√ Cara Menambah Subscriber Channel Telegram 100% Organik - Gubuk Pintar
Cara Menambah Subscriber Channel Telegram 100% Organik
Cara Menambah Subscriber Channel Telegram 100% Organik

Cara Menambah Subscriber Channel Telegram 100% Organik

Belum tahu cara menambah subscriber channel Telegram? Yuk, temukan cara meningkatkan susbcriber channel Telegram secara organik dalam artikel ini!

Cara Menambah Subscriber Channel Telegram

Butuh tips mengembangkan channel Telegram? Untuk itulah artikel terkait cara menambah subscriber channel Telegram ini Gubuk Pintar buat.

Ya, Telegram bisa dikatakan merupakan salah satu media sosial yang sedang naik popularitasnya di Indonesia bahkan dunia. Ini tidak lepas dari perdebatan tentang kualitas media sosial sejenis, utamanya tentang kemampuan menjaga aspek privasi pengguna.

Telegram yang dipercaya mampu menjaga hal tersebut lantas berhasil mencuri perhatian dengan fitur-fiturnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur channel, dimana banyak orang sekarang berlomba-lomba mengembangkan basis pengikut channelnya dengan berbagai kepentingan.

Ada beberapa tips yang ingin Gubuk Pintar bagikan untuk kamu yang ingin meningkatkan subscriber channel Telegram secara organik. Yuk, simak dibagian selanjutnya ya!

Daftar Isi
    Konsisten




Cara Menambah Subscriber Channel Telegram

  1. Atur Informasi Channel
    Ini berhubungan dengan tahapan saat membuat channel Telegram. Mulailah dengan mengatur informasi channel Telegram mu yang meliputi nama, deskripsi dan link. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat channel mu tampil dengan pengaturan publik ya.

    Buatlah ketiganya relevan dengan gambaran channel yang ingin kamu buat. Sebisa mungkin, nama dan link sama. Sebagai contoh, apabila nama channel Telegram mu adalah "Gubuk Pintar" maka kamu bisa menggunakan link "t.me/gubukpintar".

    Tujuannya adalah agar pengguna mudah menemukan channel mu, baik ketika melakukan pencarian di Telegram ataupun mengetik link secara langsung.

    Kamu juga harus memberikan deskripsi channel yang jelas agar pengunjung baru dapat memahami gambaran konten yang akan kamu bagikan dalam channel ini. Apabila mereka tertarik, maka tentunya mereka akan mengikuti channel Telegram mu kan?

  2. Tentukan Topik Yang Tepat
    Untuk menambah subscriber channel Telegram, kamu harus memilih topik yang tepat. Jangan sampai topik yang kamu pilih jarang memiliki peminat. Ini akan mempersulit kamu untuk meningkatkan jumlah subscriber.

    Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukannya. Kamu juga dapat mulai dari melihat channel-channel besar yang telah ada sebelumnya. Perhatikan postingan mereka dan temukan topik apa yang sekiranya memiliki daya tarik besar.

    Oh iya, akan lebih optimal apabila topik mu juga kamu hubungkan dengan informasi channel mu agar semakin mempermudah pengunjung untuk mengingat channel mu.

  3. Tambahkan Gambar di Postingan
    Ilustrasi berupa gambar dalam postingan akan memberikan dimensi lain dari sebuah tulisan. Elemen ini penting untuk kamu tambahkan dalam setiap postingan di channel Telegram mu mulai dari yang pertama.

    TechGuide yang telah berhasil mengembangkan channel Telegramnya hingga memiliki lebih dari 90 ribu subscriber pernah membagikan pengalamannya terkait hal ini. Pengalaman menunjukkan bahwa postingan bergambar memiliki presentasi dibagikan lebih besar.

    Semakin banyak postingan mu yang dibagikan ke akun-akun lain, tentu akan meningkatkan peluang datangnya pengunjung baru dan menghasilkan peningkatan subscriber. Ini bisa disebut juga sebagai promosi organik.

    Jangan lupa tambahkan watermark ya setiap gambar yang kamu gunakan untuk menghindari plagiarisme.

  4. Konsisten
    Tidak ada kesuksesan tanpa konsistensi. Usaha yang telah kamu lakukan dengan menjalankan poin-poin sebelumnya akan sia-sia bila tidak diikuti oleh konsistensi.

    Mulailah dengan mengatur seberapa banyak kamu akan membuat postingan dalam satu hari dan tentukan jamnya. Setelah itu, tentukan pula kapan kamu akan melakukan evaluasi terhadap performa channel mu. Lakukan hal yang telah kamu jadwalkan tersebut dengan konsisten. 

    Perlu kamu ingat bahwa pastikan setiap postingan yang kamu buat haruslah bermanfaat bagi pengguna channel. Jangan sampai kamu hanya membuat artikel guna memenuhi komitmen mu terhadap jadwal tersebut tanpa memikirkan isi kontennya.

    Konsistensi ini berhubungan dengan pengikut setia mu. Mereka yang memang merasakan manfaat dari setiap konten mu tentu tidak akan keberatan untuk membagikan konten-konten mu ke jejaringnya sehingga membukan kesempatan channel mu untuk mendulang subscriber baru.

  5. Promosikan Channel Mu
    Tidak ada yang mudah dalam cara menambah subscriber channel Telegram, kamu harus melibatkan banyak usaha. Promosi menjadi salah satu didalamnya.

    Ada beberapa metode promosi yang dapat kamu pilih, yaitu:

    • Cross-Promotion
      Yang dimaksud dari metode ini adalah dengan melakukan promosi lintas channel. Carilah channel dengan topik sejenis dengan basis subscriber yang kurang lebih setara dengan mu.

      Ajaklah pemilik channel tersebut untuk saling tukar promosi. Ini merupakan metode yang cukup mudah untuk menaikan subscriber karena audiensnya cukup tertarget.

      Pastikan sebelum kamu mengajak saling bertukar promosi, lihat pula jumlah view dari setiap postingan konten channel tersebut. Apabila view nya jauh dibawah mu, sebaiknya cari yang lain saja.

    • Media Sosial
      Tidak ada metode promosi yang lebih hebat ketimbang media sosial saat ini. Manfaatkan media sosial pribadi mu untuk membagikan informasi tentang channel mu agar semakin tinggi tingkat awareness terhadap channel mu, terutama dari orang-orang terdekat.

      Kamu bisa membaca artikel Waktu Terbaik Promosi di Media Sosial untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mempromosikan channel Telegram mu disana.

    • Forum
      Kamu juga bisa menggunakan forum untuk mempromosikan channel Telegram mu. Forum biasanya dijadikan tempat untuk menemukan jawaban dari permasalahan bagi sebagian orang. Apabila merasa channel mu mampu menjawabnya, maka ada peluang.

      Kamu dapat menggunakan Quora yang memang secara format forumnya berbentuk tanya jawab. Cobalah berikan jawaban yang relevan dan memberikan sitatis ke channel Telegram mu agar orang tertarik untuk membukanya.

      Namun ketika menggunakan Quora untuk hal ini, pastikan kamu melakukannya dengan relevan ya. Jangan sampai melakukan spam karena sistem Quora cukup jeli memilah-milih spam diaplikasinya yang berakibat link mu di banned oleh mereka.

    • Blog
      Apabila kamu memiliki blog, mempromosikan channel Telegram mu disana juga merupakan ide yang baik.

      Selain link dalam artikel, kamu juga bisa membuat sebuah banner promosi channel mu yang diletakkan diposisi strategis sehingga mudah ditemukan pengunjung.

    • Paid Promote
      Masih ada opsi lain ketika kamu kekurangan metode promosi, melakukan paid promote bisa menjadi opsi. Carilah akun-akun yang memiliki basis pengikut besar dan aktif, kemudian coba tanyakan apakah mereka terbuka untuk paid promote.

      Selanjutnya, tanyakan rate harganya dan negosiasikan. Ini cukup cepat untuk meningkatkan subcriber channel Telegram karena interaksi pemilik akun dan pengikutnya yang tinggi.

      Namun harga yang harus dibayar dalam hal ini menjadi kekurangan dari metode ini.

    • Grup Telegram
      Secara spesifik, kamu juga bisa memanfaatkan grup Telegram dengan topik sejenis dengan channel mu. Cobalah untuk aktif digrup tersebut dan bangun relasi yang baik. Sesekali, coba promosikan channel mu. Ingat, jangan membuat anggota lainnya risih ya.

  6. Tambahkan Channel ke Direktori TelegramChannels
    Ada sebuah situs yang menjadi direktori dari channel-channel Telegram yang tersedia saat ini, yaitu TelegramChannels.

    Cobalah untuk mendaftarkan channel Telegram mu disana dan pastikan kategorinya sesuai ya agar mempermudah pengunjung situsnya menemukan situs mu.

  7. Membeli Subscriber Bot
    Ada sebuah fenomena dimana seseorang cenderung memilih untuk mengikuti suatu akun media sosial yang telah memiliki banyak pengikut dulu sebelumnya dan ditambah dengan konten menarik ketimbang akun yang memiliki konten menarik saja tetapi jumlah pengikutnya sedikit.

    Ada satu cara mengatasi fenomena tersebut dengan membeli subscriber bot Telegram. Jasa menambah member channel Telegram seperti ini telah banyak yang menyediakan. Namun selain berbayar, bot-bot tersebut adalah akun pasif sehingga tidak akan melakukan interaksi apapun.

    Kalau kamu bertanya "ini kan tidak organik?",

    Ya, memang tidak organik. Namun seperti yang Gubuk Pintar jelaskan sebelumnya, cara ini digunakan hanya untuk memanipulasi psikologi saja bahwa akun mu sudah merupakan 'channel populer' dimata pengunjung baru yang mungkin bagian dari fenomena diatas.
 

Penutup

Seperti itulah beberapa cara menambah subscriber channel Telegram secara organik yang dapat kamu lakukan. Semoga artikel ini dapat membantu mengembangkan channel Telegram mu ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Menambah Subscriber Channel Telegram Organik, silahkan tulis dikolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar