√ 7 Fungsi Telegram Yang Wajib Kamu Ketahui - Gubuk Pintar
7 Fungsi Telegram Yang Wajib Kamu Ketahui
7 Fungsi Telegram Yang Wajib Kamu Ketahui

7 Fungsi Telegram Yang Wajib Kamu Ketahui

Masih banyak orang salah kaprah tentang fungsi Telegram yang sebenarnya. Kalau tidak percaya, coba cek kegunaan Telegram yang ada dalam artikel ini!

Fungsi Telegram

Ada cukup banyak fungsi Telegram yang sebenarnya dapat dimanfaatkan. Namun banyak orang yang baru menggunakannya hanya berpikir bahwa aplikasi ini tidak ada bedanya dengan messenger lainnya.

Untuk meluaskan pandangan mengenai fungsi dari aplikasi Telegram, Gubuk Pintar akhirnya memutuskan untuk menulis artikel yang satu ini. Gubuk Pintar akan menjabarkan beberapa kegunaan aplikasi Telegram yang sebenarnya telah dimanfaatkan oleh sebagian orang.

Harapannya setelah kamu membaca artikel ini, kamu bisa memanfaatkan lebih banyak fungsi Telegram yang ada untuk mengembangkan diri ataupun bisnis mu.

Tak perlu berlama-lama lagi, mari kita bahas fungsi dan kegunaan Telegram!

Daftar Isi




Apa Saja Fungsi Telegram ?

Secara umum, banyak orang hanya tahu bahwa fungsi Telegram adalah sama seperti WhatsApp, yaitu untuk berkirim pesan saja. Nyatanya, fungsi Telegram jauh lebih variatif dari pada sekadar untuk chat saja.

Beberapa fungsi Telegram yang dapat kamu manfaatkan yaitu:

  1. Mengirim dan Menerima File Berukuran Besar
    Fungsi aplikasi Telegram yang pertama kita bahas yaitu kemampuan aplikasi ini dalam berkirim file.

    Seperti apa yang kita tahu, salah satu keterbatasan untuk mengirim sebuah file secara langsung yaitu ukurannya. Sangat jarang terdapat aplikasi sejenis yang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk dapat berkirim file dengan ukuran besar.

    WhatsApp membatasi penggunanya dengan hanya dapat mengirim file hingga berukuran 16 MB dalam sekali kirim. Line memberikan batasan ukuran file lebih besar yaitu hingga 1 GB. Disinilah kelebihan Telegram yang memiliki batasan hingga 2 GB per file.

    Kegunaan Telegram yang satu ini mungkin masih belum banyak yang menyadarinya karena masih ada yang merasa bahwa baik Telegram dan WhatsApp atau mungkin juga Line itu sama saja.

    Padahal kalau kamu telaah fitur-fiturnya, setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Khusus untuk berkirim file yang berukuran besar secara langsung, Telegram sangat direkomendasikan.

  2. Mengirimkan Pesan Yang Bersifat Sangat Rahasia
    Dalam artikel Sejarah Telegram telah dijelaskan bagaimana aplikasi ini sangat berorientasi terhadap privasi penggunanya. Sebagai aplikasi messenger, fitur chat tentu menjadi prioritas utama Telegram.

    Selain chat biasa, Telegram juga menghadirkan fitur "Secret Chat", yaitu sebuah fitur yang secara umum sama saja dengan ruang chat biasa tetapi dilengkapi dengan proteksi privasi yang sangat optimal.

    Ketika fitur Secret Chat diaktifkan, maka secara otomatis kegiatan yang kamu lakukan di dalamnya tidak dapat direkam oleh server Telegram. Ruang chat juga dienkripsi sehingga hampir mustahil untuk ditembus oleh penyadap.

    Kamu juga bisa mengatur kapan ruang obrolan tersebut dihapus secara otomatis. Penjelasan lengkap dari fitur ini telah Gubuk Pintar tuliskan dalam artikel Secret Chat Telegram.

    Fungsi dari Telegram satu ini sangat jarang ditemukan di aplikasi sejenis lainnya. WhatsApp atau Line sekalipun belum memilikinya.

  3. Membuat Grup Dengan Jumlah Anggota Besar
    Kamu tentu mengharapkan batasan jumlah anggota yang besar kan dari sebuah aplikasi chatting?

    Saat ini, WhatsApp memberikan batasan kepada penggunanya yang membuat grup untuk memiliki anggota maksimal sebanyak 256 orang. Dalam hal ini, Line lagi-lagi lebih baik dari WhatsApp.

    Line yang dikembangkan oleh Naver yang berbasis di Jepang, dapat menampung hingga 500 anggota dalam satu grup yang sama. Jumlahnya hampir dua kali lipat bila dibandingkan dengan WhatsApp.

    Namun lagi-lagi keduanya tidak lebih baik bila dibandingkan dengan Telegram. Untuk kategori ini, mungkin belum ada yang bisa mengalahkan Telegram. Ya, Telegram mampu menampung hingga 200.000 anggota dalam satu grup yang sama.

    Infografis Telegram
    Infografis Telegram
    Menariknya, sebagai admin grup Telegram, kamu dapat mengatur segala aktivitas anggota dengan mudah seperti mengeluarkan anggota, menghapus atau menandai pesan, dsb. Admin grup juga dapat diberikan lencana khusus yang dapat dikostumasi.

    Coba bayangkan, kamu bisa mengirimkan file hingga 2 GB dalam sekali kirim dalam sebuah grup yang berisikan 200.000 orang. Menarik bukan fungsi Telegram yang satu ini?

    Kalau kamu ingin meminta pendapat anggota grup mu yang sangat banyak itu, kamu juga dipermudah dengan adanya fitur jajak pendapat (polling). Cara melakukannya telah Gubuk Pintar tuliskan sebelumnya di artikel Cara Membuat Polling di Telegram.

    Semua panduan tentang membuat dan mengembangkan grup di Telegram dapat kamu baca di artikel Cara Membuat Grup Telegram.

  4. Membangun Personal Branding
    Contoh lain dari kegunaan Telegram pada masa sekarang ini yaitu untuk kepentingan branding pribadi. Era sekarang ini, branding personal tentu sangat penting untuk membangun kredibilitas dan juga popularitas.

    Seseorang atau bisnis yang memiliki branding positif cenderung lebih mampu menciptakan konversi dari target yang mereka harapkan. Sebagai contoh, seorang ahli digital marketing yang dikenal secara positif, tentu banyak dipercaya orang untuk digunakan jasanya.

    "Jika orang-orang menyukai Anda, mereka akan mendengarkan Anda, tetapi jika mereka mempercayai Anda, mereka akan berbisnis dengan Anda." -Zig Ziglar

    Telegram fungsinya juga dapat diarahkan untuk membangung branding personal atau bisnis mu. Kamu dapat memanfaatkan channel atau grup yang ada untuk membagikan informasi  yang bermanfaat ke orang lain.

    Untuk channel Telegram sendiri jauh lebih fleksibel lagi. Tidak ada batasan pelanggan yang artinya kamu dapat terus mengembangkannya tanpa batas dan menjangkau lebih banyak orang. Silahkan baca artikel Cara Membuat Channel Telegram untuk panduan membuatnya.

    Sedikit tips untuk membangun brand mu di Telegram yaitu dengan mulai di sebuah grup publik yang aktif. Berikanlah solusi dari masalah yang dialami para anggota grup dan buat grup tersebut mengenal mu secara positif dan mengerti apa keahlian mu.

    Buatlah channel Telegram dan sesekali promosikan disana. Anggota grup tersebut tentu akan tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut dan beberapa mungkin akan mulai berlangganan channel mu.

    Lebih lanjut tentang teknik mengembangkan channel Telegram dapat kamu temukan di artikel Cara Menambah Subscriber Channel Telegram.

    Salah satu contoh nyata dari pemanfaatan fungsi Telegram satu ini adalah TED Talks. Mereka menjadikan channel Telegram nya sebagai media perpanjangan dari akun Youtube yang mereka miliki.

    Saat ini, TED Talks telah memiliki lebih dari 18.000 pelanggan yang menantikan update terbaru dari mereka.

  5. Menjual Produk dan Jasa
    Kalau Telegram bisa digunakan untuk membangun branding dengan mempromosikan keahlian atau keunggulan produk mu, tentu sudah pasti bisa digunakan pula untuk mempromosikan dan menjual produk ataupun jasa mu.

    Telegram mengumumkan bahwa per Januari 2021 mereka telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif dengan jutaan penambahan pengguna baru per harinya. Bukankah itu angka yang sangat menarik untuk dijadikan target pasar?
    Jenis Penjualan Produk di Telegram
    Data Penjualan Produk di Telegram (sumber: Statista)
    Data Statista menunjukkan bahwa penjualan barang di Telegram tahun 2020, di dominasi oleh produk-produk Tiongkok.

    Di Indonesia sendiri, produk-produk Tiongkok cukup mudah diperoleh. Ini bisa menjadi opsi bisnis yang potensial ketika cara menggunakan Telegram yang kamu rencanakan adalah untuk menghasilkan uang.

    Untuk bidang jasa, saat ini cukup di dominasi pada jasa yang berupa marketing seperti paid promote. Meskipun keuntangannya per penjualan tidak sebesar menjual produk tetapi kuantitas penjualannya jangan diragukan. Ini juga bisa menjadi opsi yang kamu pertimbangkan.

    Yakin tidak mau coba fungsi Telegram satu ini?

    Kalau memiliki keahlian pemrograman, kamu bisa memanfaatkan bot Telegram untuk membuat penjualan produk atau jasa mu berlangsung secara otomasi. Panduan membuat bot Telegram dapat kamu temukan di artikel Cara Membuat Bot Telegram.

  6. Alternatif Untuk Browsing Internet
    Manfaat Telegram lain yang dapat kamu rasakan yaitu untuk melakukan browsing internet dari aplikasi Telegram secara langsung.

    Jangan berpikir ini seperti browsing yang kamu lakukan di Google. Memang tidak seleluasa itu karena Telegram bukanlah sebuah mesin pencari tetapi ada beberapa situs yang membuat bot atau channel Telegram untuk membagikan isi situsnya.

    Ketika kamu browsing di internet untuk mencari informasi, tentu kamu akan menemukannya di dalam sebuah situs kan?

    Nah, situs-situs seperti Bloomberg, New York Times, Wikipedia hingga Google juga memiliki bot atau channel yang dapat kamu manfaatkan secara gratis di Telegram.

    Jadi, kamu bisa memanfaatkan Telegram tidak hanya untuk chat saja tetapi untuk mencari informasi terkini juga. Sudah semakin bertambahkan pengetahuan mu tentang fungsi Telegram ?

  7. Menonton Video dan Mendengarkan Lagu
    Youtube menjadi situs paling sering di kunjungi pada tahun 2020. Visualcapitalist mencatat ada sekitar 34,6 milyar rata-rata pengunjung bulanan yang datang menonton video di Youtube. Angka ini menunjukkan pola pengguna internet saat ini.

    Jumlah rata-rata kunjungan Youtube hanya kalah dari Google, ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet saat ini sangat menikmati konten berupa video. Baik dari aspek visual ataupun audio nya.

    Hebatnya, salah satu fungsi aplikasi Telegram di Android atau smartphone lainnya yaitu bisa dimanfaatkan untuk menonton video Youtube secara langsung. Kamu bisa memanfaatkan bot @Youtube untuk melakukannya.

    Bot Youtube Telegram
    Menonton Youtube di Telegram
    Fitur ini hanya bekerja di Telegram smartphone karena ketika Gubuk Pintar coba di Telegram PC, Youtube tetap terbuka di browser bukan di aplikasi Telegram. Namun rasanya ini cukup relevan karena fleksibilitas lebih dibutuhkan di smartphone ketimbang di PC.

    Tidak hanya Youtube saja, ada banyak channel dan bot lainnya yang juga berfungsi untuk membagikan video ataupun lagu untuk dinikmati. Beberapa diantaranya pernah Gubuk Pintar bagikan dalam artikel Bot Telegram Berguna.

Fungsi Telegram yang Gubuk Pintar jelaskan diatas hanya beberapa saja. Kamu bisa menemukan lebih banyak lagi dengan mencobanya sendiri. Membuat akun Telegram juga terhitung mudah, apalagi Gubuk Pintar juga sudah pernah membuat panduannya di artikel Cara Daftar Telegram.

Silahkan dicoba ya dan rasakan sendiri manfaatnya.

Baca Juga: Cara Backup Chat Telegram

Penutup

Seperti itulah beberapa fungsi Telegram yang belum banyak diketahui orang. Jadi, mulai sekarang jangan salah kaprah lagi ya tentang aplikasi yang satu ini. Kalau kamu tertarik mencobanya, langsung saja buat akun dan mulai manfaatkan fitur yang ada.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel 7 Fungsi Telegram Yang Wajib Kamu Ketahui, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar