√ Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah - Gubuk Pintar
Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah
Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah

Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah

Belum tahu cara membuat channel Telegram? Yuk, temukan cara membuat channel di Telegram dalam artikel ini. Ada penjelasan tentang fungsi juga loh!

Cara Membuat Channel Telegram

Ada banyak tips menarik yang telah Gubuk Pintar bagikan sebelumnya tentang Telegram. Kini Gubuk Pintar akan membagikan tips lainnya yaitu cara membuat channel Telegram dengan mudah. 

Tidak hanya itu, melalui artikel ini pula Gubuk Pintar akan mengupas lebih dalam mengenai penjelasan singkat tentang channel Telegram, fungsi hingga cara menambah anggota dari channel Telegram yang akan kamu buat. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk kita langsung masuk ke bagian selanjutnya dari artikel ini.

Daftar Isi





Apa Itu Channel Telegram?

Channel Telegram adalah fitur Telegram yang disediakan untuk menyebarkan pesan publik secara serentak ke jumlah audiens yang besar. Fitur ini bahkan bisa menyebarkan pesan ke jumlah pengguna yang tak terbatas karena channel Telegram tidak memiliki batasan jumlah pelanggan.

Berbeda dengan pesan personal, pesan Telegram yang dikirimkan akan menggunakan nama channel tersebut bukan nama pribadi mu walaupun kamu lah admin dari channel tersebut. Setiap pesan yang terkirim akan secara otomatis dapat dibaca oleh setiap pelanggan diwaktu yang bersamaan.

Menarik bukan?

Baca Juga: Apa Itu Bot Telegram?

Cara Membuat Channel Telegram

  1. Buka Telegram dari perangkat mu.

  2. Klik ikon 🖉 di pojok kanan bawah (Android) atau ikon ☰ di pojok kiri atas (Telegram PC). Untuk Windows Phone, tombol sejenis berupa ikon + dan terletak di pojok kanan bawah sedangkan iOs terletak di pojok kanan atas

    Tombol Pensil Channel Telegram

  3. Pilih New Channel.

    Tombol New Channel Telegram

  4. Masukkan nama dan deskripsi channel. Setelah itu, klik tanda ✓ di pojok kanan atas.

    Nama dan Deskripsi Channel Telegram

  5. Pilih pengaturan akun Telegram mu antara Public atau Private. Setelah itu, atur pula link dari akun mu dan klik ✓ di pojok kanan atas.

    Channel Telegram Public atau Private

    • Public: Channel memiliki username yang dapat dicari melalui kolom pencarian Telegram dan dapat diikuti oleh setiap pengguna Telegram
    • Private: Setiap orang yang ingin bergabung dengan channel tipe ini harus melalui undangan admin atau diundang via link

  6. Tambahkan anggota ke channel Telegram mu. Langkah ini opsional, kamu bisa melewatinya terlebih dahulu dan melakukannya kapan pun kamu mau setelah channel berhasil dibuat. klik tanda ✓ di pojok kanan atas.

  7. Selamat, kamu sudah berhasil membuat channel Telegram!

    Contoh Channel Telegram

Fungsi Channel Telegram

Cukup sulit menjebarkan secara jelas fungsi dari channel Telegram karena fleksibilitasnya yang cukup tinggi. Kamu bahkan bisa menjadikannya sebagai blog pribadi bila dibutuhkan. Ya, mungkin kurang lebih seperti ini bila Gubuk Pintar gambarkan fungsinya,

  • Menyebarkan pesan ke subscribers secara serentak
  • Media untuk membagikan konten berupa dokumen, gambar dan video
  • Membuat ruang diskusi publik dengan bahasan yang terbatas sesuai ketentuan mu
  • Mempromosikan produk atau jasa

Mungkin masih banyak lagi manfaat dari channel Telegram. Ini sangat bergantung pada tujuan mu membangung channel tersebut.

Baca Juga: Cara Nonton Film di Telegram

Cara Menambah Anggota Channel Telegram

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah member channel Telegram mu. Selengkapnya telah Gubuk Pintar tuliskan dalam artikel Cara Menambah Subscriber Channel Telegram

Dalam artikel tersebut, Gubuk Pintar telah membangikan tips mulai dari informasi channel Telegram hingga metode promosi yang dapat kamu coba. Silahkan dibaca ya!


Baca Juga: Cara Main RP (Role Play) di Telegram Buat Pemula

Hal Yang Dapat Dilakukan Admin Channel Telegram

Sebagai admin dari channel Telegram, kamu memliki otoritas untuk mengatur keberjalanan channel Telegram mu, seperti

  • Mengirimkan pesan broadcast
  • Menghapus setiap pesan yang terkirim ataupun diterima oleh channel
  • Menambah jumlah subscriber hingga maksimal 200 anggota (apabila sudah mencapai angka ini, subscribers hanya bisa bertambah secara organik bukan lagi ditambahkan oleh admin)
  • Menghapus anggota dari daftar subscribers
  • Mengganti nama, deskripsi dan link channel
  • Menghapus channel
  • Menambahkan dan mengurangi admin tambahan

Seiring dengan terus diperbaruinya fitur channel, maka akan semakin banyak pula pengaturan yang dapat kamu lakukan terhadap channel Telegram mu.

Baca Juga: Arti Mutualan di Telegram dan Cara Melakukannya

Penutup

Seperti itulah cara membuat channel Telegram serta penjelasan yang berhubungan dengannya. Semoga kini kamu sudah berhasil menjalankannya dan membuat channel Telegram mu sendiri ya. Selanjutnya, kamu bisa berfokus pada pengembangan channel mu tersebut.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah, silahkan tulis dikolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar