√ Arti Mutualan Telegram dan Cara Melakukannya - Gubuk Pintar
Arti Mutualan Telegram dan Cara Melakukannya
Arti Mutualan Telegram dan Cara Melakukannya

Arti Mutualan Telegram dan Cara Melakukannya

Sudah tahu arti mutualan Telegram belum? Yuk temukan apa itu mutualan Telegram dalam artikel berikut ini. Ada tips cara mutualan Telegram juga loh!

arti mutualan telegram
Banyak yang belum tahu arti mutualan Telegram, meskipun mungkin sudah sering mendengarnya untuk media sosial lain khususnya Twitter.

Meskipun tidak pasti, 'mutualan' sendiri mungkin merupakan istilah yang cukup khas di Twitter dan kini dengan adanya Telegram, istilah 'mutualan' pun mejadi diperluas ke platform ini.

Untuk kamu yang belum tahu apa itu mutualan Telegram, melalui artikel ini Gubuk Pintar ingin mengajak kamu untuk memahami artinya serta tahu cara mutualan di Telegram agar kamu tidak ketinggalan pula mencobanya.

Baca bagian artikel selanjutnya ya untuk menemukannya!




Arti Mutualan Telegram

Mutualan Telegram artinya saling menyimpan kontak Telegram masing-masing agar terhubung satu dengan yang lain. Ini bertujuan untuk menambah teman baru yang biasanya memiliki kesamaan minat atau latar belakang. Tak jarang mutualan pun dilakukan hanya sebatas untuk mencari teman chating saja.
 
Beberapa sumber menyebutkan bahwa kata "mutualan" merupakan bahasa slang atau turunan dari "mutualisme" yang memiliki arti hubungan timbal-balik yang saling menguntungkan antara dua organisme (dalam konteks ini, organisme itu adalah akun-akun yang mutualan) menurut KBBI.

Kalau kamu bingung apa keuntungan mutualan di Telegram, menurut Gubuk Pintar ada beberapa yaitu:
  • Menambah teman baru
  • Meningkatkan branding personal
  • Saling bertukar informasi dan pandangan tentang hobi, pekerjaan atau topik tertentu
Namun kamu harus berhati-hati ketika ingin mutualan ya agar tidak mendapatkan teman baru yang tidak baik atau istilah media sosialnya "toxic". Selain itu, kamu juga harus mampu membawa diri dengan baik ketika menemui orang baru. Jangan sampai kamu yang "toxic".

Cara Mutualan Telegram

Konsep dari cara mutualan di Telegram adalah dengan memanfaatkan fitur Telegram yang ada untuk menemukan orang baru yang akan menjadi target mutulan mu. Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah daftar Telegram ya. Ada beberapa cara mutualan Telegram yang dapat kamu coba, yaitu:
  1. Bergabung Ke Grup Telegram

    Kamu bisa memanfaatkan fitur grup Telegram untuk mencari mutualan di Telegram. Sebagai tambahan informasi, grup Telegram sanggup menampung anggota hingga 200.000 anggota!

    Oleh karena itu, peluangnya cukup besar untuk menemukan mutualan Telegram melalui fitur grup.

    Cara mutulan Telegram menggunakan fitur grup ini tahapannya kurang lebih seperti ini,
    • Buka aplikasi Telegram
    • Masukkan kata kunci tertentu untuk mencari grup
    • Bergabunglah dengan grup yang menarik dan memiliki banyak anggota
    • Aktiflah di grup tersebut hingga kamu menemukan orang yang menurut mu menarik untuk diajak mutualan

  2. Memanfaatkan Bot Chat Anonymous

    Cara menggunakan Telegram untuk mutualan dengan metode ini mungkin akan sedikit sulit dan memakan waktu untuk mencari orang yang 'pas'.

    Hal ini karena kamu tidak bisa memastikan orang yang kamu temui memiliki kesamaan hobi atau latar belakang tertentu dengan mu seperti ketika menggunakan fitur grup.

    Namun positifnya dari cara mutualan Telegram lewat anonymous chat adalah kamu tetap dalam keadaan anonim selama proses percakapan berlangsung. Apabila tidak tertarik, kamu bisa meninggalkan ruang obrolan tersebut tanpa lawan bicara mu tahu tentang identitas mu.

    Cara mutualan Telegram dari anonymous chat tahapannya seperti ini,
    • Buka bot anoymous chat. Apabila belum memilikinya, kamu bisa menemukannya dalam artikel Bot Telegram Yang Berguna.
    • Masukkan perintah untuk memulai chat secara anonim
    • Setelah menemukan pasangan, kamu bisa mulai membahas topik-topik yang ringan dahulu untuk mengenal lawan bicara mu
    • Apabila kamu merasa lawan bicara mu cukup menarik, kamu bisa mengajaknya untuk saling bertukar kontak Telegram. Namun apabila sebaliknya, kamu bisa menutup obrolan dan meninggalkan ruang obrolan

  3. Menggunakan Fitur Find People Nearby

    Kamu juga bisa memanfaatkan fitur find people nearby Telegram untuk menemukan mutualan. Fitur ini akan menampilkan orang-orang yang lokasinya tidak jauh dari kamu dan belum ada di kontak Telegram mu. Cara ini hanya bekerja di aplikasi Telegram mobile saja ya.

    Cara mutualan Telegram dengan fitur Find People Nearby seperti ini,
    • Buka Telegram dari smartphone mu
    • Klik ikon ≡ dipojok kiri atas untuk membuka tab
    • Pilih tab Contacts
    • Pilih Find People Nearby
    • Telegram akan melakukan proses pencarian akun yang ada disekitar mu dan dalam posisi visible untuk ditemukan
    • Pilih kontak menarik dari daftar yang ada dan kirimkan mereka pesan. Bisa berupa kalimat perkenalan dan sebagainya
 

Penutup

Itulah arti mutualan Telegram dan beberapa cara mutualan di Telegram yang dapat Gubuk Pintar bagikan. Pastikan kamu tidak membagikan informasi yang bersifat personal pada awal-awal perkenalan ya agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Arti Mutualan Telegram dan Cara Melakukannya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar