√ Cara Jualan di Facebook dan Tips Suksesnya - Gubuk Pintar
Cara Jualan di Facebook dan Tips Suksesnya
Cara Jualan di Facebook dan Tips Suksesnya

Cara Jualan di Facebook dan Tips Suksesnya

Sudah tahukah kamu cara berjualan di Facebook? Yuk, temukan cara jualan di Facebook dan tips suksesnya dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Jualan di Facebook

Ada beberapa cara jualan di Facebook yang dapat kamu pilih dalam memasarkan produk mu. Ini sangat berkorelasi dengan seberapa besar brand mu dan berapa banyak waktu yang siap kamu luangkan.

Facebook sudah cukup dikenal luas sebagai media sosial dengan pengguna aktif terbanyak di dunia setidaknya hingga saat ini. Oleh karena itu, jelas saja Facebook menjadi 'primadona' untuk mencari pendapatan dari hasil jualan produk.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar akan berbagi tips cara berjualan di Facebook agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Yuk, dibaca bagian selanjutnya!

Daftar Isi




Pilihan Cara Jualan di Facebook

Kamu harus tahu bahwa Facebook merupakan media sosial yang cukup fleksibel untuk digunakan berjualan online. Kamu bisa memilih salah satu metode berikut atau bahkan melakukan kombinasi antara satu dan lainnya untuk meningkatkan penjualan produk mu.

Menggunakan Akun Personal

Ini cara yang paling konvensional dan termasuk efisien untuk menjaring pelanggan meskipun membutuhkan usaha lebih.

Seperti ini gambaran kerjaan mu jika menggunakan cara berjualan di Facebook yang satu ini:

  • Membuat akun Facebook dan mengisi seluruh bagian profil dan foto dengan informasi yang jelas dan nyata sehingga meyakinkan di mata calon pembeli
  • Berteman dengan orang-orang yang memiliki minat terhadap produk mu
  • Bergabung dengan grup yang membahas hal-hal seputar produk mu
  • Membuat postingan secara berkala tentang produk yang kamu jual serta mencantumkan metode order terhadap produk mu secara jelas
  • Membagikan postingan mu ke grup-grup mu

Kelebihan menggunakan cara ini yaitu kamu bisa menjangkau orang-orang yang 'ter-target' dan bisa mulai menjual produk sejak hari pertama kamu melakukan promosi.

Disisi lain, lapak jualan mu akan terlihat kurang profesional karena berupa akun personal. Pengunjung pun akan lebih sulit untuk melakukan order terhadap produk mu karena harus dilakukan via chat personal saja sehingga harus menunggu kamu untuk aktif dahulu.

Hal paling penting untuk meraih kesuksesan menggunakan cara ini, yaitu:

  • Profil akun meyakinkan
  • Metode pembayaran jelas dan fleksibel. Kesediaan mu menggunakan jasa rekening bersama akan sangat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan karena merasa transaksi dapat berlangsung lebih aman
  • Kemampuan menjadi anggota grup yang friendly dan populer
  • Kemampuan melakukan soft selling atau promosi secara halus kepada calon pembeli baik melalui postingan di grup ataupun status pribadi

Menggunakan Halaman Facebook

Cara berjualan di Facebook lainnya yang dapat kamu coba yaitu dengan menggunakan halaman Facebook. 

Gambaran berjualan dengan metode ini yaitu:

  • Membuat halaman Facebook baru
  • Isi informasi akun bisnis mu secara jelas dan meyakinkan
  • Membuat tombol-tombol fungsional seperti tombol order, chat, WhatsApp, dll. yang bisa membantu pengunjung untuk melakukannya dengan mudah
  • Membuat postingan yang dapat menarik minat pengunjung untuk mengikuti halaman mu sehingga bisa terus mengikuti perkembangan postingan jualan mu

Kelebihan menggunakan halaman Facebook untuk bisnis yaitu lapak mu terlihat lebih profesional di mata pengunjung karena isinya fokus di seputaran bisnis mu. Kamu juga bisa memiliki fitur-fitur yang memudahkan pengunjung untuk berinteraksi dengan mu dan membeli produk mu.

Ada pun kekurangannya yaitu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membangun sebuah halaman Facebook, kecuali brand mu sudah cukup dikenal. Halaman Facebook membutuhkan banyak pengikut organik sehingga bisa mendapatkan konversi penjualan dan terus berkembang.

Perhatikan poin-poin berikut ini ya untuk membantu mendongkrak halaman Facebook mu,

  • Buatlah profil halaman selengkap mungkin, terutama dibagian kontak nya sehingga terlihat meyakinkan dan mudah untuk dihubungi
  • Rencanakan penjadwalan postingan yang proporsional antara promosi jualan dan konten kreatif seputar produk mu. Promosi jualan digunakan untuk memberi tahu stok produk mu sedangkan konten kreatif digunakan untuk meningkatkan pengikut halaman
  • Balas chat yang masuk secepat mungkin. Atur jawaban otomatis apabila chat masuk diluar jam kerja sehingga pengunjung yang belum mengetahui jam kerja toko mu bisa paham
  • Setiap transaksi berhasil, jangan lupa untuk meminta feedback dari konsumen untuk halaman Facebook mu serta memintanya untuk membagikan halaman mu ke beranda nya

Menggunakan Marketplace Facebook

Marketplace Facebook juga menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu coba. Secara khusus fitur ini ya memang untuk jualan di Facebook.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk berjualan di Marketplace Facebook yaitu:

  • Memiliki foto produk
  • Membuat deskripsi produk yang akan dijual
  • Membuat postingan jualan di marketplace Facebook
  • Mempromosikan postingan jualan

Hal yang menjadi kelebihan dari cara jualan di Facebook yang satu ini yaitu kamu bisa berjualan secara langsung tanpa harus memikirkan berapa banyak teman atau pengikut. Jadi, cara ini bisa kamu gunakan kapanpun bahkan ketika kamu baru saja membuat akun Facebook.

Kekurangan dari menggunakan marketplace Facebook yaitu produk mu hanya dapat dilihat oleh orang-orang dalam radius yang terdekat dengan lokasi mu saja. Jadi apabila ingin jualan mu terlihat diberbagai lokasi, kamu harus membuat beberapa postingan lainnya dengan lokasi berbeda.

Beberapa saran yang berguna untuk meningkatkan keberhasilan menggunakan marketplace Facebook yaitu:

  • Gambar dengan kualitas terbaik
  • Bersedia untuk Cash on Delivery (COD)
  • Fast response terhadap pesan yang masuk
  • Memberikan bonus pada setiap transaksi yang berhasil
  • Meminta rating dan feedback dari konsumen untuk setiap transaksi berhasil

Cara Posting Jualan di Facebook Yang Ampuh Menarik Pembeli

Tidak semua orang berhasil memasarkan produknya di Facebook. Faktor terbesar yang mempengaruhi kegagalan sebagian besar orang adalah mereka tidak paham bagaimana cara membuat postingan jualan yang baik. 

Berikut ini tips dari Gubuk Pintar untuk membuat postingan jualan:

  • Sertakan Gambar di Setiap Postingan

    Membuat postingan yang mencantukan foto terbukti mampu meningkatkan 20 kali lipat interaksi dengan pengguna lainnya. Ini disebabkan karena foto di nilai lebih mudah untuk pahami ketimbang teks.

    Meskipun begitu, foto juga bisa menjadi 'bumerang' apabila kualitasnya tidak cukup baik. Kualitas foto yang buruk dapat menghilangkan mood pengguna untuk mencerna informasinya.

    Oleh karena itu, kamu wajib menyertakan foto berkualitas tinggi di setiap postingan jualan mu. Kamu bisa menggunakan bantuan situs sepeti Canva untuk membuatnya.
     
  • Tuliskan Caption Yang 'Provokatif'

    Provokatif yang dimaksud bukan memaksa orang untuk membuat kerusuhan ya tetapi memainkan emosi mereka dan mengarahkannya untuk mengambil keputusan yang kamu inginkan, seperti membeli produk atau membagikan postingan.

    Ada satu metode yang cukup dikenal untuk membuat tulisan semacam ini, yaitu metode AIDA. Metode ini memulai tulisan dengan kalimat yang menarik perhatian pengguna dan kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang menarik minatnya.

    Setelah itu, tulisan mu harus mampu menciptakan keinginan pengguna terhadap produk mu. Misalkan dengan menunjukkan kelebihan produk dan bagaimana produk mu menjawab kebutuhan mereka.

    Penutupan dari metode ini adalah dengan mengajak pengguna untuk melakukan aksi, contohnya adalah membeli produk mu.

    Sebagai contoh,

    "Kegagalan mengetahui berbagai manfaat dari teknologi informasi, bisa membuat mu gagal mendapatkan peluang untuk mengembangkan diri dan memperoleh pendapatan lebih!"

    "Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Gubuk Pintar, 65% orang yang mulai mempelajari bidang teknologi informasi berhasil meningkatkan pendapatannya hingga 2x lipat dengan melakukan pekerjaan sampingan secara remote."

    "Salah satu sumber informasi terbaik yang untuk belajar topik teknologi informasi adalah GUBUKPINTAR.COM. Situs ini membagikan solusi dan informasi seputar Android, Blog, Media Sosial, Komputer dan Internet yang bahkan telah menjadi rujukan Wikipedia."

    "Kalau kamu tertarik membuka cakrawala pengetahuan mu tentang teknologi informasi, yuk kunjungi GUBUKPINTAR.COM. Ada banyak tips seputar bisnis online dan kerja remote yang dibagikan secara gratis dan tentunya bermanfaat untuk menambah pendapatan mu!".

  • Jelaskan Cara Melakukan Aksi

    Apa yang kamu harapkan dari orang yang membaca postingan mu?

    Ini harus kamu definisikan dan tulis secara jelas sehingga pembaca dengan mudah mengerti. Kalau kamu menginginkan mereka untuk membeli produk, maka tuliskan hal tersebut dan bagaimana cara melakukannya.

    Jangan sampai kamu menyatakan "ayo beli produk kami" tetapi tidak menyertakan mekanisme membeli produknya. Ini akan menimbulkan kebingungan bagi calon konsumen mu.

    Selain itu, pastikan mekanisme aksinya pun mudah dan tidak berbelit-belit ya karena dapat menyebabkan calon konsumen mu kesulitan dan akhirnya pergi tanpa membeli.

  • Sebarkan Postingan ke Grup Yang Relevan

    Kalau sudah diposting ya jangan di tinggal begitu saja. Optimalkan penyebaran postingan mu tersebut ke grup-grup yang potensial menghadirkan konsumen. Selain untuk meningkatkan potensi penjualan, ini juga berguna untuk membangung reputasi brand mu.

Tidak ada cara jualan di Facebook yang lebih penting dibandingkan mengoptimalkan cara mu membuat postingan untuk jualan. Jadi, pastikan kamu terus belajar untuk melakukannya ya agar bisnis mu semakin berkembang.

Baca Juga: Cara Melihat Orang Yang Melihat FB Kita

Tips Sukses Berjualan Online di Facebook

Setelah tahu cara jualan di Facebook, berikut ini ada beberapa cara jualan online laris di Facebook dari Gubuk Pintar yang dapat kamu terapkan, yaitu:

  • Jual Produk Berkualitas

    Semakin berkualitas produk yang kamu jual, maka semakin mudah bisnis mu berkembang. Produk yang berkualitas cenderung mudah menghadirkan konsuemen setia yang akan membeli kembali produk dari mu dikemudian hari.

  • Optimalkan Promosi

    Tanpa promosi kosumen tidak bisa menemukan produk mu. Selain melalui grup-grup yang dapat kamu manfaatkan secara gratis, kamu juga bisa mencoba opsi mengiklankan produk mu dengan FB Ads untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

  • Fokus Membangun Reputasi

    Fokuslah membangun reputasi positif sejak awal berjualan online di Facebook. Ini bertujuan untuk membangung kepercayaan kosumen, terutama mereka yang baru pertama kali mengenal produk mu. Pastikan meminta testimoni dari kosumen pada setiap transaksi berhasil.

  • Consumer Friendly

    Layaknya orang bijak yang menyebutkak bahwa "pembeli adalah raja", kamu juga harus menerapkan mindset tersebut dalam berjualan di Facebook. Buatlah mekanisme order yang mudah dan setiap pesan mereka secepat dan sejelas mungkin.

    Jangan mudah emosi ketika menemukan konsumen yang sedikit 'menyusahkan'. Tetap tenang dan hadapi mereka dengan ramah.

Penutup

Cara jualan di Facebook sejatinya tidaklah sulit tetapi memang membutuhkan waktu untuk menuai hasilnya. Oleh karena itu, kesabaran dan konsisten mu sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Jualan di Facebook dan Tips Suksesnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar