Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial
Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial

Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial

Ada banyak cara promosi blog di media sosial, berikut ini yang paling efektif untuk melakukannya.

Menulis merupakan kegiatan utama para blogger (sebutan untuk seorang penulis blog). Harapannya adalah tentu tulisan yang telah dibuat dapat memberikan informasi bahkan menginspirasi orang lain yang membacanya.

Untuk dapat mencapai harapan tersebut tentu blog tersebut harus mampu menjangkau para pembacanya. Terdapat cukup banyak metode sebenarnya untuk membuat blog milik kita dapat dijangkau oleh para pembaca. Cara promosi blog yang mereka gunakan sangatlah berpengaruh terhadap hasilnya.

Kegagalan dalam promosi blog merupakan salah satu alasan mengapa para blogger pemula banyak ‘gulung tikar’ karena tidak siap secara mental menghadapi sulitnya menjangkau para pembaca, terlebih mereka yang memiliki orientasi pada monetisasi blognya. Oleh karena itu, kamu perlu mengambil keputusan yang tepat dalam cara promosi blog mu agar dapat mencapai hasil yang positif.
Kebanyakan blogger pemula tentu tidak ingin mengeluarkan biaya untuk melakukan kegiatan promosinya. Namun apakah bisa mempromosikan blog tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun dan menghasilkan hasil yang positif?

Jawabannya tentu saja bisa!

Seorang nelayan tentu tidak akan menebar jala pada lokasi yang jumlah ikannya sedikit. Oleh karena itu, mereka akan mencari dimana tempat yang tepat untuk mereka menebar jala melihat dari tingginya kesempatan mereka mendapatkan ikan yang banyak. Sama halnya dengan cara promosi blog, kamu perlu media yang kira-kira banyak orang bersliweran disana.

Melihat kondisi saat ini, tentu kehidupan orang sangat sulit untuk jauh dari smartphone nya. Berdasarkan data yang dilansir dari Katadata, terdapat 83,5 juta orang menggunakan smartphone di Indonesia dan melihat grafik yang ada, angka tersebut terus meningkat di 2019. Mayoritas mereka menggunakannya untuk bermain game, menonton video dan mengakses media social melansir dari Cnnindonesia. Dalam data yang terpisah, Katadata merilis bahwa penggunaan media social di Indonesia mencapai 150 juta pengguna aktif saat ini.

Tingginya tingkat pengguna media social di Indonesia, apakah kamu tidak tertarik untuk menjadi hal tersebut sebagai media promosi blog mu? Mengingat media social menjadi pasar yang cukup potensi untuk menghadirkan pembaca blog mu.

Jika kamu tertarik mencobanya, berikut ini beberapa tips cara promosi blog yang efektif di media sosial yang diklasifikasikan berdasarkan media social yang berbeda.

Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial


Facebook

Cara promosi blog di Facebook dapat dilakukan beberapa cara, yaitu akun pribadi, grup dan fanspage. Oleh karena itu, untuk memulainya pastikan kamu telah memiliki akun Facebook ya.

Pertama, 
kamu harus tahu bahwa sebuah akun pribadi di Facebook memiliki batasan teman yaitu sebanyak 5000 orang, cukup banyak bukan?

Inilah yang perlu kamu manfaatkan dengan mencoba membuat sebuah akun pribadi yang memiliki teman sebanyak 5000 orang (pastikan mayoritas, kalau bisa semua merupakan pengguna aktif ya!). Setelah itu coba bagikan konten blog mu di timeline akun tersebut. 5000 orang tersebut tentu akan melihat konten blog mu di beranda mereka dan ada kesempatan pula mereka akan mengunjungi blog mu untuk membaca artikel mu itu, apa lagi jika mereka selama ini memiliki impresi positif terhadap dirimu. Ingat! Jangan sampai membagikan artikel blog mu secara barbar ya, karena bisa saja kamu dianggap spam oleh mereka sehingga akhirnya di block!

Kedua, 
kamu pasti pahamkan Facebook memiliki fitur Grup? Dengan bergabung dalam sebuah grup kamu dapat mendiskusikan banyak topik dengan sesama anggota grup tersebut, tak terkecuali artikel blog mu.

Cobalah untuk membagikan artikel blog di grup-grup Facebook yang kamu ikut tergabung didalamnya. Mintalah pendapat mereka tentang tulisan mu itu, apabila kamu membuat konten yang bagus tentu saja mereka akan tertarik.

Ketiga, 
membuat fanspage khusus untuk blog mu tentu bukan merupakan ide buruk pula untuk promosi blog di Facebook. Dengan memiliki fanspage khusus untuk blog mu, para pembaca yang tadi hadir melalui artikel yang kamu bagikan di timeline dan grup dapat terus memantau update terbaru blog mu melalui fanspage ini. Saran saja, kamu dapat meminta teman Facebook mu untuk menyukai fanspage mu dengan cara mengundangnya. Semakin banyak like tentu membuat semakin popular pula fanspage mu dan dapat memperbanyak pula orang yang membaca blog mu karena melihatnya melalui fanspage.

Twitter

Twitter menjadi ‘ladang’ yang menarik pula untuk menghadirkan pembaca, meski menurut Gubuk Pintar memiliki tingkat kesulitas yang lebih sulit dibanding Facebook. Mengapa? Karena tidak terdapat fitur pertemanan seperti Facebook, dimana apabila kita merupakan teman maka dapat saling melihat post masing-masing. Seperti yang kita ketahui, post Twitter dapat tampil di timeline kita apabila kita sudah mengikuti akun tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha terlebih dahulu untuk mendapat banyak pengikut apabila ingin promosi melalui timeline.

Tenang ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk promosi blog di Twitter. Kita dapat memanfaatkan fitur Thread. Bagaimana maksudnya?

Thread merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk membuat tulisan panjang yang berkesinambungan secara terpisah menjadi beberapa bagian. Cara promosi blog dengan metode ini dimulai dengan membuat sebuah summary atau semacam ringkasan dari isi artikel menjadi sebuat thread di Twitter lalu sematkan tautan yang mengarah pada blog mu.

Cara ini bertujuan menimbulkan keingintahuan orang tentang isi artikel mu sepenuhnya. Oleh karena itu, kamu dapat membuat sebuah thread yang isinya menggantu ataupun hanya sebuah kalimat pembuka yang isi sesunggunhnya ada di dalam artikel di blog mu, dimana orang perlu membuka tautan yang kamu bagikan untuk mendapatkannya sehingga mereka pun mau tidak mau harus pergi ke blog mu untuk membacanya.

“Bagaimana bila saya memiliki sedikit pengikut?”

Mungkin hasilnya dapat lebih optimal apabila kamu memiliki banyak pengiktut di Twitter, namun kamu tetap dapat menggunakan fitur Hashtag untuk mendapatkan pembaca di Twitter kan?

Selalu letakkan Hashtag yang sama, diawal atau akhir tulisan mu. Coba lakukan riset terhadap hashtag yang populer terlebih dahulu sebelumnya ya!

Instagram

Bila ditinjau dari tingkat kesulitan menjangkau pembaca dari ketiganya, Instagram mungkin memilki tingkat kesulitan paling menengah. Tidak seperti Twitter yang perlu usaha ekstra, cara promosi blog di Instagram sama halnya dengan kamu menggunakan Instagram ada umumnya.

Kamu hanya perlu membuat sebuah feed post di akun Instagram mu lalu meletakkan caption yang menyertakan tautan yang mengarah ke blog milik mu. Demikian halnya dengan Twitter tadi, bila kamu memiliki jumlah pengikut yang sedikit maka kamu juga dapat menggunakan hashtag untuk menjangkau lebih banyak pembaca.
Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial
Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial

Mengapa Facebook, Twitter dan Instagram?

Benar saja bahwa ada cukup banyak media sosial yang berkembang di dunia khususnya Indonesia. Kamu sebenarnya dapat menggunakan lebih dari sekedar Facebook, Twitter dan Instagram untuk promosi blog mu. Alasan Gubuk Pintar menyarankan Facebook, Twitter dan Instagram adalah karena ketiganya merupakan sosial media dengan tingkat pengguna aktif tertinggi di Indonesia saat ini.

Kompas disalah satu artikelnya menjabarkan bahwa Facebook memiliki 81% pengguna aktif dari seluruh pengguna media sosial di Indonesia yaitu sebanyak 150 juta orang. Diikuti Instagram dengan 80% dan Twitter sebanyak 52%. Oleh karena itu, tentulah menggunakan ketiganya paling efektif dan efisien untuk menjaring pembaca.
Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial
Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial (sumber: kompas)
Namun, apabila kamu memiliki waktu dan tenaga luang yang lebih tentu saja menggunakan lebih banyak media sosial lain untuk promosi blog mu semakin meningkatkan kemungkinan penjaringan pembaca.

Kesimpulan

Tingginya tingkat penggunaan media sosial di Indonesia tentu saja menjadi salah satu sarana potensial untuk mendatangkan pembaca blog kita. Oleh karena itu, salah satu cara promosi blog paling efektif dan efisien saat ini yaitu melalui sosial media.

Cara promosi blog di sosial media sangatlah beragam metodenya. Gubuk Pintar menyarankan untuk menggunakan Facebook, Twitter dan Instagram karena merupakan media sosial dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia dengan tips yang telah disebutkan diatas. Selamat mencoba.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Promosi Blog Yang Efektif Di Media Sosial, silahkan tulis di kolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"