Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Android Terbaik
Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Android Terbaik

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Android Terbaik

Bingung memilih aplikasi belajar bahasa Jepang Android yang cocok? Kamu dapat menemukan daftar aplikasi belajar bahasa Jepang Android TERBAIK DISINI!

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang melalui perangkat Android mu, tentu sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Jepang tanpa mengikuti kelas secara konvensional.

Namun keraguan belajar melalui cara ini adalah kualitas belajar yang dapat kamu peroleh. Benar saja, tidak semua aplikasi menyediakan materi yang berbobot. Selain itu, belajar menggunakan aplikasi Android tentu tidak dapat menyesuaikan dengan pengguna.

Kamu menjadi pihak yang beradaptasi dalam hal ini, bukan aplikasinya. Ini salah satu perbedaan signifikan dengan ketika kamu mengambil kursus bahasa Jepang. Ketika mengikuti kursus, kamu dapat berdiskusi dengan mentor mu untuk menemukan metode belajar yang tepat.

Memahami hal tersebut, Gubuk Pintar menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini untuk membuat 'pondasi' dasar saja ya. Baiknya, kamu tetap harus mengikuti kursus bahasas Jepang untuk memiliki lingkungan belajar yang aktif dan produktif.

Tenang saja, Gubuk Pintar tetap akan merekomendasikan aplikasi-aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Jepang dari Android mu. Simak artikel berikut ini ya.

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Cara Belajar Bahasa Jepang

Melansir dari salah satu artikel Ohayojepang Kompas, ada 7 tips menarik untuk memulai belajar bahasa Jepang secara efektif, yaitu:
  1. Mulai dengan mempelajari huruf Hiragana dan Katakana
  2. Mencari buku yang sesuai dengan cara belajar mu
  3. Menyisipkan bahasa Jepang dalam rutinitas harian
  4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  5. Meningkatkan intensitas latihan mendengar dan berbicara
  6. Menulis buku harian dengan Bahasa Jepang
  7. Melatih cara pikir layaknya orang Jepang

Meringkas seluruh poin tersebut, ada 4 hal teknis penting harus kamu lakukan selama belajar agar dapat fasih menggunakan bahasa Jepang. Berikut penjabarannya,
  • Menguasai Hirgana dan Katakana
    Kedua huruf ini menjadi huruf 'wajib nasional' di Jepang, kamu akan menemukannya dimanapun ketika pergi ke Jepang bahkan ketika membaca artikel atau menonton serial film Jepang sekalipun.

    Ada total 46 huruf yang harus kamu hafalkan. Jumlahnya terlihat banyak tetapi dengan berbekal perangkat Android, kamu dapat mempelajarinya dengan mudah dan menyenangkan lho.

  • Membaca banyak referensi berbahasa Jepang
    Membaca akan membuat mu menemukan lebih banyak kosakata baru dan sudut pandang baru. Secara tidak langsung, kamu dapat semakin mengenal budaya Jepang serta bagaimana padanan kata yang umum digunakan orang-orang Jepang.

    Pengetahuan baru mu yang kamu dapatkan dari membaca akan membentuk pola pikir layaknya orang Jepang, salah satu modal penting untuk menjadi seorang yang fasih menggunakan bahasa ini.

  • Sering mendengar bahasa Jepang dan kemudian melafalkannya
    Tentu kamu tidak mau hanya mampu berbahasa Jepang secara pasif kan? Oleh karena itu, kamu juga harus belajar berbicara bahasanya.

    Untuk melatih kemampuan berbicara mu, kamu dapat mulai dengan mendengarkan terlebih dahulu sekaligus memahami arti kata yang kamu dengar. Setelahnya, coba lafalkan kata-kata tersebut secara benar.

  • Aktif menulis menggunakan bahasa Jepang
    Seiring dengan mempelajari Hiragana dan Katakana, jangan lupa untuk memahami penulisan alfabetnya juga ya. Seperti "Ohayou gozaimasu", "konnichiwa", dll.

Untuk membantu kamu melaksanakan ke-empat poin tersebut, Gubuk Pintar akan merekomendasikan beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang Android yang telah dipilih berdasarkan kualitasnya. Lanjutkan membacanya ya.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Android

Sampai disini, kamu sudah tahu kan poin-poin apa saja yang harus kamu kuasai dalam berproses belajar bahasa Jepang. Sekarang saatnya mengetahui aplikasi-aplikasi yang dapat mengakselerasi proses belajar mu. Yuk disimak.

1. Kana (Hiragana & Katakana)

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Kana (sumber: Google Play)
Aplikasi belajar bahasa Jepang pertama ini, berfokus pada pembelajaran Hirgana dan Katakana. Tidak hanya cara menulisnya, kamu juga dapat mempelajari cara membaca serta contoh penggunaannya melalui aplikas ini.

Meskipun pengembangnya sudah tidak lagi memberikan pembaruan, namun aplikasi ini masih cukup relevan karena telah mencakup seluruh Hiragana dan Katakana yang ada. Jangan khawatir untuk menggunakannya ya.

Kana (Hiragana & Katakana)
Pengembang TenguLogi
Penerbit TenguLogi
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
100.000+
Rating 4.8/5

2. Belajar Bahasa Jepang Kanji

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang Kanji (sumber: Google Play)
Masih seputar topik penulisan huruf Jepang, penggunaan aplikasi ini akan membantu mu untuk mejadi 'master' penulisan kanji.

Ada lebih dari 2500 kanji bersama dengan kiat belajar dan latihan pemahaman yang dapat kamu manfaatkan berbekal satu aplikasi ini.


Belajar Bahasa Jepang Kanji
Pengembang PORO NIHONGO
Penerbit PORO NIHONGO
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
100.000+
Rating 4.8/5

3. Belajar Bahasa Jepang - 6000 Kata Esensial

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang -  3000 Kata Esensial (sumber: Google Play)
Layaknya belajar bahasa baru pada umumnya, kamu tentu butuh mempelajari kosakatanya terlebih dahulu. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 6000 kata yang lazim ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu dapat mempelajari cara penulisan kanji dan alfabetnya serta mendengarkan cara melafalkannya dalam bahasa Jepang. Aplikasi belajar bahasa Jepang satu ini juga menyediakan gambar objeknya sehingga dapat menstimulasi mood mu ketika belajar karena tidak hanya akan melihat huruf saja.

Belajar Bahasa Jepang - 6000 Kata Esensial
Pengembang PORO NIHONGO
Penerbit PORO NIHONGO
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
100.000+
Rating 4.7/5

4. Learn Japanese - 1800 common sentences

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Learn Japanese - 1800 Common Sentences (sumber: Google Play)
Tidak boleh hanya belajar kosakata saja, kamu juga harus memahami penggunaannya dalam bentuk kalimat. Nah, aplikasi ini telah menyediakan lebih dari 1800 kalimat yang aktif digunakan sehari-hari dalam bahasa Jepang.

Tidak hanya cara menulisnya, kamu juga dapat mendengarkan pelafalannya. Ketika kamu merasa sudah mulai memahaminya, kamu dapat mengerjakan latihan yang ada untuk mengukur seberapa jauh perkembangan mu melalui aplikasi satu ini.

Learn Japanese - 1800 common sentences
Pengembang PORO NIHONGO
Penerbit PORO NIHONGO
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
50.000+
Rating 4.8/5

5. Belajar Bahasa Jepang - Mendengarkan Dan Berbicara

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang - Mendengarkan dan Berbicara (sumber: Google Play)
Setelah sebelumnya memaparkan aplikasi untuk membantu mempebanyak kosakata, sekarang saatnya mempertajam kemampuan berbicara bahasa Jepang mu.

Untuk itu, kamu dapat menggunakan aplikasi ini karena ada berbagai berita dan cerita yang dapat kamu dengarkan lalu lafalkan sehingga kemampuan berbicara mu akan semakin handal. Selain itu, terdapat pula latihan simulasi diskusi agar kamu terbiasa berdiskusi dengan pola bahasa Jepang.

Belajar Bahasa Jepang - Mendengarkan Dan Berbicara
Pengembang PORO NIHONGO
Penerbit PORO NIHONGO
Status Pengembang
Aktif
Jumlah Unduhan
500.000+
Rating 4.8/5

6. Japanese Grammar

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
Japanese Grammar (sumber: Google Play)
Tidak hanya bahasa Inggris saja, bahasa Jepang pun memiliki tata bahasanya sendiri. Ini juga merupakan bagian penting dalam belajar bahasa Jepang. Jangan sampai kamu menjadi malu sendiri karena menyapaikan kalimat dengan pola yang salah karena artinya bisa saja menjadi berbeda.

Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini memiliki lebih dari 700 bentuk grammar bahasa Jepang dari level pemula hingga tingkat lanjut.

Japanese Grammar
Pengembang PORO NIHONGO
Penerbit PORO NIHONGO
Status Pengembang
Aktif
Jumlah Unduhan
100.000+
Rating 4.6/5

7. JLPT Test

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang
JLPT Test (sumber: Google Play)
Salah satu sertifikasi kemampuan berbahasa Jepang yang begitu banyak di incar oleh orang tentu saja Japanese Language Proficiency Test (JPLT). Sertifikat ini dikembangkan sendiri oleh Jepang dan menjadi standar kompetensi kemampuan berbahasa Jepang di seluruh dunia.

Berkat alasan tersebutlah mengapa skor dari JLPT ini sangat penting. Sebelum mengambil tesnya, sebaiknya kamu coba melakukan simulasinya terlebih dahulu dengan aplikasi yang satu ini. Harapannya kamu sudah memiliki gambaran tentang soal tes nantinya sehingga sudah lebih siap.

JLPT Test
Pengembang Learn4Smart
Penerbit Learn4Smart
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
100.000+
Rating 4.7/5

Penutup

Itulah daftar aplikasi yang harapannya dapat membantu menguasai bahasa Jepang. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah Gubuk Pintar seleksi sebelumnya agar daftar ini hanya menghadirkan yang terbaik saja.

Sebelumnya, Gubuk Pintar juga pernah menulis artikel serupa untuk bahasa Korea. Bila kamu tertarik mempelajari bahasa Korea melalui Android juga, silahkan baca artikel Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik di Android.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Android Terbaik, silahkan tulis di kolom komentar ya. Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"