Memulai Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Tetapi Menguntungkan
Memulai Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Tetapi Menguntungkan

Memulai Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Tetapi Menguntungkan

Untuk memulai usaha sampingan online tanpa modal butuh persiapan. Berikut usaha online yang menguntungkan dan cara memulai bisnis online.

usaha sampingan online

Teknologi semakin meningkatkan produktifitas manusia pada zaman modern ini. Mengerjakan lebih dari satu hal menjadi semakin mudah karena dengan bantuan teknologi yang ada, kita dapat melakukannya dengan efisien. Contoh saja dalam mengolah angka=angka dengan Microsoft Excel, berkirim surat melalui email dan masih banyak lagi.

Peningkatan produktifitas itu pun dapat menjadi peluang untuk meningkatkan pendapatan. Era ini telah banyak kita melihat orang berhasil mengelola sebuah usaha sampingan online. Mereka hanya bekerja melalui rumah bermodalkan gadget dan koneksi internet. Bila kita membicarakan keuntungannya, tidak bisa dipandang sebelah mata loh.

Mendengar kata usaha, terlepas itu usaha online atau konvensional, pasti banyak yang langsung mengerutkan dahi sambil bertanya dalam hati tentang bagaimana modal untuk mejalankan usahanya. Padahal banyak loh peluang usaha sampingan online tanpa modal yang dapat kita mulai dari rumah saja menggunakan tekonologi seadanya.

Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online adalah segala jenis kegiatan tukar-menukar barang maupun jasa yang dilakukan secara online atau para pelaku transaksi tidak bertemu fisik. Usaha jenis ini telah berkembang sejak akhir tahun 1990-an dan menjadi booming sejak 2000an. 

Kegiatan bisnis online memungkinkan siapa pun untuk terlibat didalamnya. Mekanismenya pun mudah dan pengembangan platform media transaksi online pun sudah menjamur. Prinsip transaksi bisnis online yaitu penjual hanya perlu menjajakan barang atau jasanya melalui internet baik platform media transaksi ataupun media sosial pribadinya dan menarik minat pembeli. Ketika seseorang tertarik untuk membeli maka sang pembeli akan menghubungi penjual hingga terjadi transaksi. 

Namun ada satu kondisi yang perlu diperhatikan ketika terlibat dalam bisnis online yaitu keamanan. Telah ditemukan beberapa kasus penipuan atau bocornya data pelaku transaksi online yang dapat membahayakan privasi atau bahkan menyebabkan kerugian materiil.

Usaha Online Yang Menguntungkan

Pada prinsipnya untuk memulai usaha kita harus memperhatikan minat pasar. Melihat pasar yang cukup luas terkadang malah membuat orang bingung untuk menentukan pilihan bisnis yang akan dijalani. Banyak pertanyaan diinternet dengan topik “Apa Usaha Online Yang Menguntungkan?”, sejatinya suatu usaha dirintis pasti bertujuan menguntungkan dan apabila banyak telah masuk kategori usaha mainstream maka usaha tersebut pasti sudah pernah terbukti menguntungkan. Ini yang menjadi permasalahan, ketika kamu juga memiliki pertanyaan yang demikian maka kamu pasti akan menemukan banyak jawaban jenis usaha yang menguntungkan. Namun kamu harus tahu, ketika usaha tersebut kamu jalankan, belum tentu kamu dapat merasakan sukses yang sama atau bahkan tidak sukses sama sekali.

Contoh usaha online berikut ini dapat dikategorikan usaha online yang menguntungkan karena telah banyak yang memperoleh keuntungan darinya tetapi sekali lagi setiap orang berbeda. Kamu harus menemukan “bisnis” mu sendiri dengan banyak melakukan riset pasar dan memahami kelebihan mu.

Penerjemah

usaha sampingan online
Usaha Sampingan Online Menjadi Penerjemah (sumber: pexels)
Usaha sampingan online pertama yang dapat kamu pilih yaitu menjadi penerjemah. Tidak banyak yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penerjemah online, kamu hanya butuh gadget untuk konektivitas dan kemampuan berbahasa asing yang mumpuni untuk  menjalankan pekerjaan.

Rata-rata pendapatan bulanan seorang penerjemah cukup besar, dimana berdasarkan data dari situs Gajimu, seorang penerjemah dapat menerima pendapatan hingga lebih dari 4 juta satu bulan. Menggiurkan bukan?

Penulis Lepas

usaha sampingan online
Usaha Sampingan Online MenjadiPenulis Lepas (sumber: pexels)
Jasa penulis lepas banyak dicari sekarang ini. Media online kian menjamur sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk membantu mereka mengisi kontennya. Bila membayar seorang penulis professional tentu tidak murah, inilah mengapa lowongan penulis lepas banyak dibuka. Bukan maksudnya mereka bergaji murah tetapi membayar seseorang penulis lepas tentu tidak semahal mengontrak seorang penulis secara profesional. Terlebih secara kemampuan belum tentu seorang penulis lepas kalah dari penulis profesional.

Beberapa platform populer seperti Babe dan JalanTikus siap membayar seorang penulis lepas mencapai 50.000 per artikel tayang. Angka ini tentu cukup menarik mengingat bila kamu jago menulis dan memilih topik, kamu dapat mengirim lebih banyak artikel dan mendapatkan lebih banyak pundi-pundi uang.

Desainer Grafis

usaha sampingan online
Usaha Sampingan Online Menjadi Desainer Grafis (sumber: pexels)
Ini mungkin menjadi usaha sampingan online yang paling mainstream. Tidak banyak orang menguasai kemampuan olah grafis sehingga membutuhkan seseorang yang mahir melakukannya. Oleh karena itu, bila kamu memiliki kemampuan itu jangan disia-siakan.

Berdasarkan survey dari situs Indeed, seorang desainer grafis dapat memperoleh pendapatan hingga 3 juta per bulannya. Tentu ini angka yang lumayan kan untuk kamu jadikan usaha sampingan online mu.

Konten Kreator

usaha sampingan online
Usaha Sampingan Online Menjadi Konten Kreator (sumber: pexels)
Media sosial sudah menjadi bagian hidup rasanya sekarang ini, hampir tidak bisa lepas kita dibuatnya. Banyak figur yang telah menghasilkan konten-konten yang memperkaya pundi-pundi uangnya. Tak heran mengapa banyak kelompok orang yang tadinnya eksis di televisi kini memilih untuk lebih sering muncul di kanal YouTube.

Pendapatannya tentu selaras dengan jumlah penontonnya. Namun tidak perlu banyak menjelaskan tentang hal ini nampaknya karena kamu mungkin juga sudah paham tentang potensi penghasilannya. Kuncinya dari menjadi konten kreator adalah konten itu sendiri. Ketika kamu memiliki ide menarik, kamu dapat menuangkannya menjadi sebuah karya digital yang disaksikan banyak orang tanpa harus menggunakan alat-alat canggih. Banyak konten kreator yang memulainya dari bawah juga kan?

Tidak hanya YouTube, kamu juga bisa menjadi konten kreator di sosial media lain seperti Instagram atau mungkin konten berupa tulisan di Blog.

Dropshipper


usaha sampingan online
Usaha Sampingan Online Menjadi Dropshipper (sumber: pexels)
Dropshipper ungkin mejadi salah satu jenis bisnis online yang "berusia tua" karena telah dimulai sejak boomingnya transaksi online dulu. Prinsipnya kamu hanya sebagai “jembatan” antara penjual dan pembeli dan memperoleh keuntungan dari selisih harga jual. 

Kamu butuh kemampuan promosi yang baik untuk berhasil menjadi seorang dropshipper agar kamu dapat memperoleh banyak keuntungan finansial.

Memulai Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Kamu sudah mengetahui kan beberapa contoh usaha online yang menguntungkan. Semua usaha online diatas dapat dijalankan “tanpa modal” sama sekali loh. Bila kita merujuk pada kata modal, satu hal yang pasti terlintas pasti adalah uang. Jika kamu juga seperti itu, maka kamu masih dapat menjalankan satu atau bahkan semuanya selama kamu punya hal lainya di dirimu untuk melakukannya. 

Secara langsung saya ingin mengatakan bahwa memungkinkan untuk menjalankan usaha sampingan online tanpa modal uang tetapi sangat tidak mungkin ketika kita ingin menjalankannya tanpa modal komitmen dan konsistensi. Banyak orang yang mengaku tidak memiliki kemampuan tetapi nyatanya masih dapat menjalankan usaha sampingan online tersebut. Tak lain, mereka berhasil karena mereka terbuka untuk belajar. Jadi bila kamu tidak memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik atau kemampuan mengolah animasi dengan software yang terampil, jangan berkecil hati karena kamu dapat mempelajarinya. Namun bila kamu tidak siap untuk berkomitmen dan konsisten, mungkin disaat ini lah kamu harus memutuskan untuk tetap melangkah atau mencari jalan lain. 

Komitmen menjadi aspek penting karena ketika menjalankan usaha sampingan online kita akan berhadapan dengan masalah seperti kesulitan membagi waktu. Bila kita tidak komitmen terhadap manajemen waktu kita, bagaimana kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu?

Disisi lain, konsistensi juga sangat penting bahkan tidak hanya untuk bisnis online. Sebagai contoh, ketika kita baru saja menyelesaikan pekerjaan pertama dan memperoleh gaji pertama dengan performa yang maksimal lalu setelahnya kita mulai enggan untuk melakukan effort yang sama sehingga performa menurun dan klien merasa kecewa. Kondisi ini telah banyak terjadi dan menyebabkan kegagalan dalam bisnis online. Oleh karena itu, konsistensi menjadi poin penting.

Cara Memulai Bisnis Online

Riset Pasar & Kemampuan Diri

Ketahuilah bagaimana kebutuhan orang disekitar mu saat ini, dan coba cari tahu barang atau jasa apa yang dapat kamu ciptakan untuk memenuhi hal tersebut. Ketika kamu mendapatkan jawabannya maka kamu sudah mendapatkan ide bisnis baru yang berpotensi untuk meraih keuntungan. 

Hindari ikut-ikutan bisnis orang karena bisa saja itu tidak sesuai dengan pasar mu dan kemampuan diri mu sendiri yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan bisnis.

Tentukan Jenis Bisnis

Setelah kamu melakukan riset, cobalah analisis hasil riset tersebut untuk menjadi sebuah ide bisnis. Contohnya, orang-orang disekitar mu merupakan orang yang konsumtif dan banyak yang menggunakan produk kecantikan. Secara kemampuan, kamu bukanlah orang yang kompeten dalam meracik produk-produk kecantikan tetapi kamu aktif dalam media sosial. Maka menjadi seorang dropshipper dapat menjadi pilihan karena kamu dapat menjual produk tanpa harus memproduksi sendiri, dimana kamu menggunakan media sosial mu untuk mencari pelanggan. Pelanggan sendiri adalah orang-orang sekitar mu yang telah kamu ketahui karakternya sangat potensial untuk membeli produk tersebut.

Secara singkat, jenis bisnis mu haruslah berkorelasi antara riset pasar dan kemampuan dirimu sehingga memudahkan mu untuk berhasil menjual produk atau jasa mu nantinya.

Belajar Fundamental Bisnis Pilihan

Terlepas kamu sudah yakin bahwa riset mu pasti akan berhasil, janganlah untuk menutup mata pada ilmu dan pengalaman orang lain. Cari lah informasi di internet tentang bisnis yang akan kamu jalankan sehingga semakin memantapkan mu ketika menjalankannya.

Siapkan Media Promosi

Sebaik apapun rancangan bisnisnya tanpa promosi yang mujarap kita tidak akan bisa meraih banyak keuntungan. Jadi pastikan dahulu bagaimana cara mu mempromosikan barang atau jasa nantinya kepada calon konsumen mu.

Bila kamu seorang blogger, mungkin artikel Cara Promosi Blog ala Gubuk Pintar dapat menjadi salah satu referensi mu.

Kesimpulan

Secara garis besar, sudah ada banyak orang yang sukses menjalankan usaha sampingan online tanpa modal diluar sana. Kuncinya adalah komitmen dan konsisten ketika menjalankannya. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkannya secara matang dengan melakukan riset pasar & kemampuan diri, menentukan jenis bisnis, mempelajari bisnis yang dipilih serta mempersiapkan media promosi agar bisnis online mu berhasil.

***

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel Peluang Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Dari Rumah, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"