensinya dengan membuat sebuah lisensi yang seolah-olah asli sehingga dapat menggunakan fitur Windows layaknya Windows berlisensi resmi.

Perkembangan Windows bajakan kini sudah sangat luas bahkan beberapa toko retail komputer menyisipkan Windows bajakan pada komputer-komputer yang mereka jual untuk menghindari pembelian lisensi Windows asli yang cukup memakan biaya. 

Menggunakan Windows bajakan tentu memiliki dampak yang negatif bagi penggunanya dan membuat beberapa fitur Windows tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, penggunaan Windows bajakan ini harus dihentikan karena bisa saja membawa kita berurusan dengan pihak berwajib. 

Ciri Windows Bajakan

Dilansir dari situs Chron, jika ketahuan menggunakan Windows bajakan, maka akses ke sebagian besar fitur Update Windows akan terblokir, dimana kamu hanya di izinkan untuk mengunduh critical patch saja. Sistem juga akan mengubah wallpaper desktop mu dan memunculkan pemberitahuan melalui pop-up di desktop mu yang menyatakan bahwa Windows yang kamu gunakan tidak asli serta menawarkan tautan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Dampak Menggunakan Windows Bajakan

Ketika kamu menggunakan Windows bajakan, kamu pun harus bertarung melawan bahaya yang menjadi dampak dari penggunaannya. Beberapa dampak menggunakan Windows bajakan, yaitu:

  • Rentan Terserang Virus
Ketika kamu menggunakan Windows bajakan, maka secara otomatis kamu tidak akan mendapatkan fitur untuk melakukan Update Windows karena jika kamu melakukannya, Windows akan menolak. Permasalahan pun akan muncul ketika kamu tidak melakukan update Windows. 

Seperti apa yang kita ketahui bahwa update Windows salah satunya bertujuan untuk memperbaiki celah keamanan dan fitur Windows sehingga ketika kamu tidak melakukan update Windows akan berdampak pada terbukanya celah keamanan pada sistem operasi Windows mu yang akan memudahkan komputer mu terserang virus.
  • Pelanggaran Hukum
Windows merupakan sebuah perusahaan resmi yang memiliki hak paten terhadap produknya. Setiap produk yang mereka keluarkan akan diberi lisensi resmi sehingga dapat dianggap legal. Ketika kamu menggunakan Windows bajakan, ini berarti kamu menggunakan lisensi yang illegal. Oleh karena itu, kamu termasuk telah melanggar hak paten dan dapat terkenan sanksi apabila tertangkap atau diadukan kepada pihak berwajib.
  • Privasi Terancam
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sistem keamanan pada Windows bajakan sangatlah rentan karena tidak mendapatkan update terbaru Windows. Hal ini tentu akan mengancam privasi mu ketika menggunakan komputer yang menggunakan Windows bajakan. Selain itu, biasanya dapat mengaplikasikan lisensi illegalnya, Windows bajakan perlu menggunakan metode cracking terlebih dahulu demi keberhasilan menggunakan lisensi illegal. Metode cracking yang digunakan biasanya melibatkan aplikasi khusus yang bisa saja disisipi software seperti Remote Administration Tool yang berbahaya.
  • Fitur Tidak Optimal
Windows bajakan pun tidak akan memberikan fitur yang optimal dari versi Windows tersebut. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika menggunakan Windows.

Cara Cek Keaslian Windows

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk cek keaslian Windows mu. Beberapa diantaranya, yaitu:


Pastikan kamu selalu menggunakan Windows orignal ya!

***

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Cek Keaslian Windows, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"