√ Penjelasan Apa Itu Bot Telegram dan Cara Menggunakannya - Gubuk Pintar
Penjelasan Apa Itu Bot Telegram dan Cara Menggunakannya
Penjelasan Apa Itu Bot Telegram dan Cara Menggunakannya

Penjelasan Apa Itu Bot Telegram dan Cara Menggunakannya

Bot Telegram adalah salah satu fitur di aplikasi ini. Kalau kamu belum tahu apa itu bot Telegram, fungsi dan cara menggunakannya, baca artikel ini ya!

apa itu bot telegram
Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu bot Telegram, fungsi serta bagaimana cara menggunakannya. Wajar saja, fitur ini memang tidak banyak muncul di aplikasi messenger umum lainnya seperti Facebook, WhatsApp dan sebagainya.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar akan memberikan mu penjelasan singkat tentang bot Telegram, fungsinya hingga cara menggunakannya agar kamu tidak ketinggalan untuk mengetahui dan memanfaatkannya.

Yuk, kita langsung ke bagian selanjutnya dari artikel ini!




Apa Itu Bot Telegram?

Bot Telegram adalah aplikasi pihak ketiga yang dijalankan menggunakan aplikasi Telegram yang dikontrol menggunakan kode API (Application Programming Interface) dan dapat berinteraksi dengan pengguna dalam bentuk perintah, pesan ataupun inline request.

Bot Telegram tidak memiliki status online dan last seen serta memiliki logo 'bot' disamping namanya. Ini menjadikan bot berbeda dengan akun pengguna Telegram lainnya. Selain itu, bot tidak bisa memulai obrolan dengan pengguna kecuali kamu telah subscribe ke akun bot tersebut.

Bisa dipastikan apabila ada yang mengirimkan mu pesan dan mengaku sebagai bot, itu adalah bot palsu ya!

Username dari sebuah bot pun mengandung kata 'bot' didalamnya, seperti @gubukpintarbot, @triviabot dan sebagainya.

Telegram memberikan batasan terhadap sistem penyimpanan cloud milik bot sehingga mereka tidak akan menyimpan pesan dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama. Server milik Telegram akan langsung menghapus pesan yang diterima bot tidak lama setelah pesan tersebut diproses.
 
 

Fungsi Bot Telegram

Ada banyak fungsi yang dapat dijalankan oleh bot Telegram, tergantung pada bagaimana pengembang bot nya. Bot Telegram dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman seperti Python dan PHP. Bahasan tentang cara membuatnya dapat kamu baca dalam artikel Cara Membuat Bot Telegram.

Secara umum, fungsi bot Telegram yaitu:
  • Membuat Kanal Notifikasi dan Berita
    Ini menjadi salah satu fungsi yang banyak ditemukan pada bot Telegram. Pengembangnya memanfaatkan bot Telegram untuk mengirimkan konten terbaru dari situs atau aplikasinya untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

  • Menggabungkan Telegram dan Aplikasi Lain
    Ada pula pengembang yang membuat bot Telegram dan mengombinasikannya dengan aplikasi lain seperti Gmail Bot, IMDB Bot dan Youtube Bot. Biasanya tidak ada perubahan fitur dari aplikasinya, hanya saja pengguna bisa mengaksesnya secara lsngsung dari Telegram.

  • Membangun Platform Pemasaran Produk/Jasa
    Kamu bisa membuat bot Telegram menjadi 'alat' untuk mempromosikan produk atau jasa mu. Bot Telegram bisa mengirimkan pesan promosi dengan penjadwalan dan isi konten yang kamu atur secara mandiri.

  • Menerima Pembayaran
    Bot Telegram juga bisa dikostumasi menjadi mesin penerima pembayaran ataupun marketplace penjualan produk atau jasa. Jadi tidak hanya memasarkan saja tetapi kamu juga bisa menjual produk atau jasa mu secara langsung. Contohnya dapat kamu lihat di Demo Shop Bot.

  • Membuat Alat Tertentu
    Berbagai macam alat-alat dengan fungsi tertentu pun juga bisa kamu ciptakan seperti bot ramalan cuaca, alat penerjemah, kostumasi stiker dan keyboard. Contohnya seperti Sticker Bot, Vote Bot dan Like Bot.

  • Menciptakan Games
    Kamu juga bisa menciptakan permainan single player hingga multiplayer di bot Telegram mu. Sudah banyak contoh bot jenis ini seperti Game Bot dan Gamee.
 

Cara Mencari Bot di Telegram

Sering terjadi kebingungan pada pengguna Telegram untuk membedakan antara bot, channel dan username pengguna Telegram lain ketika coba mencari username suatu akun. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bot Telegram memiliki tanda khusus 'bot' di tampilan akunnya.
 
logo akun bot telegram
 
Jadi setiap kali kamu menemukan akun dengan logo tersebut, akun itu adalah bot ya.
 
Sebelumnya, Gubuk Pintar pernah membuat artikel tentang rekomendasi bot yang berguna dan dapat kamu temukan di Telegram. Kamu dapat membacanya di artikel Kumpulan Bot Telegram Berguna.
 

Cara Menggunakan Bot Telegram

Sudah disinggung sebelumnya bahwa bot dapat berinteraksi melalui perintah, pesan dan inline request. Ketiga hal inilah cara menggunakan bot Telegram secara umum. Untuk spesifiknya, tentu tergantung dari fungsi bot yang kamu gunakan.
 
Ada 3 perintah umum yang dapat dijalankan oleh bot, yaitu:
  • /start untuk menampilkan pesan pembuka dan memulai interaksi dengan bot. Apabila telah diatur, pesan pembuka akan menampilkan perintah lanjutan yang dapat kamu gunakan beserta fungsinya.

  • /help untuk menampilkan bantuan penggunaan bot yang memberi tahu fungsi bot dan perintah yang tersedia.

  • /settings untuk menampilkan pengaturan bot yang dapat diubah oleh pengguna (hanya dapat digunakan ketika diaktifkan oleh pengembang bot).
Sebagai contoh dari cara menggunakan bot Telegram adalah saat menggunakan @iLyricsBot. Ketika perintah /start dijalankan, maka bot meminta untuk memasukkan perintah lanjutan yaitu menuliskan judul lagu atau bagian dari lirik lagu yang ingin dicari liriknya.

Selanjutnya ketika judul dikirimkan, bot mengeksekusinya dengan menampilkan lirik lagu tersebut.

contoh akun bot telegram

Apakah Bot Telegram Aman?

Sejatinya, bot Telegram tak berbeda dengan kontak akun Telegram pengguna biasa. Hanya saja bot tidak menyimpan nomor telepon pribadi mu. Jadi dari segi privasi sebenarnya tidak ada ancaman langsung ketika kamu subscribe sebuah bot.

Hanya saja kamu perlu berhati-hati ketika menerima dokumen dari sebuah bot karena bisa saja itu berisikan virus yang dapat menyerang perangkat mu. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menerima dokumen dari bot-bot yang bereputasi baik saja ya.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu apa itu bot Telegram kan? 

Kamu juga sudah paham bagaimana cara menggunakan serta fungsinya sehingga mengapa tidak mulai untuk mencobanya? Gubuk Pintar juga sudah membagikan kumpulan bot Telegram berguna yang dapat menjadi referensi mu pada bagian artikel sebelumnya.

Selamat mencoba!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penjelasan Apa Itu Bot Telegram dan Cara Menggunakannya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar