5 Hal Fundamental Yang Tak Boleh Diabaikan HRD Profesional
5 Hal Fundamental Yang Tak Boleh Diabaikan HRD Profesional

5 Hal Fundamental Yang Tak Boleh Diabaikan HRD Profesional

Berikut ini ada beberapa tips menjadi HRD profesional yang bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan, sehingga SDM yang akan ada dapat dikelola secara optimal.

linovhr
HRD atau Human Resource Development di dalam perusahaan memegang peran yang sangat penting. Divisi tersebut mempunyai tugas mengelola SDM (Sumber Daya Manusia) dalam perusahaan. SDM yang berkualitas akan mempercepat perusahaan untuk berkembang sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

Oleh sebab itu, bukan hal mudah menjadi seorang HRD yang profesional, ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seorang HRD agar menjadi seorang profesional dan menjalankan tugasnya dengan baik serta efisien.

5 Tips Menjadi HRD Profesional

Berikut ini ada beberapa tips menjadi HRD professional yang bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan, sehingga SDM yang ada dapat dikelola secara optimal.

1. Memiliki Latar Belakang Pendidikan yang Sesuai

Walaupun bukan faktor utama, latar belakang pendidikan HRD perlu dipertimbangkan. Biasanya lulusan Psikologi lebih tepat menjadi seorang HRD, karena seorang lulusan Psikologi memiliki kompentesi yang baik untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara interpersonal dengan karyawan atau SDM perusahaan. 

Namun, bukan berarti lulusan lainnya tidak bisa menjadi HRD. Selama seseorang memiliki kemampuan komunikasi, interaksi, dan pengelolaan SDM yang baik, maka tentu saja ia dapat berkesempatan menjadi HRD.

2. Memahami Latar Belakang dan Informasi Terbaru Tentang Perusahaan

Menjadi seorang HRD profesional harus mampu memahami seluk beluk atau latar belakang maupun informasi terbaru tentang perusahaan terkait. Hal ini dikarenakan, HRD bertugas menyampaikan informasi tentang perusahaan kepada pihak lain. 

Artinya seorang HRD harus mengetahui dan memahami segala informasi tentang perusahaan, dari informasi yang terdahulu hingga yang terkini sehingga informasi yang disampaikan kepada pihak lain tepat dan akurat.

3. Mampu Memahami Karakter Pegawai yang Berbeda-Beda

Seorang HRD harus paham bahwa karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari pendidikan, pergaulan, hingga karakter yang mereka miliki. Artinya, seorang HRD tidak dapat memperlakukan setiap karyawan dengan cara yang sama untuk menjalankan tugas dari perusahaan. 

Seorang HRD harus bisa memahami latar belakang karyawan sehingga mampu menerapkan strategi yang tepat bagi karyawan yang bersangkutan dalam bekerja.

4. Mampu Menyelesaikan Masalah dan Memberikan Solusi

HRD berperan menjembatani karyawan dengan perusahaan. Artinya HRD harus bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada karyawan dan perusahaan. Jika suatu ketika karyawan mengalami masalah dalam hal tugas kerja yang diberikan perusahaan, HRD harus mau mendengarkan keluhan yang disampaikan karyawan. 

Tak hanya itu saja, HRD juga harus bisa memberikan solusi yang bijak serta mengkoordinasikannya kepada perusahaan seputar permasalahan yang dialami karyawan.

5. Mampu Membuat Laporan dengan Cepat dan Akurat

Sudah menjadi tugas HRD untuk mengelola SDM dan membuat laporan tentang SDM dengan tepat. Misalnya laporan absensi karyawan dan perhitungan gaji karyawan. Laporan tersebut berguna untuk mengetahui perkembangan kinerja karyawan dalam perusahaan, sehingga harus dibuat secara tepat dan akurat. Namun, kamu tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak software yang dapat membantu kamu melakukannya. Salah satu Aplikasi HR Terbaik yang dapat kamu gunakan untuk menjadi seorang HRD Profesional adalah LinovHR.

LinovHR akan membantu HRD dapat menyajikan laporan secara cepat dan akurat sehingga HRD tak perlu lagi membuat laporan absensi karyawan, performance review karyawan, pengelolaan data personal karyawan atau perhitungan gaji secara manual yang menghabiskan lebih banyak waktu.

Baca Juga : 5 Aplikasi HRD untuk HRD Modern

Nah, itulah 5 tips menjadi HRD yang profesional dalam suatu perusahaan. Ingat, tingkat profesionalisme HRD akan berpengaruh pada perkembangan perusahaan. Apabila memiliki pertanyaan seputar LinovHR, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Artikel berbayar oleh PT. Linov Roket Prestasi
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"