Berbagai Cara Membuat CV Online Kreatif dan Menarik
Berbagai Cara Membuat CV Online Kreatif dan Menarik

Berbagai Cara Membuat CV Online Kreatif dan Menarik

Kini sudah banyak cara membuat CV online yang kreatif dan menarik. Bila kamu belum tahu, yuk baca cara membuat CV online di artikel ini sekarang juga!

Berbagai Cara Membuat CV Online Kreatif dan Menarik
Jangan bingung tentang cara membuat CV online yang 'eye catching' sekarang ini karena sudah begitu banyak situs yang memberikan kemudahan untuk melakukannya.

Keuntungan membuat CV secara online tentu saja terletak pada fleksibilitasnya. Kamu dapat membuatnya dimana pun, kapan pun serta melalui perangkat apapun. Kata kan selamat tinggal pada aplikasi-aplikasi desain yang penggunaannya rumit.

Kamu akan menemukan banyak template dasar yang telah di desain dengan apik dan ciamik sehingga kamu bisa berfokus pada konten CV mu saja. Terlepas dari pada itu, kamu tetap dapat memberikan sentuhan 'khas' mu terhadap desainnya.

Membuat CV online juga menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang adaptif terhadap kemajuan zaman serta berhasil memanfaatkannya secara optimal. Sejatinya, hal inilah yang menjadi sisi positif dari kemajuan teknologi itu sendiri.

Tak perlu berlama-lama lagi, simak artikel berikut ini ya.

Cara Membuat CV Online


Konten CV

Sebelum kamu mulai membuat CV, hal pertama yang harus kamu pahami adalah apa saja konten yang akan ada dalam CV mu. Ini akan berpengaruh pada layout yang kamu butuhkan nantinya.

Konten CV akan berbeda antara satu orang dan lainnya karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Namun secara umum, Gubuk Pintar akan mengklasifikasikannya menjadi dua, yaitu CV untuk pelajar dan profesional.

Konten CV untuk pelajar

Golongan pelajar adalah kamu yang masih berstatus sebagai siswa/siswi di tingkat SMP atau SMA serta setaranya. Biasanya untuk kebutuhan melamar magang atau beasiswa, kamu diminta untuk membuat CV kan?

Nah, berikut konten yang tidak boleh kamu lupakan dan harus ada di CV mu.
  1. Data diri
    Tentu saja kamu membutuhkannya kan. Pastikan kamu menuliskan nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah, alamat email dan nomor telepon rumah dengan jelas. Bila kamu memiliki akun media sosial, menambahkannya juga merupakan ide yang bagus.

  2. Riwayat pendidikan
    Kamu juga harus menampilkan riwayat pendidikan mu untuk memperdalam pertimbangan orang yang membaca CV mu. Tulislah dengan urutan dari pendidikan terakhir mu terlebih dahulu serta jangan lupa untuk mencantumnya nilai akhir mu.

  3. Profil singkat
    Untuk membantu reviewer mengenal mu, kamu dapat menambahkan profil singkat mu di dalam CV. Jelaskan secara singkat tentang diri mu, entah apa saja kelebihan mu serta motivasi mu mendaftarkan diri.

  4. Pengalaman organisasi
    Kamu dapat menunjukkan kecakapan mu dalam bidang manajerial dengan mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah kamu geluti. Ini akan menjadi nilai tambah bagi mu di mata reviewer.

  5. Prestasi
    Bila kamu pernah menjuarai suatu lomba atau mengikuti sebuah ajang bergengsi, jangan sampai tidak mencantumkannya. Siapapun pasti akan lebih senang dengan orang-orang yang memiliki segudang prestasi kan?

Konten CV untuk profesional

Ada kebutuhan tambahan yang harus kamu sertakan bila kamu telah berstatus sebagai seorang profesional.

Lantas, apa saja konten CV seorang profesional?
  1. Data diri
    Untuk yang satu ini, tidak berbeda dengan konten CV untuk pelajar yang telah dipaparkan sebelumnya. Kamu harus mencantumkan nama, posisi yang ingin dilamar, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, alamat email, nomor telepon personal dan akun sosial media mu.

    Akun sosial media yang penting untuk kamu cantumkan, yaitu LinkedIn. Bila merasa akun LinkedIn mu masih belum menarik, kamu dapat membaca artikel Tips Membuat Profil LinkedIn yang Menarik terlebih dahulu ya.

    Apabila kamu memiliki website yang menampung portofolio mu, sebaiknya kamu cantumkan juga ya.

  2. Riwayat pendidikan
    Setiap reviwer tentu ingin mengetahui latar belakang pendidikan mu, terutama kamu yang seorang fresh graduate.

    Cantumkan minimal 2 dan maksimal 3 pendidikan terakhir mu serta sampaikan berapa nilai akhir yang kamu dapatkan. Sebaiknya, pendidikan dimulai dari SMA ke atas saja.

  3. Pengalaman organisasi
    Tunjukkan bahwa kamu merupakan seorang yang memiliki kemampuan manajerial yang baik dengan mencantumkan pengalaman organisasi mu.

    Apa bila kamu memiliki begitu banyak pengalaman sebelumnya, tidak perlu kamu cantumkan semua ya. Pilih pengalaman yang sekiranya memiliki 'value' lebih yang menurut mu dapat menggambarkan kemampuan manajerial mu.

  4. Pengalaman kerja/magang
    Konten ini memiliki nilai yang begitu besar di mata reviewer. Oleh karena itu, jangan sampai kamu tidak mencantumkannya dalam CV mu.

    Tampilkan dari pengalaman kerja/magang terbaru dan sertakan pula pencapaian apa saja yang berhasil kamu dapatkan selama proses kerja/magang berlangsung.

  5. Keterampilan
    Tampilkan pula keterampilan mu yang berhubungan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Contohnya, bila kamu ingin melamar sebagai seorang desainer grafis, maka sebaiknya kamu cantumkan kemampuan mengoperasikan software seperti Photoshop, dsb.

    Tidak terbatas itu saja, kamu juga sebaiknya mencantumkan kemampuan bahasa dan sertifikasi yang kamu miliki agar CV mu menjadi semakin menarik.

    Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang seberapa jauh kamu menguasai keterampilan tersebut ya.

Situs Membuat CV Online

  1. Canva

    Rasanya, situs satu ini sudah cukup familiar bagi kamu. Namun, apakah kamu tahu bahwa Canva juga menyediakan template untuk membuat CV?

    Bila belum pernah mengetahui cara membuat CV online dengan Canva, silahkan ikuti langkah berikut ini.
    • Silahkan login akun Canva mu. Kamu dapat membuatnya terlebih dahulu bila belum memilikinya.
    • Masukkan keyword "resume" atau "curriculum vitae" pada kolom pencariannya
    • Pilih template yang kamu inginkan. Perhatikan apakah template tersebut gratis atau tidak. Tenang saja, ada sangat banyak template gratis kok di Canva.
    • Edit template sesuai dengan keinginan mu. Bila sudah selesai, klik simbol 'Download' lalu pilih format CV yang ingin kamu unduh lalu konfirmasi dengan klik tombol Download.
      Cara Membuat CV Online


  2. Novoresume

    Template yang disediakan di situs ini cenderung lebih bertipe sederhana dan profesional. Kamu tidak diberikan keleluasaan dalam menentukan konsep desain dari CV mu disini tetapi situs ini memberikan user experience yang baik karena proses membuat CV disini yang sangat mudah.

    Untuk akun gratis, situs ini membatasi kamu untuk hanya dapat membuat 1 CV saja. Namun tenang saja, bila kamu ingin menggunakan template lainnya, kamu dapat menghapus template sebelumnya dan menggunakan template baru.

    Seperti ini cara membuat CV online di Novoresume,
    • Login dengan akun Novoresume mu
    • Pilih opsi CV Template
    • Pilih template yang kamu inginkan
    • Isi konten
    • Bila kamu sudah selesai mengisi kontennya, silahkan klik tombol Download untuk mengunduh CV mu


  3. Kickresume

    Opsi lain yang dapat kamu pilih, yaitu Kickresume. Terdapat beberapa desain gratis yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV disini. Namun, kamu juga akan dibatasi dalam mengatur desain CV mu disini dengan timbal balik berupa teknis pengisian konten yang mudah.

    Seperti ini cara membuat CV online dengan mudah di Kickresume,
    • Login ke Kickresume
    • Pilih Create New Resume
    • Pilih template yang kamu inginkan. Perhatikan apakah template nya gratis atau berbayar ya.
    • Isi konten CV mu
    • Scroll ke bawah dan pilih Continue To Preview
    • Setelah memastikan tampilannya sudah tepat, klik Download yang berada di bawah. Bila kamu pertama kali menggunakan Kickresume, biasanya akan muncul tawaran untuk membeli paket. Kamu dapat melanjutkkan dengan paket gratis dengan memilihnya.

  4. CV Maker

    Bila sebelumnya belum juga memuaskan mu, selanjutnya kamu dapat beranjak ke CV Maker. Tidak se-fleksibel Canva yang memberikan keleluasaan untuk mengotak-atik template CV, kamu juga akan dibatasi untuk melakukannya di sini.

    Tidak jauh berbeda, kamu juga akan diberikan kemudahan karena hanya perlu mengisi kolom konten yang tersedia dan konten mu akan secara otomatis masuk ke template dengan rapi. Desain di sini jumlahnya terbatas, baik premium atau gratis, tetapi bentuknya cukup profesional.

    Berikut ini cara membuat CV onlien dengan CV Maker,
    • Login ke akun CV Maker mu
    • Masuk ke bagian profil dan pilih Create a new CV
    • Masukkan data untuk isi konten CV mu
    • Klik Save & Download untuk mengunduh CV apabila kamu sudah selesai mengisi kontennya


  5. Easely

    Berdasarkan fiturnya, situs ini tidak berbeda jauh dengan Canva. Tidak spesifik untuk membuat CV, tetapi juga dapat membuat berbagai macam desain lainnya seperti infografis, kartu ucapan dan sebagainya.

    Membuat CV di Easely, kamu diberikan keleluasaan untuk mengubah template dasar sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun, untuk saat ini belum banyak template CV yang tersedia di sini.

    Bila kamu ingin membuat CV online di Easely, silahkan ikuti langkah berikut.
    • Login ke akun Easely mu
    • Pilih Blank Template
    • Buka tab Template
    • Cari template yang kamu inginkan, bisa dengan menggunakan kata kunci "cv" atau "resume"
    • Atur desain dan isi konten sesuai keinginan mu
    • Pilih Save
    • Klik Download dan pilih Low Quality

    Easely membatasi pengguna dengan akun gratis untuk hanya dapat mengunduh konten dengan kualitas yang rendah. Selain itu, format pengunduhan akan secara otomatis berformat JPG.


Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara membuat CV online yang kreatif dan menarik. Oleh karena itu, tak perlu berlama-lama lagi. Ayo langsung buat CV mu sekarang juga dan buat para recruiters memilih mu!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Berbagai Cara Membuat CV Online Kreatif dan Menarik, silahkan tulis dikolom komentar ya. Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"