√ Cara Menggunakan Telegram, Wajib Baca Bagi Pemula - Gubuk Pintar
Cara Menggunakan Telegram, Wajib Baca Bagi Pemula
Cara Menggunakan Telegram, Wajib Baca Bagi Pemula

Cara Menggunakan Telegram, Wajib Baca Bagi Pemula

Sudah tahu cara gunakan Telegram? Yuk, temukan cara menggunaan Telegram untuk yang pemula dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Menggunakan Telegram
Cara menggunakan Telegram mungkin banyak di anggap sama saja dengan aplikasi sejenis lainnya kalau kamu masih baru dengan aplikasi ini. Padahal Telegram mengandung beragam fitur yang sajiannya cukup berbeda.

Bukti nyatanya dapat dilihat dari perkembangan Telegram saat ini. Tentu hal ini tidak lepas dari kemampuan aplikasi ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan yang belum dapat dipenuhi oleh aplikasi lainnya kan?

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar ingin mengajak mu mengenal lebih dalam tentang Telegram dan membagikan gambaran awal tentang cara penggunaan Telegram.

Daftar Isi




Apa Itu Telegram?

Telegram adalah aplikasi layanan pengirim pesan berbasis cloud yang dapat digunakan diberbagai platform berbeda seperti HP, PC dan Web. Komitmen Telegram terhadap proteksi privasi pengguna menjadi ‘daya dobrak’ Telegram dalam bersaing dengan aplikasi sejenis sejak perilisannya.

Aplikasi ini dikembangkan setelah kedua penemu Telegram, Pavel Durov dan Nikolai Durov, menilai tingkat keamanan pengguna dari aplikasi WhatsApp sangat lemah. Mereka pun akhirnya merilis Telegram sebagai solusinya pada tahun 2013. Kisahnya dapat kamu baca dalam artikel Sejarah Telegram.

Pavel Durov dan Nikolai Durov
Pavel Durov dan Nikolai Durov

Hal yang menarik dari aplikasi Telegram yaitu komitmen mereka untuk membuat aplikasi ini gratis dan nirlaba. Kamu tidak akan menemukan kebijakan apapun yang mengharuskan kamu untuk membayar.

Selama ini, sebagian besar pengeluaran yang dibutuhkan untuk mengelola Telegram berasal dari Pavel Durov. Namun karena penggunanya yang kian meningkat, Telegram memutuskan untuk memonetisasi platformnya yang dimulai pada tahun 2021 untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya.

Tenang saja, Pavel Durov menyebutkan bahwa seluruh fitur yang ada saat ini akan tetap gratis dan nyaman digunakan. Kalau pun akan ada iklan, itu hanya akan muncul di fitur publik seperti channel dan fitur premium yang ditujukan untuk bisnis.

Monetisasi yang digagas Telegram juga ‘ramah’ terhadap pengguna. Kamu nantinya juga bisa memperoleh pendapatan dari menjadi penayang iklan, menjual stiker dan beberapa lainnya yang masih dirahasiakan hingga perilisannya nanti.

Baca Juga: Cara Melihat ID Telegram

Apa Fungsi Telegram?

Setelah membahas penjelasan tentang apa itu Telegram, rasanya kamu perlu tahu juga apa saja sebenarnya kegunaan Telegram. 

Ini bertujuan agar kamu tidak salah kaprah dan menganggap bahwa Telegram itu hanya sebatas layanan berkirim pesan saja. Tidak, Telegram lebih dari itu lho!

Beberapa fungsi Telegram yaitu:

  • Mengirim file berukuran besar

  • Berkirim pesan yang bersifat rahasia

  • Grup dengan anggota ‘super’ besar

  • Membangun brand

  • Menjual produk dan jasa

  • Browser alternatif

  • Menonton video dan mendengarkan lagu


Coba kamu lihat, sangat berbedakan dengan aplikasi sejenisnya?

Telegram memang dikenal sebagai aplikasi multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Apa yang Gubuk Pintar tuliskan diatas bahkan mungkin belum mencakup semunya. 

Oh iya, penjelasan lengkap tentang hal-hal diatas dapat kamu baca lebih lanjut di artikel penjelasan Fungsi Telegram ya.

Baca Juga: Cara Backup Chat Telegram

Cara Menggunakan Telegram Untuk Kamu Yang Baru Pakai

Infografis Cara Menggunakan Telegram
Cara Menggunakan Telegram

Ada beberapa tips cara menggunakan aplikasi Telegram bagi kamu yang baru ingin coba memakainya. Gubuk Pintar akan mengurutkan dari langkah paling awal yaitu proses mengunduh aplikasi hingga mencoba beberapa fitur umum dari Telegram.

  1. Cara Download Aplikasi Telegram

    Telegram bisa digunakan di berbagai platform seperti HP, PC hingga browser. Khusus untuk HP dan PC, kamu harus download dulu aplikasinya. 

    Hebatnya, Telegram telah tersedia di seluruh sistem operasi populer saat ini seperti Android dan iOs untuk smartphone serta Windows, Linux dan MacOS untuk PC.Tidak ada spesifikasi khusus yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aplikasi Telegram. 

    Selagi perangkat mu dapat berfungsi dengan baik, hampir dipastikan kamu bisa menggunakan Telegram.Segala kebutuhan dan rangkaian proses download Telegram dapat kamu temukan di artikel Cara Download Aplikasi Telegram

    Gubuk Pintar akan memandu mu melewati prosesnya dengan artikel tersebut.

  2. Mendaftar Akun Telegram

    Tentu saja kamu membutuhkan akun untuk dapat mulai menggunakan Telegram. Pada proses ini, kamu membutuhkan nomor telepon aktif untuk mendaftarnya.

    Nomor telepon akan menjadi salah satu ‘tanda pengenal’ di aplikasi Telegram, dimana orang lain bisa menambahkan mu ke kontaknya bermodalkan hal tersebut.

    Meskipun begitu, sebenarnya ada cara tertentu yang dapat dilakukan untuk daftar Telegram tanpa nomor HP. Cara tersebut sudah Gubuk Pintar cantumkan dalam artikel Cara Daftar Telegram

    Artikel tersebut mencakup seluruh rangkaian mendaftar Telegram diberbagai platform.

  3. Mengubah Bahasa Telegram

    Secara umum, aplikasi Telegram akan menggunakan Bahasa Inggris pada awal akses aplikasi. Namun Telegram cukup mengerti kebutuhan pengguna dengan menghadirkan pula berbagai Bahasa lainnya.

    Sayangnya, jumlah Bahasa yang dapat digunakan berbeda untuk setiap perangkatnya. Ketersediaan Bahasa terbanyak yakni pada platform HP yang mencapai 19 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

    Kalau kamu ingin tahu cara pakai Telegram dengan Bahasa Indonesia, silahkan baca artikel Cara Mengubah Bahasa di Telegram ya.

  4. Atur Profil

    Untuk membuat akun yang menarik dan terlihat meyakinkan, tentu saja kamu harus mengatur profil Telegram mu. Ada beberapa bagian profil yang harus kamu isi sesaat setelah mendaftarkan akun mu, yaitu:

    • Membuat username Telegram, ini bisa menjadi pengganti nomor telepon apabila kamu tidak ingin orang lain mengetahuinya.

    • Membuat nama akun, ini merupakan nama yang tampil dari akun mu. Berbeda dengan username yang menjadi tanda pengenal dari akun mu.

    • Mengganti foto profil, awalnya foto profil mu adalah inisial dari nama akun mu maka ganti secepatnya agar lebih menarik.

    • Mengatur privasi dan keamanan akun, buatlah password dan atur kebijakan privasi seperti siapa saja yang dapat melihat foto profil mu, last seen, nomor telpon, melakukan panggilan ke akun mu, dsb.

    • Mengisi bio, sebenarnya ini opsional saja sih.

  5. Bergabung Ke Grup

    Ada dua jenis grup di Telegram, yaitu yang bersifat public dan private. Untuk yang bersifat public, kamu bisa masuk secara langsung tanpa harus melalui proses pengundangan sedangkan yang bersifat private sebaliknya.

    Telegram memiliki kapasitas grup yang mencapai 200.000 orang sehingga arus informasinya begitu padat dan cepat. Kamu tentu bisa melihatkan bagaimana potensi informasi yang dapat kamu peroleh dari bergabung di grup-grup yang ada di Telegram?

    Berikut ini ada beberapa panduan seputar grup Telegram:

  6. Mengikuti Channel

    Kalau grup bersifat dua arah, channel sifatnya satu arah. Orang yang dapat mengirimkan pesan di channel tersebut hanya sang pemilik dan para adminnya saja. Jadi informasi yang disebarkan di channel ini akan lebih mudah dipahami karena tidak akan ‘tertimpa’ oleh chat lainnya.

    Berbeda dengan grup yang jumlah anggotanya dibatasi, channel tidak memiliki batasan pengikut. Oleh karena itu, channel menjadi aset penting apabila kamu ingin memanfaatkan Telegram untuk kepentingan bisnis.

    Tips seputar channel Telegram dapat kamu temukan di artikel berikut ini:
  7. Mengenal Bot

    Mengenal bot Telegram menjadi cara menggunakan Telegram terakhir yang wajib kamu ketahui dalam perjalanan awal mu mengenal aplikasi ini yaitu bot Telegram.

    Bot Telegram merupakan aplikasi pihak ketiga yang dijalankan menggunakan Telegram serta di kontrol dengan menggunakan kode API.

    Fitur Telegram yang satu ini mengandung begitu banyak manfaat karena bot Telegram dapat kamu atur sedemikian rupa hingga sesuai dengan kebutuhan atau jasa yang ingin kamu tawarkan. 

    Cara download lagu di Telegram yang Gubuk Pintar bagikan merupakan salah satu contoh dari penggunaannya.

    Berikut ini artikel pendukung yang dapat kamu baca apabila ingin mengetahui lebih jauh:

Baca Juga: Cara Membuat Link Telegram

Fitur Telegram dan Permainan Yang Menarik Untuk Dicoba

Setelah mengetahui dasar cara menggunakan Telegram, sekarang kita beralih ke bagaimana pengguna umumnya memanfaat fitur dan menciptakan keseruan ketika menggunakan Telegram.

Berikut ini merupakan beberapa fitur dan permainan yang di explore oleh para pengguna Telegram dari aplikasi ini:

  1. Secret Chat

    Sudah sempat disinggung pada bagian awal artikel ini bahwa Telegram sangat peka terhadap keamanan privasi pengguananya. Fitur 'secret chat' adalah satu satu bukti bahwa benar mereka peduli terhadap hal ini.

    Secret Chat merupakan fitur yang berguna untuk membuat sebuah ruang chat rahasia, dimana fitur ini memastikan chat tersebut tidak dapat dibagikan dan diakses oleh siapapun. Ruang chat ini dapat diatur waktu penghapusan otomatisnya serta tidak dapat di screenshot.

    Penjelasan lengkap tentang fitur secret chat dapat kamu temukan dalam artikel Secret Chat Telegram.

  2. Membuat Polling

    Berbekal grup dengan kapasitas hingga 200.000 anggota serta channel yang tidak ada batasan pengikutnya, membuat polling tentang topik tertentu dapat diperoleh data yang cukup akurat.

    Selain itu, fitur polling Telegram juga bisa dibuat menjadi berformat quiz. Ini bisa menjadi permainan yang menarik untuk meramaikan grup atau channel mu.

    Ikuti panduan Cara Membuat Polling di Telegram untuk melakukannya ya.

  3. Bermain Roleplayer

    Ini menjadi salah satu permainan yang cukup populer di kalangan remaja yang aktif memainkan media sosial. Meskipun boomingnya di Twitter, nyatanya ada juga yang bermain roleplayer di Telegram.

    Mereka biasanya menghiasi akunnya dengan username Telegram aesthetic serta nama dan bio yang mendeskripsikan karakter yang mereka mainkan. Tak lupa, foto profilnya pun menggunakan foto dari karakter tersebut.

    Mau tahu bagaimana cara mainnya? Silahkan baca artikel Cara Main RP di Telegram ya.

  4. Mutualan

    Tidak hanya main roleplayer, biasanya para anak muda di Telegram juga aktif ‘mutualan’. Tren ini juga awalnya berkembang di Twitter yang kemudian di adopsi pula oleh pengguna Telegram.

    Ada banyak channel dan grup yang tersedia untuk kamu bisa menemukan pasangan untuk mutualan. Kegiatan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menemukan teman chat baru.

    Oh iya, kalau kamu belum tahu apa itu mutualan dan caranya melakukannya, silahkan temukan di artikel Arti Mutualan Telegram dan Cara Melakukannya ya.

  5. Nonton Film

    Biasanya, Telegram juga dijadikan tempat menonton film untuk mengisi waktu luang. Ada banyak orang yang mengupload film di Telegram karena memang batasan upload file nya yang cukup besar yaitu hingga 2GB.

    Kalau kamu pernah dengan cara menonton drakor di Telegram, itu benar adanya. Banyak penggemar Korea yang memang ‘sengaja’ membuat Telegram hanya untuk menonton drama Korea favoritnya.

    Tidak hanya Korea, film bertema lainnya pun tersedia di Telegram. Ini tergantung dari kejelian mu menemukan channel atau grup yang menyajikannya.

    Panduan cara gunakan Telegram untuk hal ini dapat kamu temukan dalam artikel Cara Nonton Film di Telegram.


Baca Juga: Cara Menghapus Akun Telegram

Penutup

Seperti itulah penjelasan tentang cara memakai Telegram yang harapannya dapat membantu mu mengenal aplikasi ini. Telegram tentu akan terus memperbarui aplikasinya dan menghadirkan beragam fitur-fitur baru kedepannya melihat jumlah penggunanya yang terus bertambah.

Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya ya!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Menggunakan Telegram, Wajib Baca Bagi Pemula, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar