Cara Swipe Up Instagram Story dan Syaratnya - Gubuk Pintar
Cara Swipe Up Instagram Story dan Syaratnya
Cara Swipe Up Instagram Story dan Syaratnya

Cara Swipe Up Instagram Story dan Syaratnya

Mau tahu cara swipe up Instagram story? Yuk temukan caranya dalam artikel ini!

cara swipe up instagram story
Jangan sampai ketinggalan mengetahui cara swipe up Instagram story apabila kamu ingin memanfaatkan Instagram untuk bisnis atau memperkuat status mu sebagai seorang influencer.

Fitur ini dapat sangat membantu mu karena kepraktisannya bagi setiap viewer Instagram story mu untuk mengakses konten yang ingin kamu suguhkan ke mereka.

Setelah sebelumnya Gubuk Pintar berbagi waktu terbaik promosi di Instagram, maka dengan mengkombinasikannya dengan fitur swipe up ini kamu tentu dapat mendapatkan hasil yang jauh lebih optimal.

Untuk mengetahui fungsi fitur ini, syarat dan cara membuatnya , mari simak artikel berikut ini ya.

Daftar Isi
 
 

Apa Fungsi Swipe Up Instagram?

Fitur swipe up merupakan salah satu keistimewaan untuk suatu akun yang telah diizinkan untuk menyisipkan link pada Instagram story nya yang mengarah ke suatu konten tertentu.
 
Keuntungan menggunakannya tentu saja untuk mempermudah promosi suatu konten atau produk karena fitur ini memungkinkan orang yang melihat story mu untuk secara praktis langsung masuk ke alamat konten yang kamu tautkan.

Sejauh ini, terdapat 4 konten yang dapat kamu tautkan ke dalam fitur swipe up antara lain, 
  • Berbagi link. Opsi ini akan mengarahkan orang ke alamat yang kamu tautkan seperti melihat artikel tertentu, membuka toko online eksternal dan lain sebagainya.
  • Melihat produk. Opsi ini akan membawa orang untuk langsung melihat spesifikasi produk dengan lebih detail pada suatu halaman secara langsung melalui Instagram.
  • Melihat Toko. Opsi ini akan membawa orang untuk langsung masuk ke profil Instagram dari toko yang kamu tautkan.
  • Melihat koleksi. Opsi ini akan membawa orang untuk langsung mengarah ke koleksi yang kamu miliki. Namun sebelumnya kamu butuh untuk membuat koleksinya terlebih dahulu sebelum menautkannya.

Syarat Swipe Up di IG

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara swipe up Instagram story merupakan keistimewaan untuk suatu akun yang telah memenuhi persyaratan tertentu.

Hingga saat ini, ada 2 syarat yang diminta Instagram agar akun mu dapat menggunakan fitur swipe up yaitu,
  1. Profil yang digunakan berupa Instagram bisnis
  2. Memiliki minimal 10.000 pengikut

Ada pengecualian untuk kamu yang memiliki akun yang berstatus verified, dimana kamu dapat menggunakan fitur swipe up secara langsung tanpa perlu memenuhi syarat yang telah dijelaskan sebelumnya.

 

Cara Membuat Swipe Up di Instagram

Apabila kamu sudah memenuhi persyaratan untuk membuat swipe up Instagram story, ikuti langkah berikut ini untuk membuatnya ya.
  1. Masuk ke aplikasi Instagram dan pilih foto yang ingin kamu buat sebagai story seperti biasa
  2. Setelah memilih foto, pilih ikon link pada saat kamu sedang mengkostumasi story
    Ikon Link Cara Membuat Swipe Up Instagram Story

  3. Paste link baik berupa link ke luar Instagram ataupun IGTV. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hingga saat ini terdapat 4 jenis konten yang dapat kamu bagikan.
    Cara Swipe Up Instagram Story Memilih Link

  4. Klik Done
  5. Bagikan story mu 
Mudah bukan?
 

Alternatif Cara Swipe Up Di Instagram Tanpa 10k Followers

Terdapat beberapa opsi yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan konten mu melalui sebuah link ketika belum memenuhi syarat yang ditentukan Instagram.
 
Meskipun belum dapat menggunakan fitur swipe up tetapi kamu dapat mencoba beberapa alternatif berikut ini,
  • Meletakkan link di bio Instagram
    Memanfaatkan kolom bio Instagram tentu menjadi alternatif yang baik. Caranya kurang lebih sama, kamu dapat membuat sebuah story dengan tujuan untuk viewer mengakses link yang kamu arahkan ke suatu konten. Namun isi story yang kamu buat mengarahkan viewer untuk klik link yang ada di bio Instagram mu.

    Untuk membuat link di bio Instagram mu menarik, kamu dapat menggunakan pemendek link seperti intip.in, bit.ly dan lainnya. Selain itu, kamu dapat meletakkan beberapa link sekaligus pada satu landing page dengan menggunakan Linktree.

    Baca Juga: Cara Menggunakan Linktree Secara Tepat

  • Memanfaatkan stiker 'DM me' pada Instagram story
    Meskipun tak dapat diakses secara langsung, kamu dapat menawarkan opsi kepada viewer Instagram story mu untuk mengakses link nya via Direct Message (DM). Caranya, buatlah sebuah story yang menunjukkan sebuah konten yang dapat diakses melalui link yang bisa mereka dapatkan ketika memintanya via DM kepada mu.

    Untuk membuat story tersebut menarik, kamu dapat memanfaatkan stiker 'DM me' sehingga lebih eye catching di mata viewer mu.

    Kelebihan menggunakan cara ini adalah selain dapat memberikan link nya, kamu juga dapat membangun relasi dengan viewer mu secara langsung melalui DM.

  • Membuat polling
    Cara lain yang dapat kamu gunakan adalah dengan membuat polling di Instagram story. Kamu dapat memulainya dengan menceritakan sekilas tentang konten yang ingin kamu bagikan melalui link. Setelah itu, gunakan fitur polling untuk menentukan cara mu membagikan link nya ke viewer mu.

    Misalnya,
    "Pilih Yes untuk yang mau link nya dibagikan via DM"
    "Setujukah bila link nya dibagikan di bio Instagram saya dalam waktu terbatas?"
    "Bagaimana bila link nya dibagikan di salah satu post terbaru saya?"


    Tujuan polling ini adalah untuk menarik perhatian viewer mu sehingga mereka menunggu-nunggu. Selain itu, jangan lupa untuk meminta viewer mu untuk me-repost story mu tersebut sehingga menjangkau lebih banyak orang.
 

Penutup

Seperti itulah tips cara swipe up di Instagram story yang dapat langsung kamu praktekkan, semoga ini dapat membantu mu mengembangkan akun Instagram mu ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Swipe Up Instagram Story dan Syaratnya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar