Daftar Aplikasi Podcast Terbaik Yang WAJIB Kamu Install | Gubuk Pintar
Daftar Aplikasi Podcast Terbaik Yang WAJIB Kamu Install
Daftar Aplikasi Podcast Terbaik Yang WAJIB Kamu Install

Daftar Aplikasi Podcast Terbaik Yang WAJIB Kamu Install

Mau buat Podcast? Atau sebatas mendengarkan? Yuk temukan rekomedasi aplikasi Podcast TERBAIK dalam artikel ini!

aplikasi podcast
Selain musik, Podcast sudah menjadi barang umum yang orang dengarkan saat ini sehingga tak aneh bila kian maraknya aplikasi Podcast yang bermunculan. Hal ini lantaran Podcast yang dinilai mampu memberikan 'sensasi' yang berbeda.

Bila musik dapat membawa mu terhanyut dalam emosi dan seakan menyatu ke dalam irama, Podcast dapat memberikan mu bahan untuk pikir dan perluasan sudut pandang atau dapat pula untuk sekedar tertawa terbahak-bahak yang kalau kata teks anak gaul sebagai LMAO.

Dalam artikel ini, Gubuk Pintar akan memberikan daftar aplikasi Podcast yang dapat kamu coba untuk dengarkan. Seluruhnya telah Gubuk Pintar saring agar hanya tersaji yang terbaik dari yang terbaik saja dengan mengutamakan kualitas. Selain itu, tentu saja apa yang Gubuk Pintar bagikan juga merupakan aplikasi Podcast gratis yang dapat kamu saksikan langsung sesaat setelah download aplikasinya.

Oh iya, bila kamu masih awam tentang Podcast, tenang Gubuk Pintar juga akan sedikit membahas tentang hal ini pada awal inti artikel sehingga kita bisa satu frekuensi dalam menyelami artikel ini.

Yuk kita masuk ke bagian inti artikelnya!




Apa Itu Podcast?

Podcast adalah sebuah konten audio yang memiliki topik bahasan tertentu dalam setiap episodenya. Podcast didistribusikan melalui internet menggunakan berbagai platform yang tersedia. Ini yang membuat Podcast berbeda dengan radio yang terbatas penyebarannya.
 
Penjelasan selengkapnya tentang Podcast dapat kamu baca dalam artikel Mengenal Apa Itu Podcast, Jenis, Manfaat hingga Sejarahnya ya. Ada contoh Podcast Indonesia terbaiknya juga lho dalam artikel itu!
 

Daftar Aplikasi Podcast Terbaik

Ada berbagai aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mendengarkan Podcast. Aplikasi Podcast berikut ini merupakan rekomendasi Gubuk Pintar berdasarkan kualitas layanan dan variasi topik yang dapat kamu saksikan.
  1. Anchor

    Aplikasi Podcast Anchor
    Aplikasi Podcast Anchor (sumber: theverge)
    Dengan Anchor, kamu tidak hanya bisa mendengarkan Podcast saja tetapi juga membuat hingga mendistribusikannya ke berbagai platform lain. Menariknya, semua kegiatan tersebut dapat kamu lakukan secara GRATIS melalui smartphone mu.

    Aplikasi ini menjadi pilihan dari berbagai penyiar Podcast di Indonesia. Kamu tidak akan kesulitan untuk mencari Podcast berbahasa Indonesia dalam platform satu ini.

    Pengembang Spotify Ltd.
    Penerbit Spotify Ltd.
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    10.000.000+
    Rating4.4/5

  2. CastBox

    Aplikasi Podcast CastBox
    Aplikasi Podcast CastBox (sumber: CastBox)
    Berbagai prestasi telah ditorehkan CastBox sehingga dikenal sebagai salah satu aplikasi Podcast favorit oleh berbagai kalangan di dunia. Terdapat 16 kategori dengan lebih dari 70 ragam bahasa yang tersaji dalam aplikasi Podcast ini. Cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar bahasa baru biar jago gombalin pasangan pakai bahasa asing seperti Fiki Naki.

    Pengembang CastBox.FM
    Penerbit CastBox.FM
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    10.000.000+
    Rating4.7/5

  3. Google Podcast

    Aplikasi Podcast Google Podcast
    Aplikasi Podcast Google Podcast (sumber: venturebeat)
    Aplikasi Podcast ini siap memberikan rekomendasi Podcast yang sesuai dengan selera mu. Selain itu, kamu juga dapat menemukan Podcast yang sedang trending dan mendengarkannya agar tidak ketinggalan.

    Rasanya tidak perlu banyak penjabaran ya untuk yang satu ini, kalian tentu sudah tahu kualitas Google kan?

    Pengembang Google
    Penerbit Google LLC
    Status Pengembang
    Pasif
    Jumlah Unduhan
    50.000.000+
    Rating4.7/5


  4. Podcast Addict

    Aplikasi Podcast Addict
    Aplikasi Podcast Addict (sumber: androidpolice)
    Audio dari Podcast Addict memiliki beberapa efek canggih yang dapat menambah kenyamanan mu mendengarkan Podcast seperti playback speed, volume booster dan silence skip yang dapat kamu gunakan ketika streaming ataupun mendengarkan Podcast yang telah kamu download.

    Sayangnya, hingga saat ini acara Podcast dalam aplikasi ini belum ada yang berbahasa Indonesia dan didominasi oleh bahasa Inggris. Namun bagi kamu yang ingin mendengarkan acara seperti TED Talks, BBC, NPR, dsb. Podcast Addict cocok untuk menjadi pilihan mu!

    Pengembang Xavier Guillemane
    Penerbit Podcast Addict
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    10.000.000+
    Rating4.7/5

  5. Spotify

    Aplikasi Podcast Spotify
    Aplikasi Podcast Spotify (sumber: as)
    Pasti sudah pernah dengar Spotify kan?

    Ada beraga jenis Podcast dalam aplikasi ini, baik berbahasa Indonesia maupun asing sekalipun. Selain itu, menggunakan Spotify pun memungkinkan kamu untuk juga mendengarkan musik bila sedang bosan mendengarkan Podcast. Cukup praktis bukan?

    Di Indonesia, Spotify mungkin menjadi platform yang paling digemari untuk mendengarkan Podcast sehingga mungkin dapat disebut sebagai aplikasi Podcast Indonesia paling terkenal.

    Sayangnya, aplikasi ini kerap kali memunculkan iklan apabila kamu menggunakan versi gratisnya. Namun tenang saja, versi premium dari Spotify harganya cukup terjangkau kok.

    Pengembang Spotify Ltd.
    Penerbit Spotify Ltd.
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    500.000.000+
    Rating4.5/5


    Baca Juga: Cara Upload Podcast di Spotify

  6. SoundCloud

    Aplikasi Podcast Soundcloud
    Aplikasi Podcast SoundCloud (sumber: SoundCloud)
    Pada awalnya, SoundClound cenderung dikenal sebagai aplikasi untuk mengunggah karya musik. Hal tersebut masih cukup aktif berjalan hingga saat ini tetapi kini Podcast pun kerap ditemui dalam aplikasi ini.

    Karena sifat aksesnya yang terbuka, berbagai macam Podcast pun dapat kamu temukan disini. Namun karena secara spesifik bukan merupakan aplikasi Podcast, mungkin dibutuhkan sedikit usaha lebih untuk mencari saluran Podcast favorit mu dalam aplikasi ini.

    Pengembang SoundCloud
    Penerbit SoundCloud
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    100.000.000+
    Rating4.5/5

  7. Podbean

    Aplikasi Podcast Podbean
    Aplikasi Podcast Podbean (sumber: Podbean)
    Berbagai Podcast terbaik tersaji di Podbean, sebut saja This American Life, Serial dan TED Talks. Kamu juga dapat membuat Podcast mu sendiri menggunakan Podbean dan melakukan editing langsung melalui aplikasi.

    Podbean juga memiliki fitur live streaming sehingga kamu dapat berinteraksi dengan penyiar Podcast favorit mu. Namun kontennya sejauh ini memang masih didominasi acara berbahasa Inggris.

    Pengembang Podbean
    Penerbit Podbean
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    5.000.000+
    Rating4.7/5


  8. Podcast Go

    Aplikasi Podcast Go
    Aplikasi Podcast Go (sumber: Tecno)
    Temukan lebih dari 800.000 episode Podcast dari berbagai kategori komedi, berita, edukasi, games dan lainnya dalam Podcast Go. Ruang penyimpanan aplikasi Podcast ini juga cukup fleksibel, kamu dapat menyimpan Podcast hasil unduhan mu di SD Card sehingga tidak memenuhi memori internal perangkat mu.

    Apabila mendengarkan di malam hari, kamu dapat mengatur sleep timer agar Podcast otomatis berhenti ditayangkan sehingga tidak mengganggu tidur mu.

    Pengembang Sanity Audio Apps
    Penerbit Sanity Audio Apps
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    1.000.000+
    Rating4.6/5

  9. Player FM

    Aplikasi Podcast PlayerFM
    Aplikasi Podcast PlayerFM (sumber: coolsmartphone)
    Ragam Podcast terbaik hadir disini, baik dari dalam negeri maupun luar juga tersedia. Fitur seperti volume otomatis dan skip silence dihadirkan Player FM untuk memberikan kenyamanan dalam mendengarkan Podcast.

    Player FM juga telah terintegrasi ke beberapa produk teknologi seperti Android Auto, Chromecast, WearOS, TeslaUnread, TalkBack, notifikasi Samsung Gear S, LG Quick Circle ™, Music Boss, Podchaser, Drivemode, RockScout, Wearcasts, dan banyak lagi!

    Pengembang Player FM Podcast
    Penerbit Player FM Podcast
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    5.000.000+
    Rating4.6/5


  10. Podcast Republic

    Aplikasi Podcast Republic
    Aplikasi Podcast Republic (sumber: apkdone)
    Tersedia lebih dari satu juta acara dengan lebih dari lima ratus juta episode dalam Podcast Republic. Kamu dapat berlangganan dengan acara favorit mu dan menyinkronisasinya ke cloud sehingga dapat dengan mudah mendengarkannya kembali dari perangkat yang berbeda.

    Fitur gesture playback yang dihadirkan membuat aplikasi Podcast ini berbeda dari yang lain. Ketika kamu sedang mendengarkan Podcast sambil berkendara, kamu dapat dengan mudah mengganti acara dengan gerakan tangan mu saja tanpa perlu melihat ke layar yang tentu akan mengganggu mu.

    Pengembang Podcast Republic
    Penerbit Podcast Republic
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    1.000.000+
    Rating4.6/5

  11. Youtube

    Aplikasi Podcast Youtube
    Aplikasi Podcast Youtube (sumber: buzzsprout)
    Youtube memang bukan aplikasi Podcast secara spesifik tetapi banyak penyiar Podcast yang juga memanfaatkan Youtube untuk menyebarkan kontennya. Gubuk Pintar yakin kamu setidaknya pernah mendengar Podcast Sandiaga Uno, Gofar Hilman hingga Deddy Corbuzier kan di Youtube?

    Pengembang Google
    Penerbit Google LLC
    Status Pengembang
    Aktif
    Jumlah Unduhan
    5.000.000.000+
    Rating4.2/5

Penutup

Itulah daftar aplikasi Podcast terbaik versi Gubuk Pintar sejauh ini. Semoga kamu dapat menemukan aplikasi Podcast yang sesuai dengan harapan mu ya. Jangan ragu untuk memberikan rekomendasi mu juga dengan menuliskannya di kolom komentar.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Daftar Aplikasi Podcast Terbaik Yang WAJIB Kamu Install, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

Berikanlah komentar yang relevan dengan artikel dan untuk spam atau menyertakan link aktif maupun non aktif akan langsung dihapus.
EmoticonEmoticon