-->
Ingat! Ini Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Untuk Dapat Banyak Impresi
Ingat! Ini Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Untuk Dapat Banyak Impresi

Ingat! Ini Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Untuk Dapat Banyak Impresi

Cari Tahu Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Seperti Facebook, Twitter dan Instagram Untuk Mendapatkan Banyak Impresi.

Keberhasilan menarik pelanggan tak lepas dari bagaimana cara kita mempromosikan produk yang kita miliki. Sudah bukan sebuah rahasia bahwa promosi yang cermat menjadi kunci keberhasilan suatu usaha. Kondisi ini menciptkan persaingan tidak lagi hanya pada kualitas produk saja tetapi juga tentang bagaimana produk tersebut di promosikan. Bahkan terdapat kasus dimana produk yang lebih rendah kulitasnya tetapi memiliki daya beli yang lebih tinggi karena kualitas promosinya.

Kali ini kita akan bahas spesifik mengenai waktu terbaik promosi di media sosial, dimana terdapat waktu-waktu khusus yang pada momen tersebut traffic sosial media sedang mencapai puncaknya. Momen ini tentu menjadi saat yang tepat untuk kita untuk promosi di media sosial.

Waktu Terbaik Promosi Di Facebook

Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Statistik Pengguna Facebook (sumber: broadbandsearch)
Facebook merupakan media sosial dengan tingkat penggunaan harian paling tinggi di dunia, dimana memiliki rata-rata pengguna harian aktif mencapai 1,4 milyar. Tidak hanya pada jumlah penggunanya, lama waktu rata-rata menggunakan Facebook pun diketahui masih paling tinggi yang mencapai 58 menit per hari. Angka ini menunjukkan promosi di Facebook masih menjadi tempat yang potensial melansir dari data Broadbandsearch.
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Facebook (sumber: sproutsocial)

Sproutsocial melakukan riset tentang kapan para pengguna media sosial mencapai angka tertinggi dan memiliki kecendrungan yang interaktif. Khusus untuk Facebook, di dapatkan data: 

Alasan dibalik data ini adalah karena pada waktu senggang orang biasanya akan terfokus kepada hal lain sehingga tidak fokus pada produk yang sedang kamu promosikan. Waktu alternatif lainnya yaitu pada hari Selasa hingga Kamis jam 08.00-15.00 dan coba untuk menghindari promosi di Facebook pada sebelum jam 07.00 dan setelah jam 17.00 setiap harinya.

Waktu Terbaik Promosi Di Twitter

Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Statistik Pengguna Twitter (sumber: broadbandsearch)
Twitter memiliki pengguna aktif harian mencapai 100 pengguna. Namun perlu dipahami bahwa Twitter memiliki angka waktu penggunaan yang cukup rendah, dimana rata-ratanya hanya berada pada angka 1 menit per harinya.
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Twitter (sumber: sproutsocial)

Sproutsocial menjabarkan bahwa waktu terbaik promosi di Twitter yaitu: 

Melihat angka rata-rata penggunaan harian yang singkat, maka pastikan kamu memiliki strategi promosi yang se-efektif mungkin ketika mempromosikan produk di Twitter ya. Namun angka ini tidaklah menunjukkan bahwa Twitter bukan merupakan tempat yang potensial karena Twitter memungkinkan kamu terhubung dengan konsumen secara langsung dan terpublikasi.

Waktu Terbaik Promosi Di Instagram

Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Statistik Pengguna Instagram (sumber: broadbandsearch)
Instagram menjadi media sosial terbesar kedua saat ini, tepat di belakang Facebook. Pengguna aktifnya mencapai 500 juta orang per hari dengan waktu rata-rata penggunaan harian mencapai 53 menit. Sudah banyak kisah orang yang sukses mempromosikan jualannya di Instagram.
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Instagram (sumber: sproutsocial)

Riset Sproutsocial menunjukkan bahwa: 

Hasil ini menunjukkan bahwa Instagram memiliki kecenderungan pengguna yang sama dengan Facebook sebagai induknya.

Waktu Terbaik Promosi Blog Dan Youtube Di Media Sosial

Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial
Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Untuk Blog dan Youtube (sumber: pexels)
Perlu dicatat bahwa data waktu terbaik promosi di Facebook, Twitter dan Instagram yang telah dipaparkan sebelumnya memiliki kecendrungan untuk kamu yang ingin mempromosikan produk berupa barang dan jasa di media sosial. Namun untuk yang ingin promosi blog, video Youtube atau konten kreatif dan hiburan lainnya terdapat linimasa yang berbeda.

Sproutsocial menjelaskan bahwa riset mereka pada weekend dan waktu-waktu tertentu menunjukan bahwa traffic media sosial tidak terfokus pada promosi barang atau jasa melainkan hal-hal lain. Hal yang dimaksud salah satunya ke konten yang lebih personal seperti konten hiburan. Momen inilah yang menjadi waktu terbaik promosi blog dan youtube di media sosial, terlebih ketiga media social yang telah dijelaskan sebelumnya.

Berdasarkan data, weekend dan jam pasca kerja menjadi saat yang harus di hindari untuk orang yang ingin promosi barang atau jasa. Kondisi ini berbanding terbalik dengan orang yang ingin promosi blog atau youtube nya karena pada waktu ini orang-orang ingin lepas dari rutinitas dan bersantai. Singkatnya, rekomendasi Gubuk Pintar untuk waktu terbaik promosi Blog dan Youtube di Media Sosial yaitu:


Kamu dapat mempromosikan blog dan youtube mu setiap hari pada waktu pasca kerja seperti 19.00-22.00. Pada jam-jam tersebut, biasanya orang akan mencari waktu untuk relaksasi dan keluar dari rutinitas hariannya sebelum mereka beristirahat sehingga tidak boleh terlalu larut pula. Disamping itu, Sabtu menjadi hari terbaik karena pada hari Sabtu menjadi hari yang paling umum digunakan orang untuk bersantai. Ini menjadi puncak orang untuk mencari hiburan karena pada hari Minggu mereka sudah harus mulai mempersiapkan diri kembali ke rutinitasnya. Weekdays pada jam-jam kerja tentu menjadi saat yang buruk untuk mempromosikan blog dan youtube di media sosial karena pada saat ini tentu mayoritas orang sedang fokus pada hal yang dikerjakan.

Penutup

Perlu di pahami bahwa waktu terbaik promosi di media sosial ini bukan sebuah ‘hukum’ yang pasti akan terjadi. Data yang digunakan berasal dari hasil riset berdasarkan situasi dan kondisi riset tersebut dilakukan sehingga memungkinkan untuk sesuai atau pun telah terjadi perubahan. Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk memberikan referensi waktu yang tepat untuk promosi di media sosial dengan harapan dapat membantu kamu untuk meningkatkan profit. Berdasarkan kondisi ini, kamu tetap harus menambah data dengan menganalisis sendiri pengunjung/pasar mu agar mendapatkan data yang lebih akurat lagi.

Jika kamu merupakan seorang pemilik blog, Gubuk Pintar juga memiliki artikel tentang Cara Promosi Blog Yang Efetif Di Media Sosial, semoga dapat menambah referensi promosi blog mu. 

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Ingat! Ini Waktu Terbaik Promosi Di Media Sosial Untuk Dapat Banyak Impresi, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"