Penyebab Facebook Tidak Bisa Login dan Solusinya - Gubuk Pintar
Penyebab Facebook Tidak Bisa Login dan Solusinya
Penyebab Facebook Tidak Bisa Login dan Solusinya

Penyebab Facebook Tidak Bisa Login dan Solusinya

Ada banyak penyebab Facebook tidak bisa login sehingga beragam pula solusinya. Yuk, temukan semuanya dalam artikel ini sekarang juga!

Penyebab Facebook Tidak Bisa Login dan Solusinya

Ada banyak penyebab mengapa sebuah akun Facebook tidak bisa login. Setiap penyebab yang ada membutuhkan solusi yang berbeda-beda pula.

Selama kamu tidak melanggar aturan komunitas Facebook, besar kemungkinan akun mu masih bisa diselamatkan dan login kembali seperti biasa. Gubuk Pintar akan coba merangkum penyebab umum masalah login FB beserta solusinya yang harapannya bisa membantu mu.

Yuk, cek langsung dibagian selanjutnya dari artikel ini!

Daftar Isi




Penyebab dan Solusi Facebook Tidak Bisa Login

Seperti yang telah di singgung pada bagian awal, ada banyak penyebab masalah masuk FB sehingga Facebook tidak bisa login. Gubuk Pintar akan coba jabarkan satu per satu penyebab beserta solusinya, silahkan simak berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuka Blokir di FB

Kesalahan Penulisan Identitas Login

Ini mungkin terdengar cukup sepele tetapi coba pastikan dahulu bahwa identitas login Facebook yang kamu masukkan sudah benar. Ada 3 identitas login Facebook yang berlaku, yaitu:

  • Email

  • Nomor Telepon

  • Username

Ketiganya cukup case sensitive, sedikit kesalahan maka akan langsung di tolak oleh Facebook. Oleh karena itu, kamu harus presisi dalam menulis setiap karakternya.

Selain itu, pastikan bahwa identitas login yang kamu gunakan memang tepat dan tidak keliru. Pada beberapa kasus, ada pengguna yang lupa bahwa dirinya sudah mengganti email, nomor telepon ataupun usernamenya sehingga ketika digunakan untuk login sudah tidak bisa.

Solusi:

  • Perhatikan penulisan setiap karakter dari email, nomor telepon ataupun username yang digunakan untuk login karena cukup case sensitive

  • Pastikan email, nomor telepon ataupun username yang digunakan untuk login benar terhubung dengan akun Facebook


Kesalahan Penulisan Kata Sandi

Banyak juga masalah masuk FB disebabkan karena salah menulis kata sandi. Wajar saja, setiap kamu menuliskan kata sandi memang tidak bisa dilihat langsung demi menjadi privasi. 

Oleh karena itu, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah melihat apa penulisan mu sudah benar atau tidak.

Selain itu, bisa saja kamu keliru menuliskan kata sandi lama mu. Coba ingat-ingat dulu, apakah kamu pernah mengganti kata sandi akun mu dengan yang baru atau tidak.

Solusi:

  • Tekan ikon 👁 untuk melihat kata sandi yang kamu tuliskan di halaman login Facebook

  • Pastikan kamu menggunakan kata sandi terbaru


Lupa Kata Sandi Facebook

Biasanya, masalah login FB satu ini terjadi ke mereka yang sudah lama tidak aktif menggunakan Facebook. 

Lupa kata sandi adalah masalah paling umum ditemukan ketika terjadi kesalahan masuk FB. Namun selama kamu memiliki akses terhadap email akun Facebook tersebut, akun mu masih bisa selamat.

Silahkan lakukan prosedur lupa kata sandi yang disediakan Facebook untuk mengatasi hal ini.

Solusi:

  1. Buka halaman login Facebook dan klik Lupa Kata Sandi?

    Lupa Kata Sandi Facebook

  2. Tuliskan email, nomor telepon atau username dari akun Facebook mu

  3. Apabila akun mu ditemukan, silahkan pilih metode verifikasi yang kamu inginkan seperti melalui email atau SMS

  4. Buka inbox mu untuk menemukan kode verifikasinya lalu lakukan verifikasi

  5. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman baru untuk mengatur ulang kata sandi Facebook mu


Lupa Email Akun Facebook

Untuk kamu yang sudah lama tidak masuk ke akun Facebook, mungkin bisa saja mengalami hal ini. Lupa email akun Facebook juga menjadi salah masalah login FB yang sering terjadi. 

Ada beberapa peluang yang bisa menjadi solusi dari masalah ini, seperti memanfaatkan fitur lupa kata sandi atau melihatnya langsung di akun mu.

Solusi:

  • Temukan alamat email yang terhubung dengan akun mu, kamu bisa menemukan caranya di artikel Cara Melihat Email FB


Koneksi Internet Tidak Stabil

Setiap kegiatan login Facebook membutuhkan konektivitas antara server dan perangkat pengguna. Ini dibutuhkan untuk mencocokan informasi login yang dituliskan pengguna dan data di server Facebook. Jika koneksi mu terganggu, maka proses ini pun tidak bisa dilakukan.

Kegagalan konektivitas antara perangkat dan server Facebook akhirnya menyebabkan terjadinya gagal login. Oleh karena itu, pastikan koneksi mu stabil ya ketika ingin login dan menggunakan Facebook.

Solusi:

  • Pastikan kamu berada di lokasi dengan sinyal yang baik

  • Mengganti saluran WiFi atau paket data ke sumber yang berbeda


Akun Dinonaktifkan Oleh Facebook

Penyebab Facebook tidak bisa login lainnya yaitu akun mu sedang dinonaktifkan oleh pihak FB. Kalau ini yang terjadi, potensi pemecahan masalahnya bisa jadi beragam. Kamu harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab akun mu dinonaktifkan.

Facebook memang dikenal semakin ketat mengawasi komunitasinya, mereka akan bertindak tegas ketika kamu melakukan beberapa hal yang dilarang seperti:

  • Membuat postingan yang tidak mematahui ketentuan Facebook

  • Menggunakan nama palsu dan meniru orang lain

  • Melakukan spamming, hate speech, promosi konten negatif dan kegiatan melangar hukum

  • Melakukan kegiatan yang melanggar standar komunitas Facebook

Solusi:

Akun Diretas Oleh Pihak Lain

Cukup aneh jika kamu sudah menuliskan email dan password yang benar tetapi kamu tetap mendapati akun mu gagal untuk login. Kalau ini terjadi, coba cek email atau coba minta teman untuk melihat aktivitas akun Facebook mu. Lihat apakah hal aneh yang terjadi.

Jika kamu menemui keanehan di akun Facebook mu, patut dicurigai bahwa akun mu sudah diretas oleh pihak lain.

Solusi:

  • Manfaatkan fitur lupa password untuk mendapatkan akses akun mu kembali. Caranya sudah dibahas dibagian sebelumnya

  • Membuat laporan ke Facebook melalui halaman Pelaporan Peretasan Akun Facebook


Aplikasi Facebook Bermasalah

Untuk kamu yang menggunakan Facebook melalui HP, bisa juga masalah masalah masuk FB yang kamu alami berasal dari aplikasi Facebook mu. Biasanya masalah ini timbul akibat cache ataupun adanya data yang kurang atau berlebih.

Ciri-ciri aplikasi Facebook yang bermasalah bisa dilihat dari adanya bagian aplikasi yang hilang atau tidak bisa bekerja dengan optimal, aplikasi menjadi terasa lambat ataupun aplikasi gagal terhubung ke server Facebook yang bukan disebabkan karena masalah koneksi.

Solusi:

  • Hapus cache dari aplikasi Facebook mu dan coba login kembali

  • Apabila cara sebelumnya masih belum menyelesaikan masalah, paksa berhenti aplikasi Facebook mu dan hapus data aplikasi. Setelah itu, coba buka Facebook kembali dan login

  • Jika masih tidak berhasil juga, maka uninstall aplikasi Facebook dan install kembali sehingga pengaturannya kembali ke kondisi awal serta memastikan kamu menggunakan versi Facebook terbaru


Facebook Diblokir Oleh Penyedia Layanan Internet

Ketika Facebook diblokir oleh penyedia layanan internet mu, maka tentu saja menyebabkan Facebook tidak bisa login. Saat ini, aturan ini biasanya diterapkan di perusahaan-perusahaan agar pegawainya tidak sibuk chatting di waktu kerja.

Selain itu, Facebook sendiri memang diketahui sempat diblokir oleh beberapa negara.

Solusi:

  • Menggunakan penyedia layanan internet/kartu provider yang berbeda

  • Mengggunakan VPN untuk mengakses Facebook 


Server Facebook Mengalami Gangguan

Meskipun sangat jarang terjadi, bisa saja saat ini kamu tidak login ke Facebook karena server mereka yang bermasalah. 

Biasanya, apabila suatu situs sedang melakukan maintenance atau mengalami kerusakan di server nya maka situs tersebut tidak bisa diakses sampai masalah server nya diperbaiki.

Apabila server Facebook lambat atau tidak memberikan respon sama sekali sehingga kamu tidak bisa login karenanya, sangat mungkin ketika hal ini terjadi server Facebook memang sedang mengalami masalah.  

Tanyakan juga ke teman mu, apakah mereka mengalami hal yang sama atau tidak untuk memastikan.

Untuk kasus Facebook tidak bisa login yang satu ini, sayangnya tidak ada solusinya selain menunggu pihak Facebook memperbaiki server nya.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB

Penutup

Demikian beberapa penyebab umum Facebook tidak bisa login beserta solusi mengatasinya. Semoga kini kamu sudah bisa mengakses Facebook dengan nyaman kembali ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penyebab Facebook Tidak Bisa Login dan Solusinya, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar