Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya

Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya

LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang digunakan para profesional untuk terhubung satu sama lain. Berikut penjelasan tentang apa itu LinkedIn.

Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
Pengaruh media sosial sudah sangat variatif saat ini. Selain digunakan untuk mendekatkan kerabat yang jauh, media sosial pun sudah menjadi sarana untuk membangun citra seorang individu agar terlihat kian profesional. Tak jarang, para perekrut pekerjaan pun kini melakukan survey berdasarkan akun media sosial kita.

Membahas tentang media sosial yang berhubungan dengan pembangunan citra profesional, mungkin anda pernah mendengar salah satu media sosial bernama LinkedIn. Media sosial ini merupakan salah satu yang terkemuka untuk membantu anda meningkatkan relasi dan mewujudkan citra profesional anda. 

Belum mengenal LinkedIn? Coba simak artikel berikut ini yang harapannya akan banyak memperkenalkan anda pada apa itu LinkedIn.

Yuk Mengenal Apa Itu LinkedIn!


Sekilas Apa Itu LinkedIn

LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dirancang khusus untuk menciptakan sebuah komunitas profesional yang berorientasi pada bisnis. Tujuan dari situs ini adalah untuk memungkinkan anggotanya untuk membangun dan mengembangkan jaringan orang-orang yang mereka kenal dan percayai secara profesional.
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya (sumber: social4retail.com)
Melansir dari situs resminya, kelebihan yang kamu dapatkan ketika menggunakan LinkedIn, yaitu:

   1. Mendapat Perhatian Perekrut
93% perekrut menggunakan LinkedIn untuk meneliti dan merekrut kandidat. LinkedIn memungkinkan Anda untuk memiliki brand pribadi secara online yang membuat Anda terlihat oleh para pengambil keputusan dalam hal perekrutan pegawai. Seperti contohnya ketika nama Anda dimasukkan ke dalam mesin pencari seperti google, nama anda dapat muncul di hasil pencarian dalam bentuk profil LinkedIn. Oleh karena itu, memastikan profil LinkedIn anda dalam kondisi terbaik merupakan poin yang penting untuk dapat 'menjual' diri anda sebaik mungkin.

   2. Mendemonstrasikan Pengetahuan, Kredibilitas & Kemampuan Memimpin
Memiliki profil LinkedIn membantu membangun kepercayaan perekrut karena mereka dapat melihat rekomendasi dan koneksi Anda serta bukti bahwa Anda memiliki nilai tambah.

   3. LinkedIn sebagai alat riset
Memiliki akun LinkedIn juga berarti Anda dapat menggunakan situs ini untuk meneliti perusahaan, pewawancara, serta perektrut. Hal ini berguna sebelum mengirimkan aplikasi dan meneliti siapa yang mewawancarai Anda dan melakukan penelitian wawancara sehingga anda dapat memiliki persiapan yang cukup sebelumnya.

   4. Lowongan Pekerjaan Up to date
Peluang kerja baru ada di seluruh situs LinkedIn yang mungkin tidak anda temui dari media tradisional. Anda dapat langsung melamar sebuah lowongan pekerjaan menggunakan LinkedIn, menyimpan pencarian pekerjaan, serta memberi tanda kepada perekrut bahwa Anda terbuka untuk mendengarkan peluang bergabung yang ada.

   5. Bukti Sosial Untuk Keterampilan & Bakat
LinkedIn memungkinkan orang lain memberikan rekomendasi dan dukungan pada keterampilan yang Anda miliki. Ketika orang lain merekomendasikan dan mendukung keterampilan Anda, siapa pun yang melihat profil Anda dapat melihatnya dan ini menunjukkan Anda memiliki kemampuan lain yang mendukung klaim Anda untuk memiliki keterampilan tertentu. Anda dapat membangun kredibilitas Anda melalui testimonial yang memungkinkan banyak orang mulai menghubungi anda karena ketertarikan untuk merekrut.

Kilas Balik Pembentukan LinkedIn

LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman, mantan Wakil Presiden Eksekutif yang bertanggung jawab atas pengembangan bisnis dan perusahaan PayPal. Situs ini ditemukan pada 28 Desember 2002 dan diluncurkan pertama kali pada 5 Mei 2003 dan hingga saat ini telah memiliki lebih dari 300 juta anggota dari 200 negara serta mewakili 170 industri. Menurut Reid Hoffman, 27 persen pelanggan LinkedIn adalah perekrut melansir dari TechTarget.

Tahun 2016 lalu, Microsoft mengakuisisi LinkedIn dengan harga $ 196 per saham dengan nilai total $ 26,2 miliar yang nilai akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Microsoft hingga saat ini.

Siapa Saja Pengguna LinkedIn?

Ada beberapa tipe pengguna LinkedIn, berikut ini beberapa diantaranya yang diklasifikasikan berdasarkan tujuan penggunaan akun LinkedIn melansir dari LinkedInpedia.

   Jobseeker
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya (sumber: linkedinpedia.com)
Para pengguna di kelas ini adalah mereka yang saat ini sedang tidak bekerja atau ingin mencari tantangan lain sehingga menggunakan akun LinkedIn nya untuk secara aktif mencari peluang karir baru.

   Recruiter
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya (sumber: linkedinpedia.com)
Pengguna LinkedIn di kelompok ini adalah perwakilan dari perusahaan yang mencari sumber daya manusia atau individu yang berbakat untuk perusahaan mereka.

   Salespeople
Pengguna di kelas ini merupakan mereka yang menggunakan LinkedIn terutama untuk mencari prospek, membangun hubungan dengan mereka, dan akhirnya, memasukkan mereka ke saluran penjualan, dan menjual produk atau layanan mereka.

   Businessmen
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya (sumber: linkedinpedia.com)
Pengguna LinkedIn pada kelas ini menggunakan LinkedIn untuk menemukan memperluas mitra bisnisnya dengan pihak eksekutif lain, atau hanya untuk terhubung dan menjangkau mereka.

Mengapa Kamu Harus Miliki Akun LinkedIn?

Libertystaffing, salah satu situs yang menyediakan jasa layanan perekrutan pekerja menjelaskan setidaknya ada 5 hal yang membuat kamu harus memiliki akun LinkedIn, yaitu:

   1. Memiliki CV Online
LinkedIn pada dasarnya adalah versi online dari CV milik mu. Dengan memiliki akun LinkedIn, kamu dapat memiliki opsi untuk mengirim URL halaman LinkedIn mu ke calon pemberi kerja, sebagai ganti CV fisik sehingga tentu sedikit banyaknya membantu mu untuk mencari pekerjaan.

   2. Melamar Pekerjaan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu dapat mencari dan melamar ke lowongan pekerjaan di LinkedIn dengan bermodalkan akun LinkedIn mu bahkan hanya dengan mengklik tombol 'lamar'. Ketika kamu melamar ke setiap peluang kerja di LinkedIn, informasi LinkedIn mu akan dikirim secara otomatis ke perusahaan yang sedang mencari pekerja di posisi tersebut.

   3. Dilamar Pekerjaan
Bahkan jika kamu tidak melamar ke sebuah lowongan pekerjaan, setiap perusahaan masih dapat melihat profil LinkedIn mu. Bukan tidak mungkin jika terdapat perusahaan yang menghubungi mu melalui LinkedIn jika mereka pikir kamu cocok untuk bergabung di perusahaan mereka. Dengan memiliki akun LinkedIn, pekerjaan dapat mendatangi mu!

   4. Memperluas Jaringan Profesional
LinkedIn merupakan platform yang telah mendunia dan digunakan oleh banyak orang diberbagai belahan dunia. Oleh karena itu, akan semakin mudah kamu menemukan para profesional lain dari berbagai latar belakang berbeda yang dapat memperkaya koneksi mu.

   5. Menunjukkan Bahwa Kamu Up To Date
Memiliki akun LinkedIn menunjukkan bahwa kamu merupakan seorang individu yang berpikiran maju, mutakhir dengan teknologi terbaru, dan terbuka terhadap peluang baru.

Bagaimana Membuat Akun LinkedIn?

Bila kamu berpikir sekarang saatnya untuk membuat akun LinkedIn mu namun tidak mengerti caranya, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  • Buka Halaman Registrasi LinkedIn
  • Isikan Nama Depan, Nama Belakang, Email & Password dari akun mu (Baca Juga: Cara Membuat Password Yang Baik Dan Aman)
  • Tekan Agree & Join
  • Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya
    Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya

  • Selamat kamu sudah berhasil mendaftarkan akunmu, selanjutnya kamu hanya perlu mengisi data pribadi mu. 

Kesimpulan

LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dirancang khusus untuk menciptakan sebuah komunitas profesional yang berorientasi pada bisnis yang telah mendunia dan digunakan oleh berbagai kalangan profesional dari berbagai latar belakang. Menggunakan LinkedIn tentu saja akan membantumu untuk memperoleh pekerjaan dengan jauh lebih mudah serta memperkaya relasi milik mu. Oleh karena itu, dengan perkembangan jaman yang serba digital seperti saat ini, sudah saatnya kamu untuk memiliki CV online mu di LinkedIn.

***

Bila memiliki pertanyaan seputar artikel Mengenal Apa Itu LinkedIn, Sejarah Dan Kelebihannya, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"