√ Cara Membuat Polling di Telegram dan Melihat Hasilnya - Gubuk Pintar
Cara Membuat Polling di Telegram dan Melihat Hasilnya
Cara Membuat Polling di Telegram dan Melihat Hasilnya

Cara Membuat Polling di Telegram dan Melihat Hasilnya

Belum tahu cara membuat polling di Telegram? Yuk, ketahui cara buat polling di Telegram dan melihat hasilnya dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Membuat Polling di Telegram

Mengetahui cara membuat polling di Telegram akan sangat membantu mu untuk melakukan jajak pendapat terhadap anggota grup ataupun pengikut channel Telegram.

Banyak yang masih bingung cara buat polling di Telegram ini bahkan mungkin ada yang belum pernah melihat polling di Telegram sama sekali. Apalagi bila kamu menggunakan Telegram untuk sebatas kebutuhan personal chat.

Tenang saja, kini kamu akan mengetahuinya karena Gubuk Pintar siap membagikan caranya melalui artikel ini. Yuk, baca artikelnya lebih lanjut!

Daftar Isi




Manfaat Polling di Telegram

Bila kamu menelaah fitur-fitur yang ditawarkan Telegram, mungkin ada banyak fitur menarik yang kamu temukan. Namun secara spesifik Gubuk Pintar ingin menyoroti fleksibilitas anggota grup dan pengikut channel di Telegram.

Telegram membatasi sebuah grup untuk dapat memiliki anggota hingga 200.000 anggota serta jumlah pengikut yang tak hingga untuk sebuah channel.

Jumlah yang sangat fleksibel tersebut tentu menjadi tempat yang potensial untuk melakukan polling karena kamu dapat memperoleh data dalam jumlah yang banyak sehingga harapannya data tersebut dapat menunjukkan hasil yang akurat.

Selain untuk memperoleh data dengan jumlah yang banyak dan akurat secara praktis, polling di Telegram juga dapat menawarkan manfaat lainnya, yaitu:

  • Mengetahui demografi anggota grup/channel
  • Meningkatkan aktivitas anggota grup/channel
  • Memperoleh anggota baru (untuk dapat berpartisipasi dalam polling tersebut, pengguna harus tergabung dalam grup atau mengikuti channel)


Baca Juga: Cara Backup Chat Telegram
 

Cara Membuat Polling di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram

  2. Buka channel atau grup Telegram yang akan menjadi lokasi mu melakukan polling. Khusus untuk channel, kamu harus menjadi adminnya ya.

  3. Klik ikon ፧ di pojok kanan atas untuk Telegram PC atau pilih ikon attachment di sebelah kanan kolom chat pada Telegram Mobile.

    attachment telegram

  4. Pilih Create poll (Telegram PC) atau Poll (Telegram Mobile)

    poll telegram

  5. Atur tab Settings. Apabila kamu ingin membatasi setiap orang yang mengisi polling hanya dapat memilih satu jawaban saja, maka kamu tidak perlu mencentang apapun pada tab ini. Penjelasan lebih lanjut dari pilihan yang ada adalah sebagai berikut,
    • Multiple Answer: Mengizinkan orang yang mengisi polling untuk memilih lebih dari dari satu jawaban.
    • Quiz: Membuat polling berformat kuis, dimana hanya ada satu pilihan benar serta memberikan alasan ketika pengisi polling memilih jawaban yang salah.

  6. Masukkan pertanyaan pada tab Question dan isi pilihan jawaban pada tab Poll options

    create poll telegram

  7. Klik Create

Apabila kamu telah menjalankan tahapan di atas, maka hasilnya akan tampak seperti berikut ini,

contoh polling di Telegram
Cara diatas dapat dilakukan langsung di versi aplikasi Telegram terbaru. Namun ada pula cara lain yang dapat kamu gunakan untuk membuat polling di Telegram, yaitu dengan bantuan bot @vote.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Telegram

Cara Membuat Polling Lintas Grup dan Channel di Telegram

  1. Buka Telegram dan cari bot @Vote

  2. Klik Start untuk mulai menjalankan bot

  3. Pilih opsi Public (menampilkan username Telegram pengisi polling) atau Anonymous (tidak menampilkan username Telegram pengisi polling)

    public dan anonymous poll bot vote telegram

  4. Tuliskan pertanyaan

    pertanyaan bot vote telegram

  5. Tuliskan opsi jawaban (minimal 2)

    jawaban bot vote telegram

  6. Apabila sudah selesai menuliskan opsi jawaban, kirimkan pesan /done

  7. Klik Publish dan pilihan channel atau grup Telegram yang menjadi lokasi penyebaran polling

    publish poll bot vote telegram

Kelebihan dari polling menggunakan bot Telegram ini yaitu pollingnya dapat terintegrasi walaupun kamu menyebarkannya ke grup ataupun channel yang berbeda. Jadi kamu bisa menyebar polling di berbagai grup atau channel dengan lebih praktis.

Apabila kamu menggunakan cara sebelumnya, kamu hanya dapat menyebar polling di grup atau channel Telegram tertentu saja.

Baca Juga: Cara Nonton Film di Telegram

Cara Melihat Hasil Polling di Telegram

Tidak akan cara khusus untuk melihat hasil polling di Telegram selain kamu ikut mengisi polling tersebut. Setelah mengisi, maka hasil dari masing-masing pilihan jawaban akan di tampilkan. Ini berlaku untuk semua, baik pembuat polling ataupun pengisi polling.

Namun apabila kamu menggunakan bot @vote untuk membuat polling nya, kamu dapat melihat hasil polling di ruang obrolan dengan bot tersebut tanpa harus ikut mengisi polling. Kamu cukup menekan "Update Result" dan hasilnya akan ditampilkan.

update result poll bot vote telegram

Selain itu, untuk melihat hasil polling juga dapat dilakukan dengan cara menghentikan polling tersebut. Caranya akan dibahas pada bagian selanjutnya dari aritkel ini.

Baca Juga: Cara Main RP di Telegram

Cara Menghentikan Polling di Telegram

  1. Klik kanan (Telegram PC) atau tekan dan tahan polling (Telegram Mobile)

  2. Pilih Stop Poll

    stop poll telegram

  3. Untuk menghapus polling tersebut, kamu bisa melakukannya dengan cara seperti menghapus chat biasa dari ruang obrolan

Untuk kamu yang membuat polling dengan bot @vote maka langkah menghentikannya sebagai berikut,

  1. Buka ruang obrolan bot @vote

  2. Klik Close pada polling yang ingin dihentikan. Proses ini akan menutup polling di semua lokasi yang telah kamu sebarkan

    close poll bot vote telegram

  3. Klik Delete apabila kamu ingin menghapus polling tersebut dan pilih Yes ketika konfirmasi penghapusan muncul

    delete poll bot vote telegram

Ketika polling dihentikan maka polling tidak seketika hilang tetapi tetap muncul. Hanya saja, polling sudah tidak dapat diisi dan menampilkan informasi hasil dari polling tersebut. Oleh karena itu, kalau memang polling tersebut ingin tidak terlihat lagi maka kamu harus menghapusnya dari ruang obrolan.

Baca Juga: Cara Membuat Bot Telegram

Penutup

Seperti itulah cara membuat polling di Telegram serta melihat hasilnya. Semoga kini kamu sudah mengerti cara memanfaatkan fitur ini ya. Semoga artikel ini bisa bemanfaat untuk mu.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Membuat Polling di Telegram dan Melihat Hasilnya, silahkan tulis dikolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar