Apa Itu Csrss.exe?
Apa Itu Csrss.exe?

Apa Itu Csrss.exe?

Apa itu Csrss.exe? Temukan jawabannya diartikel berikut ini.

Apa Itu Csrss.exe?
Sistem operasi Windows memiliki sangat banyak fitur didalamnya yang saling terintegrasi satu sama lain sehingga dapat berjalan sebagaimana yang kamu gunakan saat ini. Mereka terdiri satuan-satuan program yang memiliki tugasnya masing-masing.

Setiap program yang berjalan, tentu saja membutuhkan sokongan ruang kerja. Ruang kerja yang dimaksud disini yaitu memori RAM dikomputer kita. Semakin berat kinerja sebuah program maka semakin besar pula porsi penggunaan RAM komputer sehingga dapat menyebabkan kinerja komputer yang lambat.

Csrss.exe merupakan salah satu bagian dari Windows yang banyak dikeluhkan orang bahwa program ini cukup memakan memori komputer yang besar, tanpa mereka ketahui sebenarnya apa itu csrss.exe. Bila kamu merupakan salah satunya yang mengalami keluhan yang sama, coba kenali apa itu Csrss.exe melalui artikel dibawah ini.

Apa Itu Csrss.exe?


File csrss.exe, yang muncul di Task Manager sebagai Client Server Runtime Process, adalah bagian penting dari Windows. Mungkin kamu tidak pernah berinteraksi secara langsung sebagai pengguna aktif, tetapi ia melakukan beberapa fungsi yang sangat penting secara pasif bagi Windows mu.

Dalam keadaan normal, file csrss.exe bukanlah malware maupun virus, yang artinya kamu tidak perlu melakukan upaya penghapusan terhadap program ini. Namun, sedikit upaya verifikasilah yang mungkin kamu butuhkan untuk mengetahui kamu sedang berurusan dengan csrss.exe yang sebenarnya atau 'peniru'. Jika Kamu menemukan bahwa Windows mu telah terinfeksi malware yang wujudnya 'menyerupai' csrss.exe, maka tindakan terbaik adalah menghapusnya.

Apa itu Client Server Runtime Process?

Ketika kamu membuka Task Manager di komputer Windows apa pun, kamu akan menemukan setidaknya satu contoh, dan sering beberapa kali, sesuatu yang disebut Client Server Runtime Process. Ini adalah nama tampilan yang digunakan Windows untuk csrss.exe, yang sebenarnya merupakan singkatan dari client server runtime subsystem.

Client Server Runtime Process telah ada sejak awal Windows. Sebelum 1996, program ini  bertanggung jawab untuk seluruh subsistem grafis. Kegunaannya berubah selama bertahun-tahun selanjutnya, tetapi masih bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan yang sangat penting di secara pasif pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Apakah Aman Menonaktifkan Csrss.exe?

Meskipun csrss.exe memiliki fungsi yang terbatas di versi modern Windows, tetap saja memiliki kegunaan yang sangat penting. Itu berarti sebaiknya tidak menonaktifkan csrss.exe tanpa mengalami suatu kondisi yang sudah cukup buruk.

Jika kamu menonaktifkan proses csrss.exe yang sah, sistem Kamu cenderung menjadi tidak stabil. Dalam kebanyakan kasus, komputer Kamu bahkan akan dimatikan. Komputer biasanya akan mulai baik-baik saja setelah itu, tetapi menghapus atau mengkarantina file itu sendiri dapat mengakibatkan komputer yang tidak dapat digunakan tanpa intervensi profesional.

Apa Penyebab Csrss.Exe Menggunakan GPU atau CPU Berlebihan?

Dalam keadaan normal, csrss.exe hanya menggunakan sejumlah kecil sumber daya sistem. Jika kamu membuka Task Manager dan melihat contoh Client Server Runtime Process menggunakan kapasitas memori yang berlebihan dari CPU, GPU, ataupun RAM mu, itu biasanya menunjukkan bahwa ada beberapa jenis masalah.

Jika Kamu menggunakan Windows 7, Kamu harus mencoba menonaktifkan Aero. Jika Kamu menggunakan Windows 8 atau Windows 10, cobalah update driver kartu grafis mu, atau kembali ke seri driver sebelumnya jika kamu baru update karena bisa saja ini menjadi titik permasalahannya.

Dalam kebanyakan kasus, penyebab di balik csrss.exe menggunakan memori yang berlebihan adalah bahwa kamu sedang berurusan dengan yang palsu.

Bisakah Csrss.exe Menjadi Virus?

Walaupun csrss.exe sendiri adalah file yang sah, dan merupakan bagian penting dari windows, faktanya adalah beberapa malware dan virus menyelinap masuk dengan menggunakan cara menyerupai csrss.exe yang asli. Itu berarti sangat mungkin untuk memiliki malware yang menggunakan nama file csrss.exe, atau variasi yang sangat sedikit dari nama itu.

Jika kamu mencurigai bahwa komputer mu terinfeksi virus atau malware csrss.exe, sebenarnya cukup mudah untuk mengetahuinya. Kamu hanya perlu mencari, apakah terdapat csrss.exe yang memiliki letak di folder yang berbeda. Apabila kamu menemukannya, terdapat indikasi bahwa salah satunya merupakan malware atau virus.

Hal Yang Harus Dilakukan Bila Terdapat Csrss.exe Palsu

Jika kamu mencurigai bahwa terdapat malware atau virus yang bekerja di komputer mu yang menyamar sebagai Client Server Runtime Process yang tidak berbahaya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan antivirus untuk menghilangkan malware tersebut dari komputer mu.

Meskipun kamu dapat dengan aman menghapus file csrss.exe jika terletak di luar folder System32 atau SysWOW64 mu, melakukannya mungkin tidak benar-benar menghapus malware. Jika Kamu memilih untuk menghapus file seperti itu, selalu pastikan untuk tetap melakukan scan komputer dengan antivirus agar memastikan virus atau malware telah menghilang sepenuhnya.

Dalam beberapa situasi, Kamu mungkin menemukan bahwa file csrss.exe yang terindikasi merupakan virus atau malware tersebut tidak dapat dihapus karena malware yang secara aktif mencegah kamu menjalankan proses penghapusan. Jika demikian, kamu mungkin dapat menggunakan alternatif seperti melakukan repair Windows atau melakukan install ulang Windows.

Kesimpulan

File csrss.exe, yang muncul di Task Manager merupakan Client Server Runtime Process. Csrss.exe mempengaruhi tampilan Windows dan merupakan salah satu file yang cukup penting. Namun, terkadang terdapat virus atau malware yang coba menyamar menggunakan nama yang mirip atau bahkan sama dengan Csrss.exe. Oleh karena itu, kamu harus dengan cermat memilih Csrss.exe yang palsu untuk dihapus agar performa Windows mu tetap stabil


***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Apa Itu Csrss.exe?, silahkan tulis di kolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"