Panduan Ukuran Sampul FB Untuk Profil, Grup dan Halaman - Gubuk Pintar
Panduan Ukuran Sampul FB Untuk Profil, Grup dan Halaman
Panduan Ukuran Sampul FB Untuk Profil, Grup dan Halaman

Panduan Ukuran Sampul FB Untuk Profil, Grup dan Halaman

Sudah tahu ukuran foto sampul dan profil Facebook yang ideal? Yuk, temukan ukuran sampul FB dan juga foto profil yang tepat dalam artikel ini!

Ukuran Sampul FB

Setiap profil di Facebook memiliki perbedaan ukuran media yang digunakan, khususnya untuk foto sampul. Profil akun pribadi, grup dan halaman memiliki ukuran sampul FB yang berbeda.

Kalau kamu tidak memperhatikan ukurannya, maka bisa jadi tampilan sampul di Facebook mu menjadi tidak sesuai harapan. Entah terlalu besar sehingga ada bagian yang terpotong ataupun gambarnya pecah karena ukuran terlalu kecil.

Pada bagian selanjutnya dari artikel ini, Gubuk Pintar akan menjelaskan ukuran foto sampul FB yang ideal untuk digunakan. Yuk, lanjutkan membacanya!

Daftar Isi




Apa Fungsi Sampul Facebook?

Sebelum kita membahas satu persama ukuran sampul FB, pastikan dulu bahwa kamu sudah paham fungsinya ya.

Bagi sebagian orang mungkin foto sampul Facebook 'hanya' menjadi media lainnya untuk menghiasi profil Facebook. Padahal, ini menjadi salah satu potensi mengekspresikan profil mu untuk terlihat lebih meyakinkan dan profesional. Kenapa bisa begitu?

Bayangkan saja ada berapa banyak akun Facebook saat ini. Pertanyaannya adalah dengan jumlah yang sebanyak itu, apa yang membedakan bahwa mereka adalah akun asli dan palsu? Jawabannya akan sangat penting jika kamu ingin aktif bertransaksi di Facebook.

Salah satu ciri-ciri akun palsu adalah mereka membuat sampul Facebook yang terlihat kurang proporsional dan asal jadi saja. Kebanyakan dari akun palsu bahkan tidak menggunakan foto sampul.

Disinilah celah untuk membuat brand mu menjadi lebih terpercaya. Apalagi jika kamu menawarkan jasa atau produk yang berhubungan dengan desain grafis. Sampul Facebook tentu bisa menjadi media lainnya untuk menarik minat calon pelanggan.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB

Ukuran Sampul FB Untuk Profil, Grup dan Halaman

Tidak ada perbedaan antara ukuran sampul grup Facebook, profil personal dan juga ukuran sampul halaman Facebook. Raksasa media sosial ini menerapakan aturan yang sama untuk seluruhnya. Melansir dari pusat bantuan Facebook, seperti ini ukurannya:

  • Untuk foto sampul Facebook yang ditampilkan di komputer setidaknya berukuran lebar 820 pixel dan tinggi 312 pixel

  • Untuk foto sampul Facebook yang ditampilkan di HP setidaknya berukuran lebar 640 pixel dan tinggi 360 pixel

  • Format foto sampul yang bisa digunakan yaitu JPG (dimuat lebih cepat) dan PNG (tampilan lebih baik)

  • Ukuran maksimal yang dapat digunakan untuk sebuah foto sampul di Facebook yaitu lebarnya 2037 pixel serta tinggi 754 pixel

Kalau kamu kesulitan mengatur ukurannya, silahkan ikuti panduan yang akan Gubuk Pintar bagikan dibagian selanjutnya ya.

Cara Mengatur Ukuran Foto Sampul FB

Sebenarnya untuk mengatur ukuran sampul FB, kamu bisa menggunakan berbagai macam cara. Namun berhubung hampir semua orang nampaknya memiliki aplikasi Paint, Gubuk Pintar akan membagikan cara melakukannya menggunakan aplikasi ini. Seperti ini caranya:

  1. Buka foto sampul yang ingin kamu ubah ukurannya di Paint

  2. Klik Resize

    Cara Mengatur Ukuran Foto Sampul FB

  3. Ubah satuan menjadi Pixel dan hilangkan centang pada Maintain Aspect Ratio

    Cara Mengatur Ukuran Foto Sampul FB

  4. Masukkan ukuran foto sampul sesuai yang sudah dijelaskan dibagian sebelumnya dan klik Ok

  5. Simpan foto sampul FB mu dengan format yang juga sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Caranya kamu bisa klik File > Save As > Tuliskan nama file > Ganti Save as type  sesuai format yang sudah dijelaskan > Save

    Cara Mengatur Ukuran Foto Sampul FB

Selanjutnya, kamu bisa upload gambar yang sudah kamu atur ukurannya tersebut ke sampul Facebook mu.

Baca Juga: Cara Melihat Email FB

Penutup

Demikian panduan seputar ukuran sampul Facebook, cara mengatur serta fungsinya. Jangan lupa untuk mengatur foto sampul Facebook dengan kualitas dan tampilan terbaik agar profil mu terlihat lebih profesional dan rapi. Semoga artikel ini bermanfaat!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Panduan Ukuran Sampul FB Untuk Profil, Grup dan Halaman, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terima kasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar