Cara Menjadi Selebgram TikTok Yang Populer - Gubuk Pintar
Cara Menjadi Selebgram TikTok Yang Populer
Cara Menjadi Selebgram TikTok Yang Populer

Cara Menjadi Selebgram TikTok Yang Populer

Ingin menjadi selebgram di TikTok? Yuk, temukan cara menjadi selebgram TikTok dari Gubuk Pintar di dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Menjadi Selebgram TikTok

Saat ini banyak orang bercita-cita untuk berkarir sebagai seorang konten kreator di media sosial, tak terkecuali menjadi selebgram TikTok. Namun sayangnya masih banyak yang belum tahu cara menjadi selebgram di TikTok.

Untuk bisa menjadi selebgram TikTok, nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kerja keras dan juga perencanaan yang matang agar usaha mu bisa berhasil. 

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar ingin membagikan beberapa tips yang mungkin berguna untuk kamu yang ingin menjadi selebgram di TikTok.

Untuk mengetahui seluruh tipsnya, lanjutkan membaca ke bagian artikel selanjutnya ya!

Daftar Isi




Cara Menjadi Selebgram TikTok

Kalau kamu tertarik menjadi seorang selebgram TikTok, tentu kamu harus melewati proses terlebih dahulu sebelum bisa menjadi sukses. Berikut ini beberapa tips cara menjadi selebgram TikTok yang populer dari Gubuk Pintar:

  1. Menentukan Topik Konten

    Persiapan paling awal untuk menjadi seorang selebgram TikTok adalah menentukan topik dari konten TikTok mu. Ini berguna untuk membentuk identitas yang melekat pada akun mu sehingga mudah dikenal dan diingat oleh orang.

    Akan sangat sulit untuk berkembang kalau kamu tidak memiliki setidaknya satu topik konten yang kamu fokuskan.

    Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu mu menentukan topik konten:

    • Pilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian mu

    • Pastikan topik tersebut memiliki peminat

    • Topik mu tidak harus baru tetapi kamu harus memiliki sisi unik yang bisa kamu tampilkan dari konten mu ketika memilih topik tersebut

  2. Mengatur Produksi Konten

    Setelah memilih topik konten, cara menjadi selebgram TikTok selanjutnya yaitu mengatur bagaimana kamu memproduksi konten. Ini penting agar perkembangan akun mu bisa terus bergerak naik dan semakin populer.

    Mengatur produksi konten tidak hanya berhubungan dengan kontennya saja tetapi juga mencakup penjadwalan hingga langkah teknis dari produksi konten TikTok itu sendiri.

    Seperti ini tips dari Gubuk Pintar untuk mengatur produksi konten TikTok mu:

    • Perkirakan kebutuhan rekaman apa saja yang kamu butuhkan untuk menghasilkan konten yang berkualitas, baik software maupun hardware

    • Lakukan riset hashtag dan audiens sebelum membuat sebuah konten agar konten mu bisa tepat sasaran

    • Buatlah jadwal penayangan konten mu di TikTok sehingga bisa menayangkan secara rutin dan konsisten setiap hari

    • Evaluasi kualitas dan performa konten mu dalam jangka waktu tertentu agar kamu memiliki strategi pengembangan konten lebih lanjut

  3. Promosi Konten Secara Tepat Sasaran

    Apabila kamu baru memulai perjalanan sebagai selebgram TikTok, tentu saja ada fase dimana kamu belum begitu dikenal oleh banyak orang. Akibatnya jumlah pengikut dan penonton konten mu belum banyak terlepas kualitas konten mu sebenarnya sudah cukup baik.

    Hal ini menjadikan promosi sangat penting untuk mengembangkan popularitas mu. Kamu bisa menggunakan beberapa metode promosi berikut ini:

    • Promosi berbayar dengan TikTok Ads

    • Membagikan konten TikTok mu di media sosial lain seperti Facebook, Twitter dan Instagram

    • Berkomentar di konten TikTok milik orang lain. Pastikan komentar mu relevan dan menarik perhatian orang untuk membuka profil TikTok mu

    • Meminta bantuan teman dan keluarga untuk ikut membagikan konten mu ke media sosial mereka

    • Membagikan konten Tiktok mu ke grup dengan topik bahasan yang relevan

    • Melakukan 'promosi silang' dengan selebgram pemula lainnya yang memiliki jenis topik sama. Kamu bisa mengajaknya untuk saling mempromosikan konten di akun masing-masing

  4. Berkolaborasi Dengan Kreator Lain

    Memperluas relasi mu dengan sesama selebgram TikTok lain tentu akan menjadi suatu langkah yang sangat positif untuk meningkatkan popularitas dan audiens. Kamu bisa mendapatkan audiens baru yang berasal dari penonton konten teman kolaborasi mu.

    Berikut ini beberapa tips dalam berkolaborasi antar sesama konten kreator TikTok:

    • Melakukan live streaming TikTok bersama selebgram TikTok lain

    • Membuat konten duet TikTok dengan influencer atau publik figur

  5. Pahami Algoritma TikTok

    TikTok memiliki algoritma tersendiri dalam menampilkan konten-kontennya. Memahami algoritma TikTok, bisa membawa mu 'meraup' lebih banyak penonton dan berkembang dengan pesat.

    Meskipun akan terus diperbarui, beberapa tips seputar algoritma TikTok berikut ini mungkin bisa membantu mu:

    • Lengkapi konten mu dengan caption, lagu dan hashtag yang menarik dan relevan

    • Gunakan lagu-lagu yang sedang populer sebagai background video mu

    • Buatlah call to action untuk meningkatkan interaksi penonton dengan video mu seperti meninggalkan komentar ataupun like. Kamu bisa membaca artikel Cara Menambah Like di TikTok bila membutuhkan bantuan

    • Pastikan konten mu to the point dan menarik sehingga penonton mu menontonnya hingga habis. Durasi tonton ini sangat berpengaruh terhadap penilaian kualitas konten oleh algoritma TikTok

  6. Membangun Relasi Positif Dengan Pengikut

    Walaupun Gubuk Pintar masukkan ke dalam daftar cara menjadi selebgram TikTok, ini sebenarnya adalah hal yang mendasar ketika kamu ingin menjadi seorang selebgram.

    Kamu tentu akan menemukan pengikut dengan karakter yang beragam sehingga kamu harus bisa memahami setiap mereka secara umum guna membangun relasi yang baik. Berikut ini beberapa tips dari Gubuk Pintar:

    • Perhatikan kritik yang membangun dari pengikut mu untuk mengetahui ekspektasi yang mereka harapkan dari mu

    • Buatlah sesi live streaming khusus bersama dengan pengikut mu. Kamu bisa membuka sesi Q&A untuk mengetahui apa yang sedang mereka pikirkan tentang mu

    • Sesekali kamu bisa membuat giveaway khusus untuk pengikut mu

    • Apabila memungkinkan, kamu bisa membuat kolaborasi konten dengan pengikut mu seperti membuat video duet

  7. Aktif Mengikuti Tren Yang Sedang Berlangsung

    Kamu juga harus jeli terhadap perkembangan tren yang sedang berlangsung di TikTok. Konten dengan materi berupa tren yang sedang terjadi, berpotensi mendatangkan lebih banyak penonton sehingga bisa meningkatkan popularitas mu.

    Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

    • Ikuti challenge yang sedang viral di TikTok

    • Lihat konten populer di tab Discovery


Contoh Selebgram TikTok Populer

Apabila kamu aktif menggunakan TikTok di tahun 2021, kamu tentu tidak akan asing dengan konten kreator bernama Khabane "Khaby" Lame. Ia berasal dari Italia dan telah aktif di TikTok sejak Maret 2020 lalu.

Contoh Selebgram TikTok Populer
Khaby Lame, Selebgram TikTok Yang Fenomenal

Hanya butuh waktu 1 tahun bagi Khaby untuk menjadi salah satu tokoh populer di TikTok. Per Juni 2021 ini, Khaby telah memiliki lebih dari 77 juta pengikut dan memperoleh lebih dari 1,1 milyar like di TikTok.

Kalau kamu bertanya apa yang membuatnya begitu fenomenal, menurut Gubuk Pintar letaknya ada di penentuan topik kontennya yang menarik. 

Khaby rutin menayangkan konten seputar life hack. Ia membuat video duet dengan pengguna TikTok lain dan menunjukkan life hack dari konten tersebut dengan isi dan pembawaan yang jenaka. Oleh karena itu, Ia banyak mendapatkan apreasiasi.

Berkat hal ini, Khaby mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai publik figur. Momen ini akhirnya semakin mendongkrak popularitasnya menjadi salah satu selebgram TikTok yang menjadi 'buah bibir' setidaknya hingga artikel ini ditayangkan.

Kamu bisa melihat seluruh tayang konten TikTok nya di akun @khaby.lame.

Penutup

Demikian cara menjadi selebgram TikTok yang bisa Gubuk Pintar bagikan kepada mu. Selamat mencoba ya, semoga kamu bisa sukses berkarir sebagai selebgram di TikTok.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Menjadi Selebgram TikTok Yang Populer, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar