Mengulas Apa Itu Zoom Meeting, Fitur dan Kelebihannya - Gubuk Pintar
Mengulas Apa Itu Zoom Meeting, Fitur dan Kelebihannya
Mengulas Apa Itu Zoom Meeting, Fitur dan Kelebihannya

Mengulas Apa Itu Zoom Meeting, Fitur dan Kelebihannya

Zoom adalah salah satu software yang sangat populer saat ini. Belum begitu familiar dengan apa itu Zoom? Yuk, temukan penjelasannya di artikel ini!

Apa Itu Zoom Meeting

Sejak tahun 2020 bergulir, rasanya sudah semakin banyak orang yang familiar dengan apa itu Zoom Meeting. Aplikasi ini semakin banyak digunakan seiring dengan regulasi pembatasan sosial yang diterapkan sejak pandemi terjadi.

Terlepas mungkin kamu juga sudah pernah menggunakannya, pernahkan kamu berpikir sudah sejauh apa kamu tahu tentang seluruh fitur dari aplikasi Zoom atau bagaimana ketika aplikasi ini disandingkan dengan pesainnya? Ini akan coba Gubuk Pintar bahas dalam artikel kali ini.

Yuk, simak pembahasan selengkapnya dibagian selanjutnya ya!

Daftar Isi




Apa Itu Zoom Meeting?

Zoom adalah aplikasi yang menyediakan layanan percakapan berbasis video yang banyak digunakan untuk kegiatan belajar, belajar ataupun pertemuan formal hingga tidak formal.

Aplikasi Zoom Meeting diinisiasi pertama kali pada tahun 2011 lalu oleh seorang mantan pegawai Cisco Webex bernama Eric Yuan. Zoom Meeting sendiri baru diluncurkan secara publik dalam bentuk aplikasi pada tahun 2013.

Erick Yuan Penemu Zoom Meeting
Erick Yuan, Sang Penemu Zoom Meeting

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa kesuksesan Zoom Meeting tidak lepas dari adanya pandemi sejak akhir tahun 2019 lalu, nyatanya Zoom telah berkembang menjadi salah satu startup berkategori unicorn sejak tahun 2017.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi ini didirikan dan perkembangannya, silahakan temukan di artikel Sejarah Aplikasi Zoom ya.

Kelebihan dan Kekurangan Zoom Meeting

Perdebatan seputar kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Zoom semakin sering terdengar seiring dengan meningkatkan popularitas aplikasi ini. Pada bagian ini, Gubuk Pintar akan coba berikan gambaran terkait keduanya.

Kelebihan Zoom Meeting

Adapun kelebihan dari aplikasi Zoom Meeting menurut Gubuk Pintar, yaitu:

  • Mudah Untuk Digunakan

    Kalau berbicara dalam lingkup user friendly, rasanya kamu pasti setuju bahwa Zoom akan masuk dalam kriteria cukup bagus.

    Tampilan aplikasi ini cukup sederhana, dimana setiap tombol fungsional diletakkan secara jelas sehingga bahkan orang yang pertama kali mencobanya pun tidak akan banyak mendapatkan kebingungan.

  • Sudah Banyak Orang Yang Familiar

    Sudah banyak orang yang tahu apa itu Zoom dan bagaimana cara menggunakannya sehingga kamu tidak perlu membuang waktu untuk menjelaskan kembali tentang mekanisme penggunaan aplikasi ini.

  • Dapat Digunakan Pada Banyak Platform

    Zoom Meeting bisa digunakan di PC, HP hingga Tablet. Selama perangkat mu memiliki kamera, mic dan speaker, kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara optimal.

    Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa masuk ke sebuah meeting menggunakan ketiga perangkat yang tersedia tersebut sekaligus bermodalkan sebuah akun.

  • Fitur Lengkap

    Untuk aplikasi sejenis, Zoom Meeting menurut Gubuk Pintar dapat dikategorikan sebagai aplikasi yang cukup lengkap. Selain kegunaan utamanya untuk teleconference, kamu juga bisa melakukan presentasi, membuat polling hingga melakukan tanya jawab di Zoom.

  • Cocok Untuk Berbagai Keperluan

    Rasanya sudah banyak bukti bagaimana fleksibelnya pengguna Zoom Meeting. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan tidak formal seperti face time dengan sahabat atau keluarga hingga kegiatan formal seperti webinar, interview hingga rapat penting.

Terlepas dari kelebihannya, Zoom Meeting juga sempat beberapa kali mendapatkan kritik dari penggunanya. Pada bagian selanjutnya, Gubuk Pintar coba menjabarkan pula hal-hal yang menjadi kekurangan aplikasi ini.

Kekurangan Zoom Meeting

Disisi lain, kekurangan dari aplikasi Zoom Meeting menurut Gubuk Pintar antara lain:

  • Tidak Sepenuhnya Gratis

    Zoom Meeting memiliki dua paket yang ditawarkan kepada pelanggannya yaitu gratis dan langganan berbayar.

    Pada paket gratis, setiap pengguna yang menggunakan Zoom untuk panggilan grup dibatasi hanya selama 40 menit dengan maksimal partisipan sebanyak 100 orang saja.

  • Video Tidak Stabil Dikualitas Terbaik

    Sebagai sebuah aplikasi teleconference, tampilan video tentu harus menjadi prioritas utama. Dalam aspek ini nampaknya Zoom Meeting masih belum benar-benar mampu memenuhi ekspektasi pengguna.

    Tampilan video dari Zoom Meeting masih sering sekali tidak stabil di resolusi tertinggi sehingga aplikasi menyesuaikan secara otomatis ke resolusi yang lebih rendah. 

    Untuk resolusi tertingginya sendiri dapat mencapai 1080p (untuk versi berbayar) dan 720p (versi gratis).

  • Koneksi Tidak Stabil

    Sudah banyak juga yang mengeluh soal koneksi Zoom Meeting yang kerap kali bermasalah. Sangat sulit memang untuk mengatasi hal ini bagi pengguna yang berasal dari Indonesia karena lokasi server Zoom terdekat memang lumayan jauh dari tanah air.

    Hingga saat ini, server Zoom sendiri baru tersedia di Australia, Kanada, Tiongkok, Eropa, India, Jepang/Hong Kong, Amerika Latin, dan Amerika Serikat.

  • Memiliki Beberapa Catatan Kasus Keamanan Privasi

    Pada pertengahan 2020 lalu, Zoom dikabarkan mengalami kebocoran data pengguna yang disinyalir akibat ulah kelompok peretas. Data tersebut diketahui dijual di internet yang berhasil menciptakan gelombang kritik terhadap aplikasi ini.

    Adapun kebocoran yang terjadi juga dikabarkan cukup fatal yaitu berupa rekaman video dari rapat yang dilakukan pengguna.

    Pihak Zoom sendiri terus memperbaiki aspek keamanan privasi pengguna. Namun dengan adanya kabar ini, kamu tentu harus lebih berhati-hati ketika menggunakan Zoom.

  • Membutuhkan Spesifikasi Perangkat Tertentu

    Zoom Meeting tidak direkomendasikan untuk penggunaan di perangkat yang sudah 'berumur'. Ini karena spesifikasi yang dibutuhkan agar aplikasi ini dapat berjalan optimal relatif sedang hingga tinggi.

    Melansir dari halaman Bantuan Zoom, untuk PC sebaiknya menggunakan RAM minimal 4 GB dengan processor Dual-core 2,6 GHz.

    Untuk HP tidak dijelaskan lebih lanjut disana, hanya saja dibutuhkan sistem operasi minimal Android 5.0x atau iOs 8.0 dengan processor minimal 1 Ghz.


Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Fitur Zoom Meeting

Untuk menghadirkan pengalaman teleconference terbaik, Zoom Meeting menghadirkan beberapa fitur bagi penggunanya. Berikut ini beberapa contoh fitur Zoom Meeting yang wajib kamu ketahui:

  • Presentasi

    Fitur Presentasi Zoom Meeting
    Tampilan Presentasi di Zoom Meeting

    Kamu bisa melakukan presentasi di Zoom dengan membagikan layar mu ke pengguna lain. Hanya ada satu orang yang bisa melakukan presentasi dalam satu waktu di ruang Zoom sehingga hanya sang presenter pula yang akan disoroti oleh seluruh partisipan.

    Untuk fitur ini rasanya sudah umum diketahui ya.

  • Filter Video

    Fitur Filter Video Zoom Meeting
    Tampilan Filter Video di Zoom Meeting

    Popularitas filter video di Instagram dan TikTok juga dapat dirasakan dalam aplikasi Zoom. Ada banyak varian filter video yang dapat kamu pilih seperti penutup mata, kelinci, kumis, dll.

    Ini jelas akan menambah keseruan mu ketika melakukan face time dengan teman atau kerabat terdekat.

  • Reaksi Video

    Fitur Reaksi Video Zoom Meeting
    Tampilan Reaksi Video di Zoom Meeting

    Dibeberapa ruang Zoom, penyelenggaran mungkin membatasi partisipan untuk mengirimkan chat, menyalakan mic ataupun video tetapi umumnya kamu tetap bisa menampilkan ekspresi mu melalui reaksi video.

    Kamu bisa memunculkan emoji reaksi seperti bentuk hati, tertawa atau mengacungkan jempol tanda apresiasi atau setuju.

  • Mengatur Kecerahan Video

    Fitur Pencahayaan Zoom Meeting
    Tampilan Presentasi di Zoom Meeting

    Kamu mungkin tidak akan selalu berada di ruangan yang memiliki pencahayaan optimal tetapi jangan khawatir. Kalau kamu menggunakan Zoom, kamu bisa mengatur kecerahan video yang ditampilkan untuk mensiasati kondisi ruangan mu yang kurang pencahayaan.

    Meskipun secara mendasar akan dilakukan secara otomatis, kamu tetap bisa mengaturnya secara manual kalau merasa hasil penyesuaian cahaya secara otomatis kurang baik.

  • Menyesuaikan Noise Audio

    Fitur Noise Cancellation Zoom Meeting
    Tampilan Noise Cancellation di Zoom Meeting

    Tidak hanya permasalahan video, Zoom juga menyediakan fitur noise cancellation. Kalau kamu berada di ruangan yang bising seperti ada suara kipas angin, hewan peliharaan dan sebagainya, kamu bisa coba mensiasatinya dengan menggunakan fitur ini.

  • Q&A

    Fitur QnA Zoom Meeting
    Tampilan Q&A di Zoom Meeting

    Kamu juga bisa mengirimkan pertanyaan kepada presenter secara terpadu menggunakan fitur Q&A. Berbeda dengan chat yang pasti akan menumpuk, fitur Q&A akan jauh lebih nyaman untuk dibaca oleh penanya dan penjawab.

 

Baca Juga: Cara Membuat Akun Zoom

Perbandingan Zoom Meeting dan Google Meet

Setelah membahas apa itu Zoom Meeting beserta fitur dan kelebihan-kekurangannya, mungkin ada pula yang masih bingung untuk menentukan antara Zoom Meeting atau Google Meet.

Perbandingan Zoom Meeting dan Google Meet
Perbandingan Zoom Meeting dan Google Meet

Menurut Gubuk Pintar, silahkan pilih Zoom Meeting ketika:

  • Ingin membuat pertemuan virtual dengan jumlah partisipan yang banyak

  • Menggunakan aplikasi dengan fitur yang beragam

  • Membuat Q&A dalam presentasi

  • Memiliki kualitas video yang lebih baik

  • Memiliki aplikasi yang terpasang di perangkat

  • Berlangganan dengan fitur yang lebih baik

Disisi lain, silahkan pilih Google Meet ketika:

  • Hanya untuk pertemuan dengan jumlah partisipan kecil

  • Melakukan face time hingga 60 menit secara gratis

  • Menggunakan perangkat dengan spesifikasi relatif rendah

  • Tidak ingin memasang aplikasi di perangkat

  • Berlangganan dengan biaya lebih rendah

Penutup

Demikian ulasan tentang apa itu Zoom Meeting, fitur serta kelebihan-kekurangannya. Semoga kini kamu sudah bisa mengenal lebih jauh aplikasi satu ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Mengulas Apa Itu Zoom Meeting, Fitur dan Kelebihannya, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terima kasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar