√ Penjelasan Apa Itu FeedBurner dan Fungsinya - Gubuk Pintar
Penjelasan Apa Itu FeedBurner dan Fungsinya
Penjelasan Apa Itu FeedBurner dan Fungsinya

Penjelasan Apa Itu FeedBurner dan Fungsinya

Apa Itu FeedBurner? Yuk, temukan penjelasan FeedBurner, fungsi dan cara kerja serta menggunakannya dalam artikel ini!

apa itu feedburner

Beberapa waktu lalu Google mengumumkan akan menutup layanan FeedBurner tetapi bukan reaksi kecewa atau terkejut yang muncul, melainkan kebingungan tentang apa itu FeedBurner.

Untuk menjawab hal ini, Gubuk Pintar akan coba membuat artikel khusus untuk kamu yang masih bingung tentang FeedBurner serta fungsinya bagi blog.

Sejatinya menggunakan FeedBurner itu cukup penting untuk bisa membantu meningkatkan pengunjung blog. Oleh karena itu, kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Yuk, baca bagian selanjutnya agar tidak gagal paham.

Daftar Isi





Apa Itu FeedBurner?

FeedBurner adalah sebuah alat berbasis web yang berguna untuk melakukan manajemen publikasi RSS Feed yang umumnya digunakan untuk konten blog dan podcast. Alat ini dimiliki oleh Google setelah diakuisisi pada tahun 2007 lalu dan dirancang khusus untuk mendukung Blogger.

FeedBurner sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dan cukup populer tidak lama setelah peluncurannya. Ini yang menjadikan Google tertarik untuk mengintegrasikan FeedBurner dengan Blogger.

Namun beberapa pihak yang awalnya menyukai FeedBurner memunculkan protes karena sejak akuisisi yang dilakukan Google, alat ini tidak banyak memiliki pengembangan. Beberapa aplikasi pesaing pun mulai bermunculan, utamanya pada medio awal 2010.

Walaupun muncul persaingan serta kondisi FeedBurner yang 'miskin' pembaruan, ada satu hal yang membuat orang tetap nyaman menggunakan FeedBurner yaitu gratis dan tanpa batas. Ya, FeedBurner menyediakan fitur unlimited RSS Feed untuk setiap penggunanya tanpa perlu bayar.

Hal tersebut tidak mampu diberikan oleh para pesaingnya yang cenderung melakukan monetisasi terhadap layanan mereka dengan menonjolkan sisi improvisasi daripada fitur yang dimiliki FeedBurner. Temukan situs-situs tersebut dalam artikel Alternatif FeedBurner.

Fungsi FeedBurner

Setelah tahu apa itu FeedBurner, mungkin kamu bertanya tentang manfaat dari alat ini. Menurut Gubuk Pintar, manfaat FeedBurner cukup relatif. Ada yang menganggap ini penting, ada pula yang tidak peduli dengan alat ini.

Secara umum, manfaat yang dapat kamu peroleh dari menggunakan FeedBurner yaitu:

  • Membagikan konten blog ke pembaca setia yang berlangganan (subscribe) melalui email sesaat setelah artikel baru ditayangkan.
  • Memudahkan manajemen pelanggan, dimana kamu dapat menghapus akun-akun yang menurut mu adalah spam.
  • Menampilkan statistik dari interaksi feed dan pelanggan, seperti melihat jumlah pelanggan dan melihat bagaimana reaksi mereka terhadap feed yang kamu bagikan.

Disinilah letak manfaat FeedBurner yang relatif tersebut. Bagi sebagian orang yang merasa bahwa mereka tidak perlu menyebarkan feed nya secara personal ke pembaca via email dan lebih memilih untuk pembaca langsung datang ke blog mereka, ya alat ini menjadi tidak memiliki manfaat apapun.
 

Cara Kerja FeedBurner

Gubuk Pintar akan menjelaskan teknis kerja FeedBurner secara umum. Hal ini lantaran agar lebih mudah untuk kamu mengerti mekanismenya.

Penyebaran feed oleh FeedBurner dapat dilakukan apabila pelanggan telah mendaftarkan dirinya untuk mengikuti feed blog mu dengan mengirimkan email dan mengkonfirmasinya. Caranya adalah dengan memasukkan email pada widget berlangganan yang tersedia di blog tersebut.

Setelah email yang mereka masukkan terdaftar dan mereka telah mengonfirmasinya, maka secara otomatis email tersebut sudah aktif menjadi pelanggan newsletter feed dari blog tersebut.

Pelanggan terdaftar tersebut akan mendapatkan update dari blog yang diikutinya, sesaat setelah blog tersebut menerbitkan artikel. Update ini akan diperoleh oleh pelanggan melalui kotak masuk email yang mereka daftarkan.

Setiap interaksi yang pelanggan lakukan terhadap konten yang dikirimkan tersebut akan dicatat oleh FeedBurner dan ditampilkan statistiknya ke pemilik blog yang dapat digunakan sebagai data untuk pertimbangan mengembangkan teknik pemasaran blognya kedepan.

Cara Mendaftar FeedBurner

Untuk memanfaatkan publikasi RSS Feed dari FeedBurner untuk blog, kamu dapat mengakses situs resmi RSS Feed FeedBurner. 

Untuk kamu yang ingin mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

  1. Buka situs RSS Feed FeedBurner dan login dengan akun Google mu

  2. Buat RSS Feed baru dan masukkan nama dan alamat RSS Feed mu

    memasukkan nama feedburner

  3. Apabila berhasil, akan muncul halaman yang menunjukkan bahwa RSS Feed mu berhasil dibuat. Setelah itu, pilih "Skip directly to feed management" yang terletak disebelah tombol Next

    feedburner skip

  4. Buka tab Publicize, pada bagian Email Subscriptions, klik Activate untuk mengaktifkan berlangganan feed via email

    activate feedburner

  5. Selanjutnya, letakkan widget berlangganan di blog mu agar pembaca bisa mulai mengikuti blog mu via email.

    widget berlangganan rss feed blog

Pengumuman Perubahan Layanan FeedBurner

Pada 14 April 2021 lalu, Google selaku pemilik mengumumkan FeedBurner akan mengalami perubahan infrastruktur sehingga terdapat fitur-fitur yang akan dihilangkan dari produk ini, salah satunya daftar berlangganan.

notifikasi perubahan layanan feedburner
Notifikasi Perubahan Layanan FeedBurner

Sejatinya ini menjadi kabar baik sekaligus buruk bagi penggemar FeedBurner. Sisi baiknya adalah pada akhirnya Google memberikan pengembangan terhadap produk ini setelah menjadi bagian dari raksasa teknologi satu ini selama lebih dari 14 tahun.

Pada sisi lainnya, menghilangkan daftar berlangganan yang sudah cukup populer dimata pengguna tentu memberikan kekecewaan, terutama bagi mereka yang telah lama membangun daftar pelanggan serta memanfaatkannya.

Belum disampaikan secara jelas bagaimana rencana pengembangan yang akan dilakukan oleh Google. Semuanya masih tertutup rapat setidaknya hingga artikel ini dituliskan. Menarik untuk disaksikan, apa yang kira-kira FeedBurner dapat lakukan kedepannya setelah ini. Mari temukan dibulan Juli 2021.

Penutup

Sudah tahukan apa itu FeedBurner, fungsi hingga cara menggunakannya. Berhubungan dengan perubahan layanan yang akan dilakukan, sebaiknya kamu menyesuaikan ya dengan situasi ini. Pastikan ketika pembaruannya dirilis, kamu sudah siap!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penjelasan Apa Itu FeedBurner dan Fungsinya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar