-->
Cara Membuat Linktree Dan Menggunakannya Secara Tepat
Cara Membuat Linktree Dan Menggunakannya Secara Tepat

Cara Membuat Linktree Dan Menggunakannya Secara Tepat

Belum tahu cara membuat Linktree? Jangan sampai ketinggalan! Simak cara membuat Linktree dengan mudah serta tips menggunakannya dalam artikel ini.

Cara Membuat Linktree
Cara membuat Linktree menjadi sebuah topik panas bagi para social media marketer karena manfaatnya yang dapat memudahkan kontak dengan konsumen.

Nah, bila kamu merasa Linktree terbatas untuk orang-orang tertentu saja, kamu salah besar. Fitur ini terbuka untuk siapapun yang ingin menggunakannya. Jadi, bila kamu hanya sebatas ingin coba-coba saja pun tetap bisa dan diizinkan kok.

Bila kamu tertarik mencobanya tetapi belum mengengetahui cara membuatnya, kamu dapat menemukan caranya dalam artikel ini. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menemukan tips efektif menggunakannya loh.

Cara Membuat Linktree


Apa itu Linktree?

Linktree merupakan sebuah alat gratis yang berfungsi memudahkan manajemen seluruh tautan yang kamu miliki. Ini terbukti sangat membantu untuk seorang blogger, artis atau kamu yang sedang menjalankan sebuah bisnis berbasis online.

Linktree akan memberikan mu sebuah tautan yang menyimpan tautan-tautan lainnya sehingga akan mempermudah audiens mu untuk mengaksesnya.

Contoh bila kamu ada seorang influencer dan aktif dibeberapa platform seperti Youtube, Instagram, Twitter dan Blog.

Bagaimana cara mu agar dapat memberi tahu audiens mu seluruh alamat platform tersebut secara mudah dan menarik? Sulit!

Atas dasar inilah Linktree muncul untuk membantu mu. Misalnya saja kamu merasa Instagram menjadi platform utama yang memiliki paling banyak daya tarik. Kamu dapat meletakkan tautan Linktree di bio profil mu dengan menambahkan sedikit caption penjelas atas isinya.

Ini tentu jauh lebih mudah dan menarik bagi audiens mu ketimbang kamu meletakkan seluruh tautan aktif disana.

Sekarang kamu sudah pahamkan? Baiklah, mari kita lanjut ke cara membuat Linktree.

Cara membuat Linktree dengan mudah

Untuk membuat Linktree, silahkan mulai dengan membuat akunnya terlebih dahulu. Simak langkah-langkahnya berikut ini,
  1. Buka tautan Pendaftaran Linktree
  2. Masukkan data sesuai permintaan. Sedikit tips, buatlah username yang mudah dihafal dan sesingkat-singkatnya. Disamakan dengan nama akun mu atau brand mu akan lebih baik. Selain itu, pastikan kamu membuat password yang baik, berikut tips membuat password yang baik agar terhindar dari hacker.
  3. Masukkan nama dan 3 hal yang paling mendeskripsikan akun mu
  4. Akan muncul pilihan plan yang tersedia, untuk saat ini ada Free dan Pro. Keduanya memiliki fitur yang berbeda. Bila kamu ingin yang gratis saja, maka pilih Free dengan klik Continue with free.
    Cara Membuat Linktree
  5. Selanjutnya, akan muncul notifikasi bahwa kamu telah berhasil terdaftar. Kamu akan diminta untuk verfikasi akun melalui email tetapi kamu dapat melakukannya nanti dengan klik tombol 'X' dipojok kanan atas. Untuk proses verfikasinya sendiri, akan dijelaskan dibawah.
Setelah akun mu terdaftar, silahkan verfikasi akun mu dengan cara sebagai berikut.
  1. Cek kotak masuk email yang kamu gunakan untuk mendaftar
  2. Pilih email yang berasal dari Linktree dan klik Verify Email
    Cara Membuat Linktree
  3. Bila berhasil, akan muncul gambar sebagai berikut.
    Cara Membuat Linktree

Jika proses verifikasi mu gagal karena alasan sudah expired, silahkan minta proses verifikasi baru dengan menekan tombol Resend Verification Email di halaman admin.

Sampai pada tahap ini, akun mu sudah resmi dapat digunakan. Sekarang mari kita membuat halaman Linktree nya. Simak langkah-langkah berikut ini,
  1. Pada panel admin, klik Add New Link
    Cara Membuat Linktree
  2. Masukkan nama halaman dan alamat tautannya. Bila mengandung error, tombol aktif akan berwarna merah dan muncul tanda 'X' seperti gambar berikut ini.
    Cara Membuat Linktree

  3. Bila berhasil, maka tombol aktif akan berwarna hijau dan hasilnya akan muncul di panel preview
    Cara Membuat Linktree
  4. Kamu dapat mengulangi langkah 1-3 untuk membuat tombol tautan lainnya.
  5. Selanjutnya, kostumasi tampilan halaman Linktree mu melalui tab Appearance.
  6. Cek tautan Linktree mu untuk melihat hasil sesungguhnya. Bila sudah muncul contohnya seperti Linktree Gubuk Pintar, sekarang saatnya memasang Linktree mu ke lokasi yang kamu inginkan. 

Cara efektif menggunakan Linktree

Ada beberapa hal yang perlu perhatikan agar penggunaan Linktree menjadi efektif, yaitu:

1. Caption penjelas

Pstikan kamu menggunakan caption penjelas yang mampu memberikan informasi kepada audiens mu tentang isi dari tautan Linktree mu. Umumnya, orang akan mengabaikan tautan apapun yang muncul di layar smartphonenya karena merasa ter-distract ketika sedang melihat halaman mu.

Namun dengan memberikan informasi kepada mereka tentang isinya, tentu akan membuat mereka penasaran dan akhirnya tertarik untuk mencari tahu isi dari Linktree mu. Contoh dari penggunaan caption penjelas adalah seperti gambar berikut ini.
Cara Membuat Linktree

2. Lokasi peletakkan

Pastikan kamu meletakkan alamat tautan Linktree di lokasi yang eye catching seperti Bio profil sosial media atau di ruang chat yang clickable.

Hindari peletakkan tautan Linktree di dalam gambar  atau tulisan non hyperlink serta lokasi lainya yang tidak memungkinkan untuk membuatnya direct link yang dapat langsung di klik. Orang akan malas untuk membuka browser dan mengetikkan satu per satu alamat Linktree mu.

3. Konten

Jangan clickbait ya! Kamu harus membuatnya relevan dengan caption penjelasnya. Ini akan berdampak pada impresi orang. Bisa saja mereka yang merasa tertipu, akan mempromosikan akun mu secara negatif ke orang lain.

Ini tentunya akan berdampak pada citra positif akun mu ke depannya. Selain itu, pastikan tautan-tautan yang ada bermanfaat karena hasilnya akan kebalikan dari clickbait. Mayoritas orang tentu senang ketika disuguhkan konten bermanfaat dan cenderung akan menyebarkannya.

Penutup
Itulah cara membuat Linktree dan menggunakannya secara tepat. Namun keberhasilannya tentu saja bergantung pada bagaimana cara mu menarik minat audiens.

Bila kamu juga ingin tahu salah satu tips menarik minat audiens, Gubuk Pintar pernah menulis tentang waktu yang tepat untuk mempromosikan konten mu di media sosial. Silahkan simak dalam artikel Waktu Yang Tepat Mempromosikan Konten Di Media Sosial Agar Mendapatkan Banyak View.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Membuat Linktree Dan Menggunakannya Secara Tepat, silahkan tulis dikolom komentar ya. Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"