-->
Cara Menambah Followers Twitter Secara Organik
Cara Menambah Followers Twitter Secara Organik

Cara Menambah Followers Twitter Secara Organik

Berikut ini tips cara menambah followers Twitter secara organik versi Gubuk Pintar. Yuk baca sekarang!

Cara Menambah Followers Twitter
Kebutuhan akan cara menambah followers Twitter rasanya cukup tinggi permintaannya seiring peningkatan pengaruh media sosial yang satu ini. Tak jarangkan kamu mendengar trending topic Twitter yang bisa sampai diberitakan pada berbagai surat kabar nasional bahkan internasional?

Pada masa lalu, mungkin kamu tidak asing dengan cara menambah followers Twitter menggunakan bot atau akun palsu. Namun seiring maraknya praktik ini, Twitter telah meningkatkan kemampuan algoritmanya untuk 'membasmi' pihak-pihak yang melaksanakan hal tersebut.

Selain itu, memiliki followers berupa bot juga nyatanya tidak memberikan efek yang signifikan terhadap akun Twitter tersebut. Selain berpotensi menghadirkan masalah, interaksi yang diharapkan pun tidak terjadi sehingga rasanya tidak jauh berbeda dengan akun yang memiliki followers dengan jumlah yang sedikit.

Pada artikel kali ini, Gubuk Pintar ingin membagikan beberapa tips kepada mu tentang bagaimana meningkatkan jumlah followers Twitter secara organik. Harapannya kamu tidak lagi menggunakan cara-cara yang tidak tepat seperti menggunakan bot untuk menambah followers mu.

Untuk itu, yuk kita masuk ke bagian inti artikelnya.

Cara Menambah Followers Twitter

Memperbaiki Profil

Cara Menambah Followers Twitter

Jangan biarkan profil mu kosong!

Pastikan kamu mengisi setiap detail yang ada dengan baik dan menarik agar memunculkan rasa penasaran orang terhadap mu. Gunakan foto yang unik (Twitter bukan LinkedIn, tidak perlu formal) dan sertakan deskripsi singkat tentang mu.

Username Twitter juga sangat penting. Semakin mudah diingat maka orang semakin berpotensi untuk mengunjungi mu. Apabila ternyata akun mu menarik, maka bukan tidak mungkin pengunjung tersebut akan mengikuti mu. 

Jangan gunakan username Twitter yang rumit seperti @tw1tt3rku2020, cukup membuat tidak nyaman bukan?

Membuat Tweet Yang Menarik

Twitter tanpa tweet apalah jadinya?

Mungkin dari semua cara menambah followers Twitter secara organik, membuat tweet yang menarik adalah hal paling mendasar. Menarik dalam hal ini bisa berupa sajian tweet yang informatif, jenaka atau pandangan mu secara original tentang suatu hal.

Selain itu, pastikan tweet mu tersebut kamu luncurkan tersebut disajikan secara menarik. Gunakan gambar atau video ilustrasi sebagai pendukung tulisan dan kamu dapat membuatnya dalam sebuah thread apabila tulisan mu cukup panjang agar pembaca dapat memahami konteksnya secara berurutan.

Perlu kamu ketahui, algoritma Twitter hanya akan menampilkan tweet terbaru saja di linimasa penggunanya. Oleh karena itu, meskipun tweet mu menarik tetapi disebarkan diwaktu yang tidak tepat maka ya bisa jadi akan miskin pembaca.

Coba simak artikel Waktu Yang Tepat Untuk Promosi Di Media Sosial agar kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk membagikan tweet mu.

Poin terkakhir yang harus kamu perhatikan adalah jangan sampai berhenti pada satu tweet menarik saja. Cobalah untuk membuat jadwal kapan kamu harus membuat tweet menarik yang lainnya. Kuncinya adalah konsistensi.

Tips dari Gubuk Pintar, cobalah untuk melihat trending topic yang sedang berlangsung. Buatlah tweet yang berhubungan tentang hal tersebut secara original menurut pandangan mu. Ketika tweet mu berhasil menarik perhatian pembaca, mereka berpotensi melihat profil mu untuk mengetahui lebih banyak tentang mu. 

Saat pembaca melihat profil mu, disinilah potensi penambahan followers itu terjadi. Itulah pentingnya membuat tweet menarik secara konsisten dan profil yang baik karena mereka akan menilai 'kelayakan' mengikuti akun mu dari kedua hal ini.

Tweet Dengan Hashtag Yang Tepat

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu cara membuat tweet yang menarik adalah dengan melihat trending topic. Demi menunjang hal ini, kamu dapat menambah 'kekuatan' tweet mu dengan menyelipkan hashtag yang tepat.

Ciri hashtag yang tepat adalah mampu mendeskripsikan tweet secara jelas, banyak digunakan orang dan relevan. Contohnya,

Hashtag 1: #MakanBakso (Trending dengan total pengguna 20.000)
Hashtag 2: #Psikologi (Total pengguna 5.000)

Kamu ingin membagikan sebuah tweet seputar informasi psikologi, maka gunakan hashtag 2 dan jangan mencatut hashtag 1. Alasannya karena hashtag 2 mempu mendeskripsikan tweet mu secara jelas dan relevan serta telah memiliki volume penggunaan sebelumnya.

Ketika kamu mencatut hashtag 1, maka tweet mu masuk ke dalam kategori spam dan bisa saja ada orang yang melaporkannya karena dianggap tidak relevan sehingga akun mu dapat ditangguhkan walaupun hashtag 1 sedang trending dan memiliki banyak pengguna.

'Mutualan'

Pernah mendengar ajakan 'mutualan' di Twitter?

Mutualan adalah sebuah proses saling mengikuti di Twitter dengan tujuan menemukan teman baru. Biasanya setelah saling mengikuti, prosesnya dilanjutkan via DM (Direct Message) untuk saling berkenalan lebih lanjut.

Bila kamu menggunakan Twitter untuk mencari teman baru, tentu ini merupakan cara menambah followers Twitter yang sangat tepat untuk mu karena kamu mendapatkan dua hal menarik sekaligus. Saat ini sudah banyak akun yang dapat membantu mu menemukan 'mutualan' lho.

Promosi Akun

Cara menambah followers Twitter secara organik yang dapat kamu gunakan selanjutnya adalah dengan mempromosikan akun mu. Kamu dapat menggunakan Twitter Ads, promosi berbayar pada sebuah akun yang memiliki basis pengikut yang besar atau mencari promosi gratis.

Untuk menggunakan Twitter Ads, kamu dapat pergi ke Twitter melalui browser. Setelah login dengan akun mu, pilih Selengkapnya dan klik Iklan Twitter. Kamu dapat mengatur sesuai dengan kebutuhan mu.

Cara Menambah Followers Twitter
Untuk promosi berbayar pada sebuah akun atau biasa dikenal sebagai 'Paid Promote', sebaiknya kamu mencari akun yang satu jenis dengan topik bahasa mu (bila akun mu berupa akun bisnis) atau cukup menggunakan jasa seorang influencer (bila akun mu berupa akun pribadi). Tarifnya pun bermacam-macam tergantung pada sang penyedia jasa.

Bila kamu tidak ingin mengeluarkan biaya untuk promosi, kamu dapat mencari akun yang berbaik hati memberikan promosi secara gratis. Salah satu contohnya yaitu akun Twitter Gubuk Pintar. Kamu dapat mempromosikan konten blog dan YouTube mu secara gratis beserta akun Twitter mu secara tidak langsung.

Untuk lebih lengkapnya baca syarat ketentuan promosi gratis di @GubukPintar.

Penutup

Seperti itulah beberapa cara menambah followers Twitter secara organik yang Gubuk Pintar sarankan untuk kamu. Semoga jumlah followers mu dapat meningkat pesat ya setelah melakukannya. 

Ingat, segala sesuatu yang disarankan diatas tidak akan menambah followers Twitter mu secara instan. Dibutuhkan konsistensi dalam menjalankannya agar hasilnya dapat sesuai dengan yang kamu harapkan. Sebaiknya kamu memiliki target dan perencanaan sehingga dapat mengevaluasi usaha yang sudah kamu lakukan.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Menambah Followers Twitter Secara Organik, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"