√ Kombinasi Elemen Genshin Impact Dan Setiap Efeknya - Gubuk Pintar
Kombinasi Elemen Genshin Impact Dan Setiap Efeknya
Kombinasi Elemen Genshin Impact Dan Setiap Efeknya

Kombinasi Elemen Genshin Impact Dan Setiap Efeknya

Elemen Genshin Impact memiliki efek yang berbeda setiap jenisnya. Yuk temukan efek dari setiap elemen Genshin Impact dalam artikel berikut ini!

elemen genshin impact
Elemen Genshin Impact dapat memberikan banyak manfaat apabila kamu mengetahui bagaimana kombinasi yang tepat untuk mengeluarkan efeknya.

Inilah sisi menarik dari Genshin Impact yang mana kamu sebagai pemain harus memahami setiap detail dari gamenya agar memperoleh kemampuan karakter yang optimal.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar akan memberitahu kamu tentang jenis-jenis elemen Genshin Impact serta bagaimana efek dari setiap jenisnya agar karakter mu dapat bertarung dengan lebih optimal.

Sebelumnya, Gubuk Pintar pernah membuat panduan cara mengubah bahasa Genshin Impact menjadi bahasa Indonesia sehingga meningkatkan kenyamanan bermain mu. Apabila kamu belum tahu caranya, coba baca artikel Cara Mengganti Bahasa Indonesia di Genshin Impact.

Sekarang, mari kita mengenal lebih dalam jenis elemen Genshin Impact dan efeknya.

Elemen Genshin Impact

Jenis Elemen Genshin Impact

Terdapat setidaknya 7 jenis elemen berbeda yang dapat kamu temukan dalam game Genshin Impact. Setiap elemennya mampu menciptakan efek yang berbeda-beda, dimana kamu dapat mendapatkan keuntungan apabila menggunakannya dengan tepat.

Jenis elemen yang ada antara lain,

  • Anemo (Elemen Angin), contoh karakter yang berbasis elemen Anemo yaitu Jean, Venti dan Sucrose.
  • Geo (Elemen Tanah), contoh karakter yang berbasis elemen Geo yaitu Ningguang, Noelle dan Traveller (karakter utama).
  • Electro (Elemen Listrik), contoh karakter yang berbasis elemen Electro yaitu Lisa, Razor dan Keqing.
  • Dendro (Elemen Alam), hingga saat ini belum ada karakter yang berbasis elemen Dendro.
  • Hydro (Elemen Air), contoh karakter yang berbasis elemen Hydro yaitu Barbara, Mona dan Xingqiu.
  • Pyro (Elemen Api), contoh karakter yang berbasis elemen Pyro yaitu Klee, Xiangling dan Diluc.
  • Cryo (Elemen Es), contoh karakter yang berbasis elemen Cryo yaitu Chongyun, Keaya dan Qiqi.

Apabila kamu menggunakan serangan dengan elemen yang sama dengan yang dimiliki monster atau berkombinasi yang tidak tepat maka terdapat kemungkinan bahwa monster tersebut dapat menjadi kebal dan tidak mendapatkan kerusakan akibat serangan mu.

Sebagai contohnya, ketika kamu berhadapan dengan Slime Biru. Monster jenis ini secara umum terbentuk dari elemen Cryo (es) yang kebal terhadap serangan elemen Hydro (air).

Namun ketika kamu menyerangnya menggunakan elemen Pyro (api) maka akan menimbulkan efek "Melt" sehingga damage serangan mu terhadapnya akan meningkat akibat efek tersebut merusak defence mereka.

Efek kebal juga berpotensi terjadi ketika kamu menyerang Slime Biru dengan menggunakan elemen Cryo (berjenis elemen yang sama dengan monster).

Tidak hanya berdampak pada damage terhadap monster, kamu juga dapat terkena dampaknya. Contohnya ketika kamu sedang berperang di air yang akan menyebabkan karakter mu berstatus "Wet"

Apabila dalam kondisi ini kamu menggunakan serangan elemen Electro, maka ini dapat memicu terjadinya efek Electro-Charge yang tidak hanya berdampak ke monster tetapi juga karakter mu sendiri.

Itulah alasan mengapa perpaduan elemen sangat penting untuk kamu pahami. Pada bagian artikel selanjutnya, kita akan bahas bagaimana reaksi antara elemen menghasilkan suatu efek tertentu.


Reaksi Elemen Genshin Impact (Elemental Reaction)

Sebelumnya kamu sudah melihat contoh dari pemilihan perpaduan elemen yang tepat dapat menciptakan efek yang akan sangat membantu mu ketika bertarung tetapi kesalahan dalam memilih elemen maka berdampak sebaliknya.

Berikut ini beberapa kombinasi elemen Genshin Impact beserta efeknya,

  • Swirl (Anemo + Cyro/Electro/Hydro/Pyro)
    Efek: Menyebabkan damage elemen yang besar terhadap musuh.

    Berkat adanya efek ini, Anemo menjadi salah satu elemen yang sangat praktis untuk digunakan karena dapat dikombinasikan dengan banyak elemen. Oleh karena itu, karakter Anemo sangat cocok untuk menjadi tipe support karena kamu dapat memanfaatkan kemampuan elementalnya.

  • Crystallize (Geo + Cyro/Electro/Hydro/Pyro)
    Efek: Menciptakan kristal yang berguna sebagai perisai ketika diambil.

    Efek ini bagus untuk digunakan ketika kamu memiliki karakter yang atribut defense nya tidak begitu baik tetapi dapat menghasilkan damage yang signifikan. Efeknya pun dapat diaktifkan dengan mudah karena elemen Geo dapat dikombinasikan dengan banyak elemen lainnya.

  • Burning (Dendro + Pyro)
    Efek: Membuat target terbakar dan mendapatkan damage per detik dalam jangka waktu dan besar damage tertentu.

    Efek ini sangat bermanfaat tidak hanya ketika menyerang monster tetapi juga saat kamu berpetualang. Kamu dapat membakar kayu ataupun rumput dengan menggunakan efek Burning.

  • Overloaded (Electro + Pyro)
    Efek: Menyebabkan serangan elemen api secara area

    Efek Overloaded dapat menyebabkan musuh yang berukuran kecil terbang ke udara. Ledakan yang terjadi juga dapat menghasilkan damage berelemen api ke objek di sekitarnya bahkan karakter mu.

  • Superconduct (Cyro + Electro)
    Efek: Menyebabkan serangan elemen es secara area dan menurunkan ketahanan fisik target sebanyak 50%.

    Efek Superconduct dapat menyebar ke objek yang berada disekitarnya termasuk karakter mu.

  • Electro-Charge (Electro + Hydro)
    Efek: Membuat target tersengat arus listrik dan mendapatkan damage per detik dalam jangka waktu 0,5 detik selama total 1 detik dengan besar damage tertentu.

    Efek Electro-charged akan terus-menerus membuat musuh kesulitan menyerang dan bergerak. Ini juga dapat terjadi pada karakter mu, jadi jangan berdiri di atas air saat menghadapi musuh berelemen Electro. Efek ini juga dapat menyambar ke objek disekitarnya.

  • Vaporize (Hydro + Pyro)
    Efek: Menghilangkan efek dari kedua elemen tersebut. Meningkatkan damage sebesar 2x ketika reaksi dipicu oleh elemen Hydro dan 1,5x ketika reaksi dipicu oleh Pyro.

    Vaporize berguna untuk menghilangkan elemen Pyro dari musuh untuk sementara waktu serta dapat menyebabkan damage tambahan pada musuh berelemen Hydro. Efek ini juga dapat menghilangkan efek Burning, maka mencari sumber air dibutuhkan ketika kamu sedang mengalaminya.

  • Melt (Cyro + Pyro)
    Efek: Menghilangkan efek dari kedua elemen tersebut. Meningkatkan damage sebesar 2x ketika reaksi dipicu oleh elemen Pyro dan 1,5x ketika reaksi dipicu oleh Cryo.

    Efek Melt akan menghapus status Frozen dari musuh atau pemain maka dari itu jangan gunakan elemen Pyro ketika musuh mu sedang membeku atau dia akan dapat bergerak kembali.

  • Frozen (Cyro + Hydro)
    Efek: Membekukan target sehingga tidak dapat menyerang dan bergerak.

    Ketika dalam kondisi beku, musuh akan cukup rentan terhadap setiap serangan. Tidak ada batasan jumlah Frozen yang terjadi sehingga kamu bisa saja membekukan musuh berulang kali dalam satu pertarungan.

    Sebaiknya jangan gunakan elemen Pyro ketika musuh sedang beku atau dia akan dapat bergerak kembali.

Selain itu efek-efek diatas, terdapat pula beberapa status elemental yang dapat tersemat ke karakter mu tanpa reaksi elemental yaitu,

  • Engulfing Storm (Electro), mengurangi energi elemental burst karakter
  • Slowing Water (Hydro), meningkatkan cooldown setiap kemampuan elemental
  • Smoldering Flames (Pyro), menghasilkan damage per detik terhadap karakter dalam jangka waktu dan besar damage tertentu
  • Condensed Ice (Cryo), meningkatkan konsumsi stamina ketika menyerang, berlari, memanjat atau gliding.

 

Tidak hanya karakter mu, musuh pun dapat mengalami hal yang sama. Tanpa reaksi elemental, musuh dapat memperoleh beberapa status yaitu,

  • Geo, Melemahkan serangan elemen musuh dan menciptakan kristal yang berguna sebagai perisai ketika diambil (efek Crystallize).
  • Electro, Musuh yang tersengat listrik akan menerima damage dan dapat menyambar musuh disekitarnya.
  • Hydro, Memberikan status “basah” yang dapat kamu manfaatkan untuk membuatnya beku dengan elemental es.
  • Pyro, Membuat musuh terbakar dan menerika damage per detik dengan jangka waktu dan besar damage tertentu.
  • Cryo, Mengurangi kecepatan musuh.

Resonansi Antar Elemen Genshin Impact (Elemental Resonance

Bila kamu berpikir bahwa elemen hanya menimbulkan efek ketika kamu menyerang monster saja maka kamu salah karena perpaduan basis elemen dari masing-masing karakter yang ada dalam party mu juga dapat memberikan tambahan bonus pada kemampuan setiap karakter mu.

Tabel berikut ini akan menjelaskan bagaimana efek yang diperoleh ketika kamu memiliki pasangan karakter yang berelemen sesuai dengan persyaratan.

Resonansi Elemen Efek
Enduring Rock elemen genshin impact Geoelemen genshin impact Geo
Meningkatkan ketahanan terhadap serangan musuh. Saat dilindungi oleh perisai, meningkatkan serangan sebesar 15%.
Fervent Flames elemen genshin impact Pyroelemen genshin impact Pyro Menghilangkan efek yang timbul akibat elemen Cryo selama 40% lebih cepat. Meningkatkan serangan sebanyak 25%.
Soothing Waters elemen genshin impact Hydroelemen genshin impact Hydro Menghilangkan efek yang timbul akibat elemen Pyro selama 40% lebih cepat. Meningkatkan kemampuan penyembuhan sebanyak 30%.
Impetuous Winds elemen genshin impact Anemoelemen genshin impact Anemo
Mengurangi Konsumsi Stamina sebesar 15%. Meningkatkan kecepatan gerak sebanyak 10%. Mempersingkat cooldown skill sebesar 5% lebih cepat.
High Voltage elemen genshin impact Electroelemen genshin impact Electro
Menghilangkan efek yang timbul akibat elemen Hydro selama 40% lebih cepat. Superconduct, Overloaded, dan Electro-Charged memiliki peluang 100% untuk menghasilkan serangan Partikel Elemen Elektro (cooldown 5 detik).
Shattering Ice elemen genshin impact Cryoelemen genshin impact Cryo Menghilangkan efek yang timbul akibat elemen Electro selama 40% lebih cepat. Meningkatkan critical rate serangan sebanyak 15% ketika musuh dalam kondisi beku atau terkena efek Cryo.
Protective Canopy 4 Elemen Berbeda
Meningkatkan kemampuan serangan elemental seluruh tipe elemen sebanyak 15%.

 

Penutup

Itulah jenis-jenis element yang ada dalam game Genshin Impact. Sekarang, kamu sudah pahamkan bagaimana kombinasi yang tepat dari setiap elemen yang ada maka kamu dapat melanjutkan permainan mu dan memilih party dengan karakter yang tepat.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Kombinasi Elemen Genshin Impact Dan Setiap Efeknya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar