-->
Panduan Cara Menghapus Akun Telegram Dengan Mudah
Panduan Cara Menghapus Akun Telegram Dengan Mudah

Panduan Cara Menghapus Akun Telegram Dengan Mudah

Kesulitan hapus akun Telegram? Temukan cara menghapus akun Telegram dengan mudah dalam artikel berikut ini!

cara menghapus akun telegram
Kesulitan pada saat membutuhkan itu jelas tidak enak. Bila kamu belum tahu cara menghapus akun Telegram padahal di saat ini kamu ingin melakukannya, tenang saja karena Gubuk Pintar menyediakan artikel ini khusus untuk kamu.

Panduan ini akan berisikan cara hapus akun Telegram melalui perangkat desktop dan Android sehingga kamu dapat memilih langkah yang paling nyaman untuk mu. Prosesnya pun sebenarnya cukup mudah dan pastinya kamu akan berhasil melakukannya.

Sebelumnya, Gubuk Pintar juga pernah membuat artikel sejarah dari Telegram itu sendiri. Apabila kamu tertarik mengetahuinya, kamu dapat membacanya dalam artikel Sejarah Penemuan Aplikasi Telegram.

Baiklah, mari kita masuk ke bagian inti artikel kali ini.

Cara Menghapus Akun Telegram

Ada 2 cara yang memungkinkan kamu menghapus akun Telegram mu secara langsung untuk saat ini. Simak caranya berikut ini ya.

Cara Hapus Akun Telegram Permanen

Apabila kamu ingin menghapus akun Telegram mu secara permanen, terdapat 2 cara yang dapat kamu pilih yaitu secara otomatis dan manual. Keduanya dibedakan dari segi seberapa lama proses penghapusan akunnya.

Menggunakan cara otomatis membutuhkan proses yang lebih lama sedangkan cara manual dapat menghapus akun secara instan sesaat setelah kamu menghapusnya. Lebih lengkapnya akan dibahas pada bagian berikutnya.

Setiap cara berikut ini dapat kamu lakukan baik menggunakan desktop maupun Android ya meskipun ilustrasinya diambil menggunakan desktop. Secara keseluruhan langkahnya sama saja.

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen Secara Otomatis

Menghapus akun Telegram permanen secara otomatis dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur account self-destruction dari Telegram. Tujuan dari fitur ini adalah untuk menghapus akun Telegram secara permanen apabila tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.

Perlu kamu ketahui bahwa Telegram memiliki kebijakan yang mana fitur ini memang tidak dapat dinonaktifkan. Satu-satunya hal yang dapat kamu atur dari fitur ini adalah hanya jangka waktunya saja sebelum akun mu dihapus apabila tidak aktif.

Ikuti langkah berikut ini untuk mengatur jangka waktu penghapusan akun Telegram dengan fitur account self-destruction,

  • Buka aplikasi Telegram mu dengan akun yang ingin dihapus
  • Klik Settings
    cara menghapus akun telegram

  • Pilih Privacy and Security
    cara menghapus akun telegram

  • Cari pilihan Delete my account
    cara menghapus akun telegram

  • Ganti jangka waktunya sesuai dengan keinginan mu, pilihan yang ada yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun dan klik Save.
    cara menghapus akun telegram

  • Setelah itu, logout akun tersebut selama jangka waktu yang kamu pilih maka secara otomatis akun tersebut akan dihapus. 


Cara Menghapus Akun Telegram Permanen Secara Manual

Menggunakan cara ini akan menghapus akun Telegram mu secara instan, Gubuk Pintar menyebutnya 'manual' karena hal tersebut. Kamu dapat mengikuti langkah berikut ini untuk melakukannya,

  • Login ke Telegram dengan akun yang ingin kamu hapus
  • Buka Halaman Menghapus Akun Telegram
  • Masukkan nomor telepon dari akun yang ingin kamu hapus (Gunakan format internasional dengan awalan +62 untuk nomor Indonesia) dan klik Next. Telegram akan mengirimkan kode verifikasi ke ruang chat akun Telegram mu.
    cara menghapus akun telegram

  • Masukkan kode verifikasi dan klik Sign In
  • Masukkan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Telegram mu pada kolom "Why are you leaving?" dan klik Delete my account
    cara menghapus akun telegram

  • Saat pesan konfirmasi muncul, klik Yes, delete my account
  • Selanjutnya akun mu akan langsung terhapus

 

Cara Menonaktifkan Telegram Sementara

Sayangnya hingga saat ini belum ada cara yang dapat digunakan untuk menonaktifkan akun Telegram untuk sementara waktu secara langsung.

Mudahnya apabila kamu ingin menonaktifkan Telegram saat ini adalah dengan menghapus aplikasinya sehingga notifikasi pesan tidak muncul lagi. 

Namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu harus menghitung seberapa lama kamu tidak aktif menggunakannya karena ini dapat menghapus akun mu secara permanen apabila melebihi tenggat waktu self-destruct yang diatur pada akun mu.

 

Penutup

Seperti itulah cara menghapus akun Telegram, semoga setelah ini kamu sudah berhasil melakukannya ya. Ingat, jangan lupa dibaca dengan teliti ya artikelnya agar tidak terjadi kesalahan dalam prosesnya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Panduan Cara Menghapus Akun Telegram Dengan Mudah, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"